Berapa Lama Harapan Hidup Kanker Paru Stadium 4?

Kanker paru-paru merupakan jenis kanker yang paling mematikan di dunia, dan hingga saat ini hampir seluruh penderita kanker paru tidak dapat diselamatkan nyawanya. Penyebab kanker paru-paru umumnya dikarenakan paparan asap rokok maupun polusi sehingga paru-paru terpajan dengan senyawa kimia berbahaya secara berkelanjutan. Selain itu pola hidup tidak sehat turut mempengaruhi seseorang terkena kanker paru sehingga kita dituntuk untuk selalu melakukan gaya hidup sehat sebagai cara melakukan pencegahan kanker paru-paru. Kanker paru-paru pun umumnya tidak menunjukkan gejala sama sekali dalam stadium awal, dan kebanyakan penderita kanker paru-paru terdiagnosis saat kanker sudah memasuki stadium 3 atau 4.

Sponsors Link

Gejala kanker paru-paru stadium 4 tentunya sudah menunjukkan kondisi yang parah, dimana paru-paru sudah sebagian besar rusak, pasien semakin lemah dan tidak mampu beraktivitas secara normal. Bahkan sel kanker telah menyerang organ penting lainnya sehingga menimbulkan penyakit komplikasi yang cukup serius. Karena itu harapan hidup penderita kanker paru bisa dibilang sangat tipis bahkan hampir tidak bisa disembuhkan. Pengobatan kanker paru-paru pun umumnya bukan bersifat menyembuhkan melainkan hanya meringankan gejala dan memperpanjang harapan hidup selama mungkin.

Berapa Lama Harapan Hidup Penderita Kanker Paru Stadium 4?

Setiap orang memiliki kondisi penyakit kanker yang berbeda-beda meski jenis kankernya sama yaitu kanker paru. Karena itu harapan hidup bagi penderita kanker paru pun sangat bervariasi, dan semuanya akan ditinjau dari banyak aspek seperti usia penderita, jenis kelamin, jenis kanker dan tingkat keganasan kanker. Umumnya wanita memiliki harapan hidup yang lebih besar dari pria karena tubuhnya memberikan respon yang lebih baik terhadap pengobatan yang dilakukan. Semakin tua usia seseorang maka akan semakin sulit untuk diobati, begitu pula jika kanker sudah menyebar sangat jauh maka akan semakin sulit untuk ditangani.

Berdasarkan data yang dikumpulkan di tahun 2005, sekitar 50% penderita kanker paru stadium 4 mampu bertahan hingga 8 bulan. Sedangkan 50% lainnya tidak mampu bertahan dan tidak lama setelah terdiagnosis penderita akan meninggal dunia. Namun ditemukan pula data bahwa ada yang berhasil bertahan hidup hingga 5 tahun meski persentasenya tidak sampai 10%. Mereka yang harapan hidupnya lebih tinggi adalah yang memiliki kondisi fisik yang prima dan mau menerapkan pengobatan kanker paru-paru secara alami disamping pengobatan medis. Jadi, meski mungkin Anda telah divonis menderita kanker paru, berusahalah untuk tetap semangat dalam berjuang melawan kanker dan terus berikhtiar untuk memperoleh harapan hidup yang lebih lama.

Metode Pengobatan Kanker Paru Stadium 4

Kanker paru stadium memang tidak dapat disembuhkan, namun beberapa metode pengobatan dapat dilakukan yang bertujuan sebagai tindakan paliatif, yaitu mengurangi gejala dan menekan sel kanker agar tidak semakin meluas. Dokter mungkin akan memberikan saran untuk menjalani kemoterapi kanker kanker paru stadium 4, namun usaha tersebut sering kali membuat pasien semakin lemah dan tidak mampu bertahan melawan penyakit kankernya. Hal tersebut tidak jauh berbeda dengan tindakan radioterapi, karena efek samping yang muncul justru membuat pasien semakin lemah hingga akhirnya memperpendek harapan hidupnya.

Karena itu, beberapa tindakan alternatif dapat dilakukan baik secara medis maupun tradisional agar pengobatan kanker paru stadium 4 dapat berjalan lancar. Berikut ini metode pengobatan yang dapat dilakukan untuk memperpanjang harapan hidup penderita kanker paru stadium 4.

1. Tindakan Operasi

Meski jarang disarankan dan tingkat kesuksannya sangat kecil, tindakan operasi masih menjadi pilihan untuk mengangkat sebagian jaringan paru yang telah rusak akibat kanker, berikut juga kelenjar getah bening di sekitarnya. Karena bahaya kanker kelenjar getah bening sangat mungkin terjadi saat kanker paru telah menyebar luas.

Sponsors Link

2. Imunoterapi

Metode ini memanfaatkan sistem imunitas tubuh yang sengaja dirangsang agar dapat mengenali sel kanker dan memusnahkannya sendiri dari dalam tubuh. Hal ini jauh lebih minim efek samping, namun sayangnya masih jarang diterapkan di Indonesia.

3. Manajemen Nyeri

Tindakan manajemen nyeri yang bisa dibantu oleh tim medis dapat pula membantu mengurangi gejala yang muncul dan menurunkan rasa nyeri yang terus dirasakan penderita kanker paru stadium 4. Manajemen nyeri dilakukan juga pasca pengobatan kanker sehingga proses pemulihan dapat berlangsung lebih cepat.

4. Penggunaan Obat Herbal

Sekarang ini banyak sekali ditemukan obat herbal yang digadang-gadang mampu melawan penyakit kanker hingga dapat menyembuhkannya. Tidak ada salahnya menggunakan obat herbal karena efek sampingnya jauh lebih kecil. Bahkan pengobatan tradisional bisa digabungkan dengan pengobatan medis sehingga kandungan bahan alami dari obat herbal akan menekan efek samping dari pengobatan medis.

5. Makanan yang Mendukung

Mengkonsumsi makanan sehat dan jus buah serta sayuran juga membantu dalam proses melawan penyakit kanker. Senyawa antioksidan dan nutrisi yang diperoleh akan menekan aktivitas sel kanker sekaligus memberikan tenaga untuk dapat bertahan hidup.

Kanker paru stadium 4 memang sangat berbahaya sehingga kita perlu selalu waspada dengan gejala penyakit tersebut. Karena harapan hidup kanker paru stadium 4 sangat kecil, perlu beberapa tindakan yang dapat memberikan harapan hidup lebih lama.

, , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.