11 Gejala Kanker Paru-paru Basah yang Membahayakan Nyawa

Kanker paru-paru memang menjadi jenis kanker paling mematikan di dunia, karena hampir sebagian besar penderitanya tidak dapat tertolong atau berujung pada kematian. Penyakit ini sangat berbahaya dan seringkali tidak dapat diobati karena pada tahap awal tidak menunjukkan gejala awal kanker paru-paru. Penyebab kanker paru-paru sendiri lebih didominasi oleh paparan asap rokok dan tembakau serta polusi udara yang kerap terhirup. Penyakit pada paru-paru memang sangat berbahaya, dan bukan hanya kanker saja yang perlu diwaspadai, namun penyakit paru-paru basah pun sangat  berbahaya jika tidak ditangani dengan cepat.

Sponsors Link

Gejala Kanker Paru-paru Basah

Gejala kanker paru-paru basah sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kanker paru yang lainnya. Antara kanker dan penyakit paru-paru basah keduanya menghambat fungsi paru-paru sehingga dapat menimbulkan komplikasi yang lebih serius. Berikut ini merupakan gejala penyakit paru-paru basah yang dapat dipicu oleh keberadaan kanker paru-paru.

1. Tangan dan Kaki sering Dingin

Gejala yang paling mudah dikenali jika seseorang terkena paru-paru basah adalah telapak tangan dan kakinya sering terasa dingin, disertai basah karena keluarnya keringat yang berlebih pada kedua bagian tubuh tersebut. Jika hal ini terus terjadi hampir setiap hari, maka kemungkinan besar penyakit paru-paru basah telah menyerang.

2. Mengalami Sesak Napas

Penderita paru-paru basah juga sering mengalami sesak napas, karena fungsi paru-paru yang terganggu akibat infeksi yang disebabkan oleh mikroorganisme seperti virus, bakteri dan jamur. Akibatnya penderita tidak mampu bernapas dengan normal dan sering kesulitan dalam menarik napas.

3. Batuk yang Disertai Dahak

Batuk berdahak memang dapat dialami siapa saja, namun jika batuk yang terjadi dikarenakan penyakit paru-paru basah maka batuk tersebut tidak mudah sembuh dan terkadang dahak yang dikeluarkan sangat banyak. Namun terkadang, paru-paru basah juga bisa ditandai dengan batuk kering dimana tidak ada dahak sama sekali.

4. Dada Terasa Sakit saat Batuk

Saat batuk biasanya kita akan merasakan sakit pada leher atau tenggorokan, namun jika batuk tersebut dikarenakan penyakit paru-paru basah maka dada juga akan ikut terasa sakit. Semakin lama batuk akan terus bertambah parah sehingga rasa sakit di dada tidak tertahankan.

5. Tubuh Lemas, Letih dan Lesu

Penyakit paru-paru basah dapat menyebabkan tubuh ikut terkena dampak, dan hal yang paling sering dialami adalah tubuh menjadi sangat lemas, mudah lelah, letih dan lesu. Hal ini dikarenakan penyakit kanker paru-paru basah menghalangi suplai oksigen ke seluruh tubuh sehingga fungsi berbagai organ dan jaringan tubuh ikut terganggu.

6. Nafsu Makan Menurun

Penyakit pada paru-paru seperti kanker dan paru-paru basah kerap membuat selera makan seseorang menjadi turun drastis. Bahkan saat dihadapkan dengan makanan yang disukai pun selera makan tetap tidak ada sehingga proses pemenuhan nutrisi tubuh menjadi terhambat.

7. Mual dan Muntah

Infeksi dan peradangan yang terjadi pada organ paru-paru saat seseorang terkena kanker paru atau paru-paru basah dapat menyebabkan munculnya rasa mual hingga muntah. Hal ini dikarenakan infeksi yang terjadi dalam tubuh dapat mempengaruhi kerja lambung sehingga asam lambung meningkat dan muncul rasa mual berlebih.

8. Sering Berkeringat di Malam Hari

Jika di malam hari suhu udara lebih rendah dan kebanyakan orang merasa lebih sejuk, penderita kanker paru-paru basah justru berkeringat. Keringat yang keluar sangat banyak dan terlihat tidak wajar, dikarenakan infeksi atau peradangan pada paru-paru mempengaruhi suhu tubuh dan denyut jantung penderitanya.

9. Demam dan Menggigil

Adanya infeksi pada paru-paru dapat menyebabkan suhu tubuh meningkat sehingga penderita kanker paru-paru basah kerap mengalami demam. Bahkan tak jarang demam disertai rasa menggigil dan demam tersebut tidak sembuh meski telah meminum obat.

10. Berat Badan Berkurang

Penyakit kanker paru maupun paru-paru basah seringkali menyebabkan berat badan penderitanya menurun secara drastis. Selain karena menurunnya nafsu makan, hal ini sering terjadi akibat nutrisi tubuh diserap sel kanker agar dapat terus berkembang sehingga tubuh semakin kurus dan lemah. Penurunan berat badan ini terjadi tiba-tiba dan disertai daya tahan tubuh yang semakin menurun.

Sponsors Link

11. Batuk Disertai Darah

Pada tingkat yang sudah sangat parah, kanker paru-paru basah dapat menyebabkan batuk yang hebat disertai dengan keluarnya darah bersamaan dengan batuk. Darah tersebut keluar dari peradangan pada paru-paru dan terbawa keluar saat penderita batuk berkepanjangan akibat paru-paru yang terus tertekan.

Gejala kanker paru-paru stadium 1 memang umumnya tidak begitu terasa, dan terlihat jelas saat gejala kanker paru-paru stadium 4 sudah dialami. Gejala kanker paru-paru basah sebaiknya diwaspadai sedini mungkin, dan jika salah satu gejala di atas muncul sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Pengobatan kanker paru-paru secara alami mungkin diperlukan untuk mengatasi penyakit tersebut tanpa efek samping. Meskipun pengobatan medis tetap diperlukan untuk mempercepat proses penyembuhan.

, , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Papsmear adalah salah satu tindakan medis yang ampuh mencegah kanker serviks. Yuk Ketahui Prosedur, cara, dan manfaatnya.