Inilah 8 Penyebab Kanker Paru Paru Selain Merokok yang Paling Tidak Disadari

Kanker paru-paru adalah jenis kanker paling berbahaya di dunia. Selain karena kebiasaan merokok, ada beberapa penyebab lain yang dapat memicu munculnya kanker paru-paru.

Sponsors Link

Berikut adalah beberapa penyebab kanker paru-paru selain merokok, diantaranya adalah:

  • Perokok pasif

Selain perokok aktif, kebiasaan menghirup asap tembakau dari seorang perokok atau perokok pasif menjadi penyebab kanker paru-paru pada wanita. Menghindari asap rokok yang ada di sekitar kita menjadi hal yang sangat penting. Orang yang bukan perokok atau perokok pasif memiliki resiko sebesar 24 persen dari perokok aktif untuk mengalami tanda-tanda kanker paru-paru.

  • Paparan polusi udara

Tingal di daerah dengan tingkat polusi udara tinggi seperti kota besar atau jalan raya menjadi salah satu penyebab lain dari kanker paru-paru ataugejala kanker paru-paru basah selain merokok. International Agency for Research on Cancer mengatakan bahwa tahun 2010 sebanyak 223.000 orang terjangkit kanker paru karena polusi udara. Polusi udara uang ada di sekitar kita mengandung partikel kecil yang memiliki zat asam, bahan kimia, logam, tanah, dan debu. Partikel tersebut masuk ke saluran napas, lalu ke paru-paru dan darah sehingga beresiko mengakibatkan kanker paru-paru.

  • Faktor keluarga

Seseorang yang memiliki orang tua atau saudara kandung yang terkena kanker paru-paru beresiko untuk mengalami hal yang sama hingga 2 kali lipat. Tahun 2017, Oncology Letters mengatakan bahwa hal ini berkaitan dengan faktor lingkungan dan aspek genetik yang berhubungan antar individu.

  • Mengidap HIV

National Cancer Institute mengatakan bahwa orang yang terinfeksi virus Human Immunodeficiency (HIV) beresiko 2 kali lebih tinggu untuk mengalami gejala kanker paru-paru. Namun, alasan ini belum jelas apakah hal ini terjadi dikarenakan kebiasaan merokok para penderita HIV yang tinggi atau karena infeksi virus itu sendiri. Bebeapa peneliti mengungkapkan bahwa melemahnya sistem kekebalan akibat infeksi HIV menjadi faktor atas terjadinya kanker paru bagi para pengidap HIV.

  • Paparan gas radon

Gas radon menjadi penyebab 20.000 kasus kanker paru-paru setiap tahunnya hingga menjadi penyebab kanker paru tertinggi non-perokok di Amerika Serikat. Radon melepaskan partikel radioaktif yang merusak sel-sel dalam paru-paru manusia.

Gas ini terbentuk dari luruhan uranium yang terpapar ke manusia melalui tanah dan gas yang masuk ke rumah melewati celah-celah ventilasi, pipa, saluran air dan tempat lainnya. Meski tidak berbau dan tidak terlihat, tetapi gas tersebut dapat dideteksi dengan alat tes sederhana dan memilliki kadar radioaktif yang tinggi.

  • Paparan asbeton

Asbeton adalah senyawa yang memiliki kemampuan mengisolasi panas dan akustik. Serat mikroskopis asbes yang melepaskan diri ke udara dan tak sengaja terhirup ke dalam paru-paru kita akan bertahan lama di dalam tubuh. Tukang bangunan yang biasa merokok kemudian terpapar asbes memiliki resiko lima kali lipat beresiko terkena kanker paru-paru dibandingkan dengan yang tidak merokok.

  • Paparan benzopyrene

Benzopyrene adalah gas yang biasa ditemukan dalam aktivitas sehari-hari dan masuk dalam daftar polutan oleh Environmental Protection Agency di Amerika Serikat. Zat ini adalah hasil sisa pembakaran yang bersifat karsinogenik. Paparan gas ini dapat ditemui pada asap rokok, asap kendaraan atau asap pembakaran hutan. Bahkan, sekitar 100 kematian karena kanker paru-paru disebabkan dari paparan zat ini.

  • Riwayat penyakit paru-paru

Seseorang yang pernah mengidap kanker paru-paru seperti TBC, bronkitis kronis, dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Penyakit paru-paru ini bisa menyebabkan peradangan dan jaringan parut sehingga beresiko terkena kanker paru.

Demikian penyebab kanker paru paru selain merokok dan semoga bermanfaat.

, , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.