14 Tanda-tanda Kanker Paru-paru yang Mematikan

Penyakit kanker paru-paru termasuk jenis kanker paling berbahaya di dunia, dan menjadi penyakit kanker nomor satu dilihat dari jumlah penderitanya. Penyebab kanker paru-paru paling utama seringkali dikaitkan dengan paparan asap rokok maupun polusi di lingkungan sekitar. Gejala kanker paru-paru sendiri cukup banyak dan biasanya dapat lebih dari satu sekali muncul. Gejala tersebut cukup menyiksa sehingga lebih baik kita melakukan cara pencegahan kanker paru-paru sebelum penyakit tersebut menyerang. Di samping itu kita juga perlu mengetahui gejala awal kanker paru-paru, karena semakin cepat penyakit ini terdiagnosis maka akan semakin mudah pula proses pengobatan kanker paru-paru untuk dilakukan. Berikut ini merupakan tanda-tanda kanker paru-paru yang sangat penting untuk kita ketahui.

Sponsors Link

1. Nyeri di Dada

Penyakit kanker paru-paru sering menimbulkan rasa sakit dan nyeri pada dada, yang terjadi secara terus menerus dan tidak kunjung sembuh. Sel kanker yang menyerang paru-paru membuat organ tersebut mengalami peradangan sehingga terasa sangat sakit hingga ke seluruh bagian dada.

2. Batuk Berkepanjangan

Penderita kanker paru juga sering ditandai dengan gejala batuk yang berkepanjangan. Meski batuk juga bisa mengindikasikan penyakit lainnya seperti TBC dan juga batuk biasa, namun batuk pada kanker paru-paru terdapat perbedaan. Batuk tersebut sangat sering terjadi dan tidak sembuh meski telah meminum obat batuk.

3. Batuk Disertai Darah

Penyakit kanker paru-paru sangat rentan menimbulkan batuk yang disertai keluarnya darah. Batuk yang terus terjadi membuat paru-paru semakin tertekan, apalagi sel kanker telah membuat paru-paru mengalami peradangan dan luka sehingga darah dapat mudah keluar saat penderitanya mengalami batuk.

4. Sesak Napas

Kanker paru-paru juga rentan menyebabkan sesak napas, karena fungsi organ paru yang terus menurun sehingga tidak mampu menghirup oksigen secara maksimal. Akibatnya paru-paru kekurangan oksigen dan mengalami sesak napas yang terus bertambah parah jika tidak segera diobati.

5. Mudah Lelah

Adanya sel kanker yang merusak paru-paru dapat menyebabkan seseorang mudah merasa lelah. Hal tersebut dikarenakan tubuh tidak mendapat pasokan oksigen yang cukup sehingga mudah mengalami kelelahan. terlebih nutrisi tubuh diserap oleh sel kanker sehingga energi untuk tubuh menjadi berkurang.

6. Sering Merasa Pusing

Rasa pusing atau sakit kepala juga sering dialami penderita kanker paru, karena otak tidak mendapat cukup oksigen untuk melakukan fungsinya secara optimal. Karena itu jika sakit kepala sering terjadi sebaiknya segera periksakan diri ke dokter agar diketahui penyebab pastinya.

7. Berat Badan Menurun

Kanker paru-paru yang terus menyerap nutrisi tubuh akan membuat tubuh menjadi kurus. Ditambah lagi penyakit tersebut membuat nafsu makan menurun dengan drastis sehingga penderita kanker paru tidak ingin makan, dan hal ini menyebabkan berat badan terus menurun.

8. Napas Berbunyi

Kanker yang mmbentuk massa atau gumpalan di dalam paru-paru dapat menyumbat saluran napas sehingga saat bernapas akan muncul bunyi mengi seperti orang yang sedang mengalami asma. Kondisi ini akan terus berlanjut bahkan semakin parah saat sel kanker terus bertambah besar dan menyebar lebih luas.

9. Terjadi Pembengkakan

Terkadang kanker paru-paru dapat menyebabkan orang mengalami pembengkakan baik pada wajah, leher maupun tangannya. Kondisi ini tidak diketahui pasti penyebabnya sehingga harus diwaspadai. Jika pembengkakan tersebut muncul dan terjadi tiba-tiba sebaiknya segera pergi ke rumah sakit.

10. Nyeri pada Tulang

Saat sel kanker mulai menyerang jaringan tubuh yang lain seperti tulang, maka nyeri tulang akan mulai terasa. Mulanya tulang yang terasa nyeri adalah tulang dada, kemudian tulang bahu dan punggung hingga akhirnya kondisi tersebut menghambat aktivitas penderita kanker paru-paru.

11. Suara Menjadi Serak

Sel kanker yang menyerang leher dan pita suara dapat menyebabkan suara menjadi serak, terutama saat berbicara terlalu lama. Kondisi ini menandakan penyakit kanker sudah bertambah parah dan sebaiknya tidak menunda lagi untuk segera mendapat pengobatan. Jika dibiarkan pita suara bisa rusak dan membuat suara tidak keluar sama sekali.

12. Sulit Menelan

Ketika kanker telah menyerang bagian tenggorokan maka leher akan terasa sangat sakit dan terasa sangat sulit untuk menelan. Artinya sel kanker telah mulai merusak sel sehat pada tenggorokan, dan peradangan yang terjadi terasa sangat sakit meski hanya menelan air liur sekalipun.

13. Mudah Terserang Demam

Demam menjadi pertanda adanya infeksi atau peradangan pada tubuh, termasuk yang disebabkan oleh sel kanker. Karena itu kanker paru-paru dapat menyebabkan demam yang terjadi berulang kali.

Sponsors Link

14. Tanpa Gejala

Penyakit kanker paru-paru dianggap sangat berbahaya karena pada sebagian orang penyakit ini justru tidak menimbulkan gejala sama sekali. Namun saat diperiksa penyakit kanker telah memasuki stadium akhir dan tidak bisa lagi disembuhkan.

Itulah tanda-tanda kanker paru-paru yang perlu diwaspadai karena penyakit ini sangat berbahaya. Kebanyakan penderitanya tidak dapat tertolong karena kanker paru-paru sulit terdeteksi pada stadium awal. Padahal jika diketahui lebih dini penyakit ini masih bisa disembuhkan secara medis.

, , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Papsmear adalah salah satu tindakan medis yang ampuh mencegah kanker serviks. Yuk Ketahui Prosedur, cara, dan manfaatnya.