5 Gejala Kanker Bronkus yang Patut Diwaspadai

Bronkus merupakan salah satu bagian dari organ paru-paru yang berfungsi menyalurkan oksigen ke dalam paru-paru. Bronkus berbentuk cabang dari trakea yang terbagi dua, satu ke paru kanan dan satu lagi ke paru kiri. Bronkus terpapar langsung dengan udara yang dihirup, karena itu bagian organ yang satu ini sangat rentan terkena berbagai penyakit terutama kanker bronkus. Kanker bronkus sendiri dapat berkembang dan menyebabkan kanker paru-paru secara keseluruhan.

Sponsors Link

Kanker bronkus merupakan salah satu dari jenis-jenis kanker paru-paru yang termasuk kategori NSLC tepatnya squamos cell carcinomas. Kanker ini paling umum terjadi dan banyak ditemui kasusnya, namun dari tahun ke tahun kasusnya mengalami penurunan. Penyebab kanker bronkus umumnya adalah asap rokok, karena itu baik perokok aktif, perokok pasif maupun mantan perokok sangat rentan terkena penyakit tersebut. Gejala kanker bronkus juga hampir sama dengan gejala kanker paru, beberapa di antaranya adalah seperti berikut ini.

Gejala Kanker Bronkus

1. Sesak Napas

Sesak napas mungkin bisa dialami siapa saja dan bisa menunjukkan gejala penyakit apapun seperti infeksi saluran napas, kelelahan, anemia dan penyakit lainnya. Namun sesak napas juga bisa menjadi gejala adanya penyakit kanker bronkus dalam tubuh. Jika sering mengalami sesak napas meski tidak beraktivitas berat sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatan organ pernapasan Anda.

2. Berat Badan Turun dan Nafsu Makan Berkurang

Penyakit kanker dapat menggerogoti sel sehat dan mengganggu fungsi organ tubuh yang lain. Akibatnya tubuh dapat mengalami penurunan berat badan yang cukup drastis tanpa sebab. Nafsu makan juga seringkali berkurang dan hilang begitu saja sehingga asupan nutrisi ke dalam tubuh ikut terganggu. Jika hal ini terjadi Anda wajib curiga dan segeralah melakukan pemeriksaan agar dapat diketahui penyebab pastinya. Karena dikhawatirkan terdapat penyakit kanker bronkus yang jika terlambat ditangani dapat berakibat fatal.

3. Batuk Terus Menerus

Penyakit batuk umumnya akan sembuh dalam seminggu hingga dua minggu, namun jika terdapat kanker bronkus batuk akan terus terjadi meski telah meminum obat. Semakin lama batuk akan menjadi semakin parah hingga mungkin akan menyebabkan batuk darah. Batuk yang terjadi lebih dari sebulan sebaiknya diwaspadai dan langkah paling tepat untuk mengantisipasinya adalah dengan memeriksakan diri secara mendetail ke rumah sakit.

Sponsors Link

4. Nyeri Dada Disertai Napas yang Berbunyi

Nyeri dada sering diidentikkan dengan masuk angin biasa dan disepelekan begitu saja. Padahal nyeri pada dada menandakan ada yang tidak beres pada jantung atau paru-paru dan semestinya ditangani dengan bijak. Apalagi jika disertai dengan napas yang berat dan berbunyi seperti mengi pada penyakit asma. Gejala nyeri dada yang sering terjadi dan dalam jangka waktu lama bisa jadi menunjukkan gejala kanker bronkus.

5. Bengkak pada Leher dan Wajah

Kanker bronkus yang telah menyebar kemungkinan akan menyerang kanker kelenjar getah bening dan organ di sekitarnya seperti leher. Oleh karena itu penyakit kanker bronkus dapat membuat pembengkakan kelenjar getah bening sehingga leher dan wajah bisa ikut menjadi bengkak. Apalagi jika bengkak diikuti dengan rasa sakit, maka gejala tersebut harus diwaspadai.

Demikian gejala kanker bronkus yang paling sering terjadi dan patut diwaspadai. Dengan mengenali gejala kanker sejak awal maka kita bisa mendeteksi penyakit tersebut sejak dini dan mendapat pengobatan kanker paru-paru secara cepat. Dengan begitu penderita kanker bronkus masih bisa mendapat kesembuhan lebih cepat.

, ,
Post Date: Saturday 28th, October 2017 / 04:56 Oleh :
Kategori : Kanker Paru Paru