Mengapa Harapan Hidup Penderita Kanker Paru Sangat Rendah?

Penyakit kanker memang menjadi momok paling menakutkan bagi setiap orang, karena umumnya penderita kanker jarang ada yang bisa disembuhkan dan meninggal beberapa bulan setelah terdiagnosis. Dari sekian banyak jenis kanker yang ada, kanker paru-paru merupakan kanker yang paling ditakuti karena merupakan jenis kanker paling mematikan di dunia. Kanker paru-paru sangat ganas dan berbahaya, karena sifat sel kanker yang sangat cepat menyebar sehingga proses perubahan stadium pada penderita begitu cepat. Hanya dalam beberapa bulan penderita kanker paru yang masih berada di stadium 1 bisa berubah menjadi stadium 4. Kondisi ini menyebabkan kanker paru memberikan harapan hidup yang cukup rendah bagi para penderitanya.

Sponsors Link

Penyebab kanker paru-paru lebih sering dikaitkan dengan asap rokok, dimana orang yang merokok langsung ataupun orang yang sering terpapar asap rokok di lingkungannya sama-sama beresiko tinggi terkena kanker paru. Selain itu faktor keturunan juga sering dianggap sebagai penyebabnya, karena itu sering muncul pertanyaan di masyarakat, apakah kanker paru-paru penyakit keturunan atau bukan, dan para penderita mempertanyakan apakah kanker paru bisa sembuh total atau tidak. Ciri-ciri kanker paru-paru umumnya mirip dengan gejala penyakit saluran pernapasan lainnya, itulah mengapa penyakit ini sering terlambat didiagnosis karena dianggap sebagai penyakit ringan biasa. Akibat kanker paru-paru seseorang dapat kehilangan nyawanya dalam waktu singkat sehingga penyakit ini sangat ditakuti.

Seberapa Besar Harapan Hidup Penderita Kanker Paru?

Hal utama yang menjadikan kanker paru sebagai penyakit yang paling mematikan dan memberi harapan hidup yang rendah adalah sulitnya untuk dideteksi pada stadium awal. Pada stadium 1 dan 2 penyakit ini hampir tidak menunjukkan gejala apapun, namun ketika sudah memasuki stadium 3 atau 4 kondisi kesehatan si penderita akan menurun secara drastis. Gejala akan dimulai dengan batuk yang terjadi terus menerus, semakin parah bahkan hingga mengeluarkan darah. Selain itu penderita juga akan mengalami infeksi paru dan sesak napas.

Padahal jika dapat dideteksi dengan cepat, penyakit kanker paru masih memiliki kemungkinan untuk sembuh hingga 75%. Sedangkan jika terdiagnosis saat kanker sudah menyebar ke bagian tubuh yang lain maka harapan hidup menjadi sangat kecil. Untuk kanker paru stadium 3 bisa mencapai 16-18%, sedangkan untuk stadium 4 bisa dikatakan hampir tidak ada harapan untuk sembuh. Pengobatan yang dilakukan untuk penderita kanker paru stadium akhir hanya bersifat mengurangi rasa sakit dan gejala agar tidak semakin memburuk.

Penderita kanker paru yang dapat didiagnosis pada stadium awal mampu bertahan hidup setidaknya hingga 5 tahun mendatang, sedangkan penderita kanker paru yang telah memasuki stadium akhir umumnya hanya bertahan dalam hitungan bulan saja. Karena itu sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan, menghindari penyebab kanker paru dan rutin memeriksakan kesehatan.

Apa yang Harus Dilakukan Penderita Kanker Paru?

Para penderita kanker paru mungkin akan merasa sangat frustasi hingga putus asa dengan penyakit yang dialaminya. Untuk membantu membangkitkan semangat hidup mereka, peran keluarga dan kerabat sangat dibutuhkan untuk terus memberikan dukungan dan semangat. Selain itu penderita kanker paru dapat melakukan beberapa cara yang bisa membantu mengurangi gejala bahkan membantu proses penyembuhan seperti berikut ini.

  1. Mulailah untuk menjalani pola hidup sehat, makan makanan yang bergizi dan hindari makanan yang mengandung senyawa karsinogen. Biasakan pula untuk melakukan olahraga setiap hari, sesuai dengan kesanggupan fisik. Makanan yang bernutrisi tinggi dan olahraga yang cukup dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kekuatan fisik menjadi lebih baik.
  2. Hindari penyebab kanker paru seperti merokok dan minum minuman beralkohol, jika tidak merokok namun lingkungan penuh asap rokok sebaiknya hindari tempat tersebut dan carilah tempat dimana udara masih bersih dan terbebas dari polusi.
  3. Jalani pengobatan sesuai dengan yang dianjurkan dokter, mungkin akan sangat menyiksa namun pengobatan yang dilakukan dapat membantu meningkatkan harapan hidup penderita kanker paru. Bahkan pada stadium awal bisa memberikan peluang kesembuhan.
  4. Berserah diri kepada yang Maha Kuasa, karena segala sesuatu terjadi atas kehendak-Nya. Jika penderita ditakdirkan sembuh maka dengan jalan apapun penyakit tersebut akan dapat disembuhkan. Namun jika kesembuhan tidak tercapai, setidaknya dengan berserah diri jiwa menjadi lebih tenang dan tidak dipenuhi rasa takut yang membuat stres si penderita.
Sponsors Link

5. Perbanyak informasi mengenai penyakit kanker paru, semakin banyak informasi yang didapat maka akan semakin mudah membuat keputusan mengenai metode pengobatan yang terbaik untuk dilakukan, yang tentunya sesuai dengan yang disarankan oleh dokter. Saling mengunjungi sesama penderita kanker paru juga dapat meningkatkan semangat dan rasa syukur terhadap apa yang menjadi takdirnya.

Harapan hidup penderita kanker paru memang sangat kecil, namun dengan kita mengenal gejalanya secepat mungkin dan segera melakukan pengobatan yang tepat, maka peluang kesembuhan tetap ada dan harapan hidup menjadi lebih besar.

, , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.