3 Perbedaan Kanker Paru dan TBC yang Wajib Diketahui

Organ paru sangat penting fungsinya dalam keberlangsungan hidup kita. Tanpa paru-paru mustahil kita bisa mendapat pasokan oksigen untuk dialirkan ke seluruh tubuh. Namun organ yang satu ini sangat rentan terkena penyakit karena udara yang dihirup belum tentu bersih. Bisa jadi udara tempat kita tinggal mengandung banyak polusi, debu dan bakteri yang tak kasat mata. Bisa juga orang-orang di sekitar kita banyak yang merokok sehingga udara menjadi tercemar asap rokok yang banyak mengandung racun. Jika kita terlalu lama tinggal di lingkungan seperti itu, maka resiko terkena TBC bahkan kanker paru akan semakin besar.

Sponsors Link

Kanker paru-paru dan TBC sama-sama penyakit pada organ paru yang sangat berbahaya. Jika terlambat ditangani kedua penyakit tersebut dapat menyebabkan kematian. Kebiasaan merokok, bekerja di tempat yang banyak debu dan polusi serta udara lingkungan yang tercemar dianggap menjadi pemicu munculnya kedua penyakit tersebut. Gejala yang muncul biasanya hampir mirip, karena itu terkadang dokter dapat salah mendiagnosis jika tidak dilakukan pemeriksaan secara teliti. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa perbedaan kanker paru dan penyakit TBC yang bisa dilihat dan diketahui.

Perbedaan Kanker Paru dan TBC

1. Penyebabnya

Kanker paru merupakan jenis kanker yang berbahaya dan biasanya disebabkan adanya mutasi genetik pada sel organ paru sehingga aktivitas sel tersebut menjadi abnormal. Dikatakan abnormal karena sel pada umumnya jika sudah tua dan rusak akan melakukan apoptosis atau penghancuran sel dan akan digantikan oleh sel yang baru. Namun mutasi genetik membuat sel tidak dapat melakukan proses tersebut sehingga jumlah sel semakin banyak dan tidak terkendali hingga muncullah penyakit kanker. Sedangkan TBC disebabkan oleh bakteri Tuberkulosis yang masuk ke organ paru bersama dengan udara yang dihirup. Bakteri tersebut menyebabkan infeksi sehingga menyebabkan gangguan dan kerusakan pada organ paru.

2. Cara Mendiagnosisnya

Kanker paru-paru tidak dapat dideteksi hanya dengan pemeriksaan biasa, namun perlu serangkaian pemeriksaan seperti biopsi kanker, rontgen, CT-scan, dan MRI-scan. Melalui serangkaian pemeriksaan tersebut dokter dapat mengetahui adanya benjolan atau sel yang dianggap tidak normal. Sedangkan penyakit TBC dapat didiagnosis dengan pemeriksaan dahak. Jadi dahak dari pasien diambil langsung untuk dilihat apakah terdapat bakteri tuberkulosis atau tidak dengan membawanya ke laboratorium rumah sakit.

Sponsors Link

3. Tindakan Pengobatan

Kanker paru-paru masih bisa diobati jika diketahui saat masih dalam stadium awal. Artinya sel kanker belum menyebar kemana-mana sehingga pengobatan bisa berlangsung sukses. Jika sudah menyebar, akan lebih sulit untuk mengatasi penyakit kanker paru. Selain itu juga dibutuhkan pengobatan yang dikombinasi seperti kemoterapi kanker, terapi radiasi, imunoterapi dan tindakan operasi. Jarang sekali penderita kanker hanya menjalani satu metode pengobatan saja, karena peluang sembuhnya lebih kecil daripada menggabungkan beberapa metode.

Sementara itu, penyakit TBC dapat diobati dengan vaksinasi dan mengkonsumsi antibiotik yang diresepkan oleh dokter. Perlu diperhatikan bahwa antibiotik untuk mengobati TBC harus dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu tanpa jeda sama sekali. Biasanya pasien akan merasakan tubuh menjadi lebih sehat setelah konsumsi selama 2 minggu, namun biasanya antibiotik harus dihabiskan selama 6 bulan berturut-turut. Jika tidak dihabiskan, bakteri tuberkulosis tidak akan mati dan justru menyebabkan penyakit tersebut menjadi lebih parah dan sulit disembuhkan.

Nah, itulah perbedaan kanker paru dan TBC yang perlu diketahui agar kita bisa mengenalinya dan bisa menentukan pengobatan yang akan dilakukan. Untuk terhindar dari penyakit tersebut, kita harus rutin berolahraga, hindari kebiasaan merokok, menghindari lingkungan yang tercemar dan mulailah untuk mengkonsumsi makanan sehari-hari pencegah kanker secara rutin.

, ,
Post Date: Tuesday 24th, October 2017 / 09:29 Oleh :
Kategori : Kanker Paru Paru