Apakah Kanker Payudara Bisa Disembuhkan? Ternyata Begini Faktanya !

Setiap jenis kanker memang memiliki tingkat atau kemungkinan sembuh berbeda-beda, termasuk juga kanker payudara. Selain itu, tingkat kemungkinan sembuh dari penyakit kanker, terutama penyakit kanker payudara sendiri disesuaikan atau tergantung pada stadium kanker yang telah diderita. Oleh sebab itu, dalam kesempatan kali ini akan dibahas secara lengkap apakah kanker payudara bisa disembuhkan atau tidak. Jadi bagi anda yang penasaran dan ingin mengetahui jawabannya, mari simak penjelasan berikut ini.

Sponsors Link

Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar wanita. Hal ini juga disebabkan karena sel kanker yang menyerang payudara dan membentuk tumor biasanya memang dapat berkembang dengan cepat hingga menyerang jaringan payudara dan bahkan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Beberapa gejala atau tanda-tanda kanker payudara seperti:

  • Adanya benjolan atau penebalan pada sekitar payudara.
  • Cairan yang secara tiba-tiba keluar dari puting.
  • Perubahan bentuk hingga ukuran payudara.
  • Perubahan pada kulit disekitar payudara, seperti menjadi lebih berpori-pori dan kasar, dan lain sebagainya.

Kanker payudara sendiri juga memiliki stadium atau fase berkembangan yang juga menjadi penentu penyembuhan dari penyakit kanker payudara itu sendiri. Artinya bahwa bisa atau tidaknya kanker payudara disembuhkan, biasanya akan didasarkan pada seberapa parah kanker payudara yang dialami. Bahkan tidak hanya tergantung pada fase atau stadiumnya saja tetapi juga bisa bergantung pada pengobatan dan reaksi tubuh dari penderita. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa bisa atau tidaknya kanker

Penyembuhan Kanker Payudara

Kanker payudara disembuhkan memang tergantung pada seberapa parah kanker payudara telah berkembang, pengobatan, dan juga bergantung pada reaksi tubuh si penderita. Memang hal yang paling menjadi penentu adalah seberapa parah atau jauhnya perkembangan sel kanker telah terjadi. Artinya bahwa kanker payudara bisa disembuhkan atau tidak tetap tergantung pada stadium dari penyakit itu sendiri.

Jika bisa atau tidaknya kanker payudara disembuhkan dilihat dari fase perkembangan sel kankernya, maka setidaknya perlu dipahami terlebih dahulu fase perkembangan dari kanker payudara itu sendiri, seperti:

  • Kanker payudara stadium nol

Pada fase ini, biasanya sel kanker memang sudah ada dan mulai berkembang di payudara, namun perkembangannya masih berada di saluran payudaranya saja dan belum menyebar ke jaringan maupun area lainnya. Oleh sebab itu, apakah kanker payudara bisa sembuh pada fase ini maka jawabannya adalah masih memiliki kemungkinan sembuh yang tinggi jika tanda-tanda kanker payudara bisa di deteksi dari dini, sehingga langsung bisa dilakukan tindakan atau penanganan dini.

  • Kanker payudara stadium satu

Fase ini memang masih termasuk dalam kanker payudara stadium awal dan tidak jauh berbeda dengan stadium nol. Hanya saja, perkembangan dari sel kanker mulai membesar dibagian payudara sebagai tempat tumbuh awalnya sel kanker. Walaupun sudah mulai tumbuh membesar, tapi sel kanker masih belum menyebar ke bagian lainnya dan masih memiliki ukuran yang tidak lebih dari 5 cm. Oleh sebab itu, dalam fase ini tingkat kemungkinan sembuh juga masih tinggi jika cepat dilakukan penanganan.

  • Kanker payudara stadium dua

Untuk kanker payudara stadium dua sendiri terdapat dua macam fase, yaitu stadium IIA dan stadium IIB. Dimana pada stadium IIA biasanya sel kanker telah menyebar hingga kelenjar limfa yang terdapat di ketiak, dengan ukuran massa kanker sekitar atau kurang dari 2 cm. Sedangkan pada fase IIB, massa kanker telah menjadi lebih dari 5 cm tetapi masih belum menyebar hingga ke kelenjar limfa dibawah ketiak. Dimana pada fase dua ini tingkat kelangsungan hidup lima tahun masih relatif berada pada kemungkinan 90%.

Sponsors Link

  • Kanker payudara stadium tiga

Sama dengan stadium dua, pada fase atau stadium tiga juga terdapat dua fase yang berbeda, yaitu stadium IIIA dan stadium IIIB. Dimana jika penderita sudah memasuki tahap ini maka sudah dapat dipastikan bahwa sel kanker telah menyebar. Seperti pada fase IIIA dimana sel kanker biasanya telah menyebar ke jaringan tubuh yang lainnya, dan fase IIIB biasanya sel kanker telah tumbuh hingga ke permukaan kulit dan juga pada kelenjar getah bening didalam payudara. Kondisi fase tiga ini tingkat kelangsungan hidup lima tahun masih relatif berada pada kemungkinan 72%.

  • Kanker payudara stadium empat

Salah satu yang menjadi tanda atau ciri-ciri kanker payudara ganas stadium empat adalah kondisi dimana perkembangan sel kanker menjadi lebih cepat dan melebar atau menyebar pada organ tubuh lainnya. Sehingga pada fase ini tingkat kelangsungan hidup lima tahun relatif sangat rendah hanya pada angka 22% saja, yang artinya juga sulit untuk disembuhkan.

Itulah dia fase dari perkembangan kanker payudara, dimana dapat disimpulkan apakah kanker payudara bisa disembuhkan adalah tergantung pada kondisi atau keparahan dari kanker payudara itu sendiri. semakin dini kanker payudara dikenali, dan masih berada di fase-fase awal maka semakin berkemungkinan pula untuk disembuhkan.

, , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.