5 Ciri-ciri Kanker Paru-paru Stadium 1 Paling Sering Terlihat

Kanker paru-paru  merupakan jenis kanker yang kasusnya sering terjadi di Indonesia, yang mayoritas disebabkan oleh asap rokok dan asap polusi. Penyakit kanker paru-paru cukup berbahaya, dan hanya sedikit yang berhasil sembuh karena minimnya pengetahuan mengenai penyakit ini dan gejala awal yang ditimbulkan tidak spesifik. Pada stadium 1, kanker paru-paru belum menunjukkan ciri-ciri yang berarti, bahkan penderitanya masih merasakan tubuhnya yang sehat dan bisa beraktivitas seperti biasa. Namun ketika memasuki stadium 2 dan stadium 3, gejala kanker paru-paru sudah mulai terasa dan seringkali terlambat untuk ditangani.

Sponsors Link

Sangat penting bagi kita mengetahui ciri-ciri kanker paru-paru stadium 1 agar bisa mendapat pengobatan lebih cepat. Penyebab kanker paru-paru seperti rokok juga harus dihindari demi mencegah tubuh terkena penyakit kanker yang membahayakan nyawa. Dengan begitu angka kesembuhan akan menjadi lebih besar. Nah, bicara soal ciri-ciri, beberapa poin berikut ini perlu diperhatikan karena bisa menjadi ciri-ciri kanker paru-paru pada stadium 1 yang seringkali diabaikan.

Ciri-ciri Kanker Paru-paru Stadium 1

1. Sesak Napas

Saat sel kanker menyerang organ paru, tentu secara perlahan sel kanker akan mulai membentuk massa berupa benjolan. Benjolan tersebut dapat menyumbat saluran napas sehingga oksigen tidak dapat masuk dengan bebas. Akibatnya muncul rasa sesak dan napas terasa sangat berat. Ciri ini mungkin lebih sering ditandai sebagai ciri orang yang kelelahan, namun jika tidak melakukan aktivitas berat rasa sesak tetap terasa, maka sangat perlu untuk memeriksakan diri ke dokter.

2. Batuk Terus Menerus

Batuk biasanya disebabkan bakteri dan bisa sembuh dalam waktu satu minggu dengan mengkonsumsi obat batuk. Namun Anda perlu waspada jika batuk terjadi tanpa penyebab sama sekali, dan batuk terjadi terus menerus dalam waktu yang lama. Karena bisa jadi batuk yang Anda alami merupakan ciri dari kanker paru. Apalagi jika batuk disertai dahak yang tidak wajar bahkan hingga berdarah. meskipun hal tersebut juga bisa menandakan penyakit TBC. Hanya saja perbedaan kanker paru dan TBC masih bisa dilihat jika diperiksa oleh tim medis.

3. Berat Badan Menurun

Orang yang menderita penyakit kanker biasanya selalu mengalami penurunan berat badan yang tidak wajar. Penurunan berat badan berlangsung cepat meskipun kita tidak sedang melakukan diet. Kondisi tersebut disebabkan berkurangnya nafsu makan sehingga nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tidak mencukupi kebutuhan harian. Ditambah lagi sel kanker yang ganas akan terus menggerogoti sel tubuh yang sehat sehingga berpengaruh pada massa tubuh yang semakin menyusut.

Sponsors Link

4. Sulit Menelan

Jika sel kanker pada paru-paru menyebar sangat cepat, maka sel kanker juga akan menyerang bagian tenggorokan sehingga membuat penderitanya mengalami kesulitan saat menelan makanan. Apalagi jika kanker tersebut juga membentuk benjolan di leher, maka rasa sakit akan semakin bertambah parah. Sulit menelan dan rasa sakit pada leher yang terjadi dalam waktu singkat mungkin hanya merupakan radang tenggorokan saja. Namun jika terjadi dalam jangka waktu yang lama dan semakin parah maka bisa menjadi ciri kanker paru yang semestinya diwaspadai.

5. Demam

Penderita kanker paru-paru juga kerap merasakan demam, dan demam ini dapat terjadi tanpa ada penyebab apapun. Bahkan kondisinya bisa semakin parah jika penderita merasa menggigil. Demam terjadi karena adanya peradangan pada organ paru-paru sehingga tubuh bereaksi untuk mengatasinya dan muncullah demam. Jangan sepelekan demam yang terjadi lebih dari seminggu karena jika dibiarkan dapat menyebabkan kondisi kesehatan semakin memburuk.

Nah, itulah ciri-ciri kanker paru-paru stadium 1 yang sangat mudah dikenali. Agar kita dapat terhindar dari penyakit kanker, sebaiknya rutin mengkonsumsi makanan sehari-hari pencegah kanker yang terbukti ampuh. Ditambah olahraga dan menjalani pola hidup sehat maka tubuh akan selalu sehat dan kuat serta terhindat dari berbagai jenis penyakit.

, ,
Post Date: Tuesday 07th, November 2017 / 06:28 Oleh :
Kategori : Kanker Paru Paru