5 Pengobatan Kanker Paru Stadium 3 Paling Ampuh

Penderita kanker paru-paru terus meningkat setiap tahunnya seiring dengan bertambahnya jumlah perokok maupun tingkat polusi yang semakin tinggi. Penyakit kanker paru-paru sangat berbahaya karena seringkali tidak dapat dideteksi pada tahap awal sehingga terlambat mendapat pengobatan. Asap rokok menjadi penyebab kanker paru-paru paling besar karena asap langsung masuk ke saluran pernapasan hingga paru-paru dan meninggalkan residu yang bersifat racun bagi tubuh. Bahaya ini dapat terjadi baik pada perokok aktif maupun pasif, karena itu bagi yang bukan perokok sebaiknya hindari orang yang sedang merokok.

Sponsors Link

Ciri-ciri kanker paru-paru bisa dibilang hampir mirip dengan penyakit paru lainnya seperti TBC maupun infeksi saluran pernapasan. Karena itulah penyakit ini sering salah didiagnosis dan keterlambatan pengobatan menjadi penyebab para penderitanya mengalami kematian. Kanker ini terbagi dalam beberapa fase sesuai tingkat keparahannya yaitu stadium 1, stadium 2, stadium 3 dan stadium 4. Berdasarkan tahapan tersebut dokter akan menentukan pengobatan yang tepat untuk pasien agar kesembuhan lebih mudah diraih. Untuk pengobatan kanker paru stadium 3 tentu diperlukan beberapa metode pengobatan yang dijalankan dengan dikombinasikan karena pada tahap ini sel kanker sudah cukup luas menyebar.

Pengobatan Kanker Paru Stadium 3

1. Operasi

Tindakan operasi sangat mungkin dilakukan jika sel kanker memang berasal dari organ paru-paru. Operasi dilakukan untuk mengangkat sel kanker hingga akarnya, dan terkadang sebagian jaringan juga diangkat untuk menghindari sisa sel kanker tertinggal pada organ tersebut. Tindakan ini tentu cukup beresiko meskipun pasien masih bisa bernapas setelah sebagian paru-paru telah diangkat. Komplikasi yang mungkin terjadi yaitu penggumpalan darah hingga pendarahan dan peradangan.

2. Radioterapi

Metode ini menggunakan sinar radiasi yang diarahkan pada bagian dada untuk memusnahkan sel kanker pada paru-paru. Terkadang radioterapi dilakukan setelah operasi untuk memastikan bahwa sel kanker benar-benar sudah tidak ada lagi. Efek samping dari sinar radiasi cukup banyak, mulai dari tubuh yang semakin lemah, batuk berdarah, sulit menelan, nyeri dada hingga kerontokan bulu dada.

3. Kemoterapi

Metode pengobatan ini sudah cukup familiar untuk pengobatan kanker. Dengan memasukkan senyawa kimia ke dalam tubuh, maka sel kanker akan dimusnahkan. Sayangnya, sel tubuh yang sehat juga akan ikut terkena sehingga tubuh penderita kanker yang menjalani kemoterapi seringkali bertambah lemah. Disamping itu ada beberapa efek samping lainnya seperti mual, muntah, sariawan, rambut rontok hingga melemahnya imunitas tubuh. Kemoterapi dilakukan secara bertahap dengan jarak waktu tertentu yang disesuaikan dengan kondisi fisik dan keparahan kanker itu sendiri.

Sponsors Link

4.Imunoterapi

Jenis pengobatan satu ini masih terbilang baru dan di Indonesia sendiri baru mulai berjalan pada Juli 2017 lalu. Imunoterapi menggunakan konsep untuk menaikkan kemampuan imunitas tubuh dalam melawan sel kanker. Karena sebenarnya sel T sebagai imunitas tubuh kita mampu melawan sel kanker, tetapi karena sel kanker sangat mahir dalam berubah bentuk sehingga dapat mengelabui sel T dan akhirnya tidak dikenali sebagai penyakit. Dengan metode imunoterapi, angka kesembuhan pasien menjadi lebih besar dengan efek samping yang sangat minim.

5. Pengobatan Herbal

Sebagian orang masih percaya bahwa tumbuhan yang diracik sedemikian rupa bisa menyembuhkan berbagai penyakit termasuk kanker. Pengobatan kanker paru-paru secara alami ini masih sering digunakan sebagai pengobatan alternatif. Dengan menggunakan bahan herbal, dipercaya efek samping yang ditimbulkan sangat kecil. Namun angka kesembuhan dengan metode ini lebih kecil, tetapi bisa semakin berguna jika dilakukan bersamaan dengan pengobatan medis untuk menekan efek samping yang sangat parah.

Itulah cara pengobatan kanker paru stadium 3 yang paling sering dilakukan. Sebagai tindakan pencegahan, kita bisa mengkonsumsi makanan sehari-hari pencegah kanker yang sangat mudah ditemukan bahan-bahannya. Dengan begitu kita bisa mencegah penyakit kanker paru-paru sebelum menyerang tubuh kita.

, ,
Post Date: Tuesday 07th, November 2017 / 07:12 Oleh :
Kategori : Kanker Paru Paru