10 Makanan untuk Penderita Kanker Paru-paru yang Direkomendasikan

Kanker paru-paru dapat menyerang siapa saja dari segala usia, dimana penyakit ini termasuk jenis kanker yang sangat ganas dan sering berujung pada kematian. Gejala kanker paru-paru sering tidak terlihat pada awal terbentuknya sel kanker, dan seringkali terdeteksi saat sudah memasuki stadium 3 atau 4. Itulah alasan penyakit ini sulit disembuhkan karena kanker terlanjur menyebar baru dapat diketahui keberadaannya. Penyebab kanker paru-paru sendiri sangat banyak, namun yang paling utama adalah paparan asap rokok baik aktif maupun pasif dan polusi yang mencemari udara lingkungan.

Sponsors Link

Nah, bagi penderita kanker paru-paru, selain berusaha untuk mengikuti semua prosedur pengobatan yang disarankan dokter, ada beberapa jenis makanan sehat yang disarankan untuk rutin dikonsumsi agar penyakit tersebut tidak semakin parah. Adapun makanan untuk penderita kanker paru-paru yang bagus dikonsumsi yaitu sebagai berikut.

1. Buah Sirsak

Buah sirsak mengandung banyak antioksidan dan senyawa aktif yang sudah terbukti dapat menekan laju perkembangan sel kanker bahkan mendorong sel kanker semakin kecil. Sangat bagus jika setiap hari dapat mengkonsumsi buah sirsak. Selain itu daunnya juga sudah terbukti dapat melawan sel kanker dengan cara direbus dan diminum airnya.

2. Buah Delima

Buah delima juga kaya akan antioksidan, dan yang terpenting terdapat senyawa asam elegic di dalamnya yang ampuh dalam melawan sel kanker. Nutrisi dalam buah delima juga cukup banyak sehingga dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh bagi para penderita kanker paru-paru yang sedang dalam tahap penyembuhan.

3. Buah Berry

Aneka jenis buah berry seperti strobery, bluebery, acai berry, dan yang lainnya juga bagus dikonsumsi bagi penderita kanker paru-paru. Buah-buahan tersebut sangat tinggi vitamin C dan kandungan antioksidan lainnya, sehingga dapat menangkal senyawa radikal bebas dan menghambat perkembangan sel kanker. Buah berry dapat dikonsumsi setiap hari agar kanker paru-paru tidak semakin parah dan bisa segera disembuhkan.

4. Buah Tomat

Buah yang juga sering dijadikan bumbu dapur ini juga sangat bagus dikonsumsi, agar kanker paru-paru tidak  semakin parah. Kandungan senyawa likopen dan antioksidan di dalamnya sangat efektif dalam melawan sel kanker bahkan ampuh dalam mencegah pertumbuhan sel kanker. Jadi buah tomat sangat disarankan untuk dikonsumsi baik bagi orang yang sehat maupun penderita kanker paru-paru.

5. Beragam Jenis Sayuran

Tak perlu disangkal, sayuran memang layak untuk menjadi menu harian wajib bagi semua orang. Tidak terkecuali dengan penderita kanker paru-paru, yang sangat disarankan mengkonsumsi sayuran terutama yang berwarna hijau. Lebih baik lagi jika rutin mengkonsumsi brokoli, wortel, bayam dan buncis untuk mencegah penyakit kanker bertambah parah.

6. Buah Manggis

Selain buah sirsak, ada buah manggis yang juga sudah dikenal akan keampuhannya dalam menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker. Tidak hanya buahnya, kulitnya pun kerap digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi penyakit kanker. Terdapat kandungan senyawa xanthone di dalam buah manggis secara keseluruhan yang sangat ampuh dalam melawan tanda-tanda kanker paru-paru.

7. Buah Zaitun

Baik buah maupun minyak zaitun yang diperoleh dari bijinya, sama-sama memiliki khasiat dalam mencegah dan mengatasi penyakit kanker. Zaitun memang sangat banyak manfaatnya untuk memelihara kesehatan dan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Hal ini disebabkan adanya kandungan senyawa hydroxytyrosol yang bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

Sponsors Link

8. Ikan Salmon

Sebagai sumber protein dan nutrisi lainnya yang cukup tinggi, ikan salmon sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi penderita kanker paru-paru. Ikan salmon memang mengandung banyak gizi yang dibutuhkan tubuh, sehingga bagus dikonsumsi untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh agar kuat melawan penyakit yang ganas seperti gejala awal kanker paru-paru.

9. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Berbagai jenis kacang dan biji-bijian juga bagus dikonsumsi karena mengandung asam lemak omega-3. Nutrisi tersebut akan membantu tubuh melawan berbagai penyakit dan menjaga kesehatan organ paru sehingga kanker paru-paru tidak dapat berkembang lebih jauh. Mengkonsumsi jenis makanan ini juga menjadi cara melakukan pencegahan kanker paru-paru.

10. Bawang Putih

Meski banyak yang menjauhi bawang putih karena aromanya yang menyengat, bawang putih ternyata memiliki manfaat yang sangat luar biasa yaitu dapat melawan penyakit kanker. Senyawa allicin dalam bawang putih dapat menghambat peradangan pada paru-paru akibat aktivitas sel kanker sehingga jika dikonsumsi setiap hari akan sangat membantu dalam proses penyembuhan. Bawang putih juga dapat menjadi pengobatan kanker paru-paru secara alami.

Nah, itulah makanan untuk penderita kanker paru-paru yang sebaiknya dikonsumsi setiap hari. Penyakit kanker paru-paru memang bisa dibilang sangat ganas dan sangat kecil harapannya untuk dapat sembuh. Namun makanan di atas dapat membantu proses penyembuhan dan mampu meningkatkan daya tahan tubuh agar lebih kuat bertahan dari penyakit yang mematikan tersebut. Jika dirasa bosan, cobalah untuk mengolahnya dalam beberapa variasi menu atau diberikan secara bergantian setiap harinya.

, ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.