Kanker Paru-Paru Stadium 2 – Jenis, Gejala, dan Pengobatan

Kanker paru-paru merupakan salah satu keadaan saat sel-sel abnormal tumbuh dengan cepat disekitar paru-paru atau bahkan di dalam paru-paru. Kanker ini bisa menyerang siapa saja baik itu wanita, pria. anak-anak, bahkan hingga dewasa. Seperti halnya dengan beberapa jenis kanker lainnya bahwa kanker paru-paru ini memiliki beberapa tingkatan atau istilah dalam ilmu kedokteran adalah stadium.

Sponsors Link

Pada artikel berikut ini, kita akan bahas seperti apa ciri-ciri, gejala, dan cara pengobatannya. Untuk lebih jelasnya, silakan simak pemaparannya berikut ini.

Ciri-Ciri Kanker Paru-paru Stadium 2

Pada kanker paru-paru stadium 2, jenis ini sering diartikan sebagai kanker lokal. Artinya, tumor pada bagian paru-paru menyebar pada bagian kelenjar getah bening dibagian terdekat. Meskipun begitu, kanker ini belum menyebar terlalu jauh. pada kanker paru-paru stadium dua ini, pengobatannya bisa dilakukan lebih baik jika kita bandingkan dengan beberapa stadium lainnya. Pada kanker paru-paru stadium dua, ada dua jenis yang bisa dilihat berdasarkan ciri-cirinya. Untuk mengetahui tanda-tanda kanker paru-paru stadium 2, berikut ulasannya.

1. Kanker paru-paru stadium 2A

Jenis yang pertama adalah kanker paru-paru stadium 2A. pada jenis kanker ini, ukuran tumor di dalam paru-paru kira-kira mencapai 6 cm. Tumor pada bagian ini umumnya belum sampai menyebar ke bagian kelenjar getah bening. Akan tetapi, jika kanker paru-paru stadium 2 A ini menyebar ke bagian kelenjar getah bening, maka kanker tersebut sudah termasuk ke dalam golonga T1A/T1B, N1, MO atau bisa juga ke bagian T2A, N1, dan MO. Ciri-ciri dari bagian kanker paru-paru stadium 2A ini adalah sebagai berikut.

Jenis T1A/T1B, N1, MO

  • Ukuran tumor umumnya berukuran 2 cm atau bisa kurang pada jenis T1A.
  • Sedangkan pada jenis T1B, ukurannya bisa kurang dari 3 cm atau lebih besar dari 2 cm.
  • Kanker jenis ini belum tumbuh ke bagian membran-membran yang mengelilingi paru-paru.
  • Pada bagian cabang utama bronkus, tidak terpengaruh oleh kanker ini.
  • Kanker ini telah menyebarke bagian kelenjar getah bening di dalam paru-paru dan juga sekitar lokasi bronkus terhubung ke bagian paru-paru.

Jenis T2A, N1, M0

  • Ukuran kanker umumnya lebih besar dari 3 cm namun, kurang dari 5 cm.
  • Kanker ini sudah menyebar ke bagian bronkus utama dan berada di bawah bagian carina sekitar 2 cm.
  • Kanker ini juga sudah menyebar ke bagian lapisan paru-paru.
  • Terjadinya peradangan di sekitar carina sehingga dapat menyumbat sebagian saluran udara pasien.

2. Kanker Paru-paru stadium 2B

Sama halnya dengan kanker paru-paru stadium 2A, pada paru-paru stadium 2B ini juga memiliki dua jenis kategori yang berbeda. Hal ini tergantung pada ukuran kanker dan juga penyebarannya. Untuk mengetahuinya, berikut ulasannya.

Jenis T2B, N1, MO

  • Ukuran kankernya antara 5-7 cm
  • Kanker telah menyebar ke bagian bronkus bagian utama.
  • Kanker ini juga telah menyebar ke bagian lapisan paru-paru.
  • Kanker sudah menyumbat sebagian saluran udara pasien sehingga pasien terjadi peradangan di daerah carina.
    Sponsors Link

Jenis T3, N0, M0

  • Ukuran kanker lebih dari 7 cm
  • Kanker telah meluas ke bagian dinding dada, diafragma, serta membran-membran yang terdapat di ruang antara paru-paru serta membran-membran yang berada di ruang sekitar paru-paru.
  • Kanker telah menyebar ke bagian bronkus utama namun tidak memengaruhi bagian carina.
  • Saluran udara agak terhambat sehingga dapat menyebabkan peradangan.

Gejala kanker paru-paru stadium 2

Gejala-gejala yang sering dialami oleh penderita kanker paru-paru stadium 2 ini tidak jauh berbeda dengan gejala kanker paru-paru stadium sebelumnya. Untuk lebih jelasnya, bisa Anda lihat di bawah ini.

  1. Batuk yang terus menerus
  2. Batuk yang mengeluarkan darah atau hemoptisis
  3. Sering sesak nafas
  4. Sering merasakan sakit di bagian dada atau di sekitar punggung
  5. Terjadinya infeksi yang berukang-ulang secara terus menerus. Contohnya saja seperti pneumonia atau bronkitis.
    Sponsors Link

Cara pengobatan kanker paru-paru stadium 2

Untuk dapat sembuh dari kanker paru-paru yang sudah mencapai stadium 2 ini, ada tiga cara yang bisa ditempuh. Caranya bisa dilihat di bawah ini.

  • Jalan Operasi

Cara yang pertama adalah melalui jalur operasi.bisa dikatakan cara ini memiliki tingkat kesembuhan yang paling tinggi. Untuk melakukan operasi, ada beberapa yang harus diperhitungkan seperti lokasi tumor, kondisi pasien serta prosedur yang harus dijalankan agar kanker ini bisa diangkat sampai tuntas.

  • Kemoterapi

Kemoterapi kanker merupakan pilihan selanjutnya untuk pengobatan kanker paru-paru stadium 2. Umumnya, kemoterapi ini merupakan cara kedua yang sering disarankan untuk penyembuhan kanker paru-paru stadium 2. Dengan menggunakan sistem kemoterapi, sisa-sisa sel kanker bisa dibunuh dengan lebih mudah. Meskipun begitu, sistem ini sangat bergantung pada lokasi tumornya sendiri.

  • Terapi Radiasi

Cara terakhir adalah menggunakan terapi radiasi. Meskipun cara ini tidak begitu kuat untuk mengobati kanker paru-paru stadium 2, namun cara ini bisa menjadi jalan alternatif untuk mengobati kanker jika cara operasi maupun kemoterapi tidak berhasil.

Itulah beberapa hal mengenai kanker paru-paru stadium 2. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk pembaca semua.

, , ,
Oleh :
Kategori : Kanker Paru Paru

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.