Apakah Kanker Payudara Bisa Menurun Ke Anak? Penjelasan Lengkap

Anak akan mewarisi setengah gen dari orang tua, ayah dan ibu. Dan pertanyaan umum yang sering ditanyakan adalah apakah kanker payudara bisa menurun ke anak? Jawabannya adalah kemungkinan bisa diwariskan. Karena separuh gen anak adalah dari ibu. Dan kemungkinan gen yang diwariskan bisa menyebabkan masalah kanker payudara. Walaupun angka kejadiannya masih kecil sekitar 5 hingga 10 %.

Sponsors Link

Kanker payudara dalam keluarga

Jika Anda atau salah satu kerabat dekat Anda telah didiagnosis menderita kanker payudara, Anda mungkin memiliki kekhawatiran tentang apakah kanker payudara berjalan dalam keluarga kadang-kadang disebut kanker payudara herediter. Dan tentunya anda juga akan memiliki kekhawatiran apakah kanker payudara bisa menurun ke anak?

Sejumlah kecil orang memiliki peningkatan risiko kanker payudara karena sejarah keluarga mereka. Namun, sebagian besar kanker payudara tidak diwariskan dan tidak meningkatkan risiko seumur hidup untuk anggota keluarga lainnya seperti benarkah nyeri payudara tanda kanker?.

Bagaimana cara perkembangan kanker payudara?

Kanker payudara dimulai ketika sel-sel di payudara mulai membelah dan tumbuh dengan cara yang tidak normal. Semua sel mengandung gen yang memberi tahu mereka cara tumbuh dan berfungsi. Terkadang perubahan dapat terjadi pada gen yang berarti sel mulai berfungsi dengan cara yang tidak normal. Ini dikenal sebagai gen yang diubah Anda mungkin juga mendengar ini disebut perubahan gen, kesalahan atau mutasi.

  • Gen yang diubah dapat diwariskan atau diperoleh seperti ciri-ciri kanker payudara menyebar ke otak.
  • Mewarisi gen diubah diturunkan dari salah satu orang tua kita.
  • Perubahan gen yang diperoleh berkembang karena kombinasi hal-hal seperti semakin tua dan faktor lingkungan dan gaya hidup.
  • Meskipun kanker payudara sangat umum, hanya sebagian kecil kasus karena mewarisi gen yang diubah.

Apa yang menyebabkan kanker payudara?

Sebagian besar kanker payudara disebabkan oleh kombinasi banyak hal yang berbeda. Sementara penyebab pastinya masih belum diketahui, penelitian telah menunjukkan bahwa beberapa hal dapat meningkatkan atau mengurangi kemungkinan terkena kanker payudara. Ini disebut ‘faktor risiko’ . Menjadi wanita dan semakin tua adalah faktor risiko terbesar untuk mengembangkan kanker payudara.

Sejumlah kecil orang memiliki peningkatan risiko terkena kanker payudara karena mereka memiliki riwayat keluarga yang signifikan. Ini mungkin karena gen yang diubah yang meningkatkan risiko kanker payudara berjalan dalam keluarga. Jika Anda khawatir tentang riwayat keluarga Anda, Anda mungkin dapat memiliki penilaian risiko riwayat keluarga seperti ciri-ciri kanker payudara.

Gen yang diwariskan 

Orang-orang yang mewarisi gen yang diubah biasanya dikenal sebagai pembawa gen akan memiliki risiko tinggi terkena kanker payudara dan kemungkinan kanker lainnya. Sekitar 5% wanita dengan kanker payudara mewarisi gen yang diubah.

Gen yang diwariskan yang diwariskan paling umum yang meningkatkan risiko pengembangan kanker payudara disebut BRCA1 (BReast CAncer1) dan BRCA2 (BReast CAncer2). Mewarisi suatu perubahan dalam gen yang disebut TP53 (protein tumor p53) juga meningkatkan risiko, meskipun ini jauh lebih jarang.

Beberapa kondisi genetik yang disebabkan oleh gen langka lainnya yang diwariskan juga meningkatkan risiko kanker payudara, meskipun tidak sebanyak gen yang diubah BRCA1 / 2 atau TP53, ini adalah:

  • Peutz-Jegher syndrome (STK11 mengubah gen)
  • Sindrom Cowden (gen PTEN yang diubah)
  • herediter kanker lambung difus (perut) (E-cadherin (CDH1) gen yang diubah).

Jika salah satu dari kondisi ini terjadi di keluarga Anda, Anda juga akan dikelola sebagai berisiko tinggi untuk mengembangkan kanker payudara.

Memiliki gen yang diwariskan akan meningkatkan risiko terkena kanker payudara secara signifikan, tetapi itu tidak berarti Anda akan terkena kanker payudara. Hal-hal lain seperti usia, gaya hidup dan faktor lingkungan juga berkontribusi pada kemungkinan kanker berkembang. Cari tahu lebih lanjut tentang faktor risiko kanker payudara.

Ada sejumlah gen lain yang telah terbukti meningkatkan risiko pengembangan kanker payudara, tetapi lebih banyak penelitian diperlukan untuk mengetahui seberapa besar risikonya ditingkatkan dan bagaimana mengelola risiko ini.

Apakah anggota keluarga secara otomatis berisiko?

Karena kanker payudara adalah kanker yang paling umum, tidak jarang ada orang dalam keluarga Anda yang didiagnosis menderita kanker payudara. Sebagian besar kanker payudara terjadi secara kebetulan dan tidak diwariskan, jadi jika Anda atau seorang kerabat telah didiagnosis tidak secara otomatis meningkatkan risiko untuk anggota keluarga lainnya. Namun, sejumlah kecil orang memiliki peningkatan risiko karena mereka memiliki ‘riwayat keluarga yang signifikan’.

Sponsors Link

Apa itu ‘riwayat keluarga yang signifikan’?

Anda mungkin dianggap memiliki riwayat keluarga yang signifikan jika:

  • Anda atau kerabat dekat telah menderita kanker payudara sebelum usia 40 tahun
  • Anda atau kerabat dekat memiliki kanker payudara di kedua payudara (kanker payudara bilateral)
  • Anda telah menderita kanker payudara yang dikenal sebagai triple negatif (khususnya jika Anda didiagnosis di bawah usia 50)
  • Anda dan kerabat dekat memiliki kanker payudara
  • dua atau lebih kerabat dekat menderita kanker payudara
  • Anda memiliki kerabat dekat yang pernah menderita kanker payudara dan yang lain yang pernah menderita kanker ovarium
  • seorang kerabat laki-laki telah menderita kanker payudara.

Memiliki riwayat keluarga yang signifikan menempatkan Anda pada peningkatan risiko terkena kanker payudara. Kerabat darah juga akan mengalami peningkatan risiko. Jika Anda sudah menderita kanker payudara, riwayat keluarga yang signifikan dapat semakin meningkatkan risiko Anda mengembangkan kanker payudara primer baru .

Apa itu ‘gen kanker payudara’?

Jika Anda memiliki riwayat keluarga yang signifikan, mungkin karena gen yang diubah yang meningkatkan risiko kanker payudara berjalan dalam keluarga Anda. Sekitar 5% kanker payudara disebabkan karena mewarisi gen yang diubah.

Jika Anda mewarisi gen yang diubah, kemungkinan Anda terkena kanker payudara (dan kemungkinan kanker lainnya) jauh lebih besar daripada populasi umum. Gen yang diubah paling sering diwariskan disebut BRCA1 dan BRCA2.

, ,
Oleh :
Kategori : Kanker Payudara

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.