8 Ciri ciri Kanker Paru paru Pada Anak Wajib Diwaspadai

Kanker paru-paru adalah salah satu jenis kanker ganas yang cukup ditakuti oleh masyarakat. Disamping kanker payudara, kanker serviks, dan juga kanker prostat, kanker paru-paru juga berkontribusi terhadap sejumlah kematian masyarakat di Indonesia dan bahkan dunia. Sebagian besar kasus kanker paru-paru diakibatkan oleh adanya penumpukan zat karsinogenik (zat yang dapat memicu kanker) di dalam tubuh. (Baca juga : Manfaat Daun Kelor Untuk Kanker , Makanan yang Dapat Menyebabkan Kanker)

Sponsors Link

Zat karsinogenik yang menyebabkan kanker paru-paru ini sebagian besar berasal dari perilaku merokok dan sebagian kecilnya berasal dari limbah udara lain (seperti asbes, arsen, nikel, kromat, radiasi, dll) yang terakumulasi dalam jangka waktu lama. Oleh karenanya kasus kanker paru-paru ini lebih banyak terjadi pada kaum pria dibandingkan dengan wanita, karena perilaku merokok lebih banyak dilakukan oleh kaum pria. (Baca juga : Manfaat Daun Dewa Untuk Kanker , Gejala Kanker Tenggorokan Akibat Merokok )

Karena penyakit ini sangat erat kaitannya dengan perilaku merokok, maka baik perokok aktif maupun perokok pasif memiliki peluang yang sama untuk terserang penyakit ini. Perokok aktif (mereka yang merokok) sudah sangat jelas risikonya untuk terkena kanker paru-paru akibat rokok yang dihisapnya. Namun perokok pasif pun kabarnya memiliki peluang yang sama untuk terkena dampak bahaya dari perokok aktif. Perokok pasif adalah orang yang tidak merokok namun sering menghirup asap rokok dari perokok aktif. Asap yang terhirup oleh perokok pasif dapat menjalar hingga ke paru-parunya dan jika dibiarkan dalam jangka waktu lama bukan tidak mungkin asap tersebut akan memicu pertumbuhan sel kanker. (Baca juga : Bahaya Kanker Darah , Cara Mengobati Kanker Paru Paru)

Penyakit berbahaya sekelas kanker paru-paru sebenarnya dapat menyerang siapapun dengan segala batasan usia baik dewasa, remaja, atau bahkan anak-anak. Di usia rentan seperti anak-anak tentunya kanker ini sangatlah berbahaya dan dapat mengancam jiwa. Namun seringkali anak-anak tidak menyadari adanya penyakit ini. Jika demikian, orang tua ataupun orang lain di sekitarnya harus memperhatikan apakah anak-anak mengalami beberapa Ciri ciri Kanker Paru paru Pada Anak : (Baca juga : Bahaya Kanker Kulit)

  1. Batuk yang Tak Kunjung Sembuh

Sebenarnya batuk tergolong sakit biasa yang bisa menyerang siapa saja. Penyebabnya pun beragam seperti kondisi tubuh yang sedang kurang fit, mengkonsumsi makanan berminyak dengan berlebihan, konsumsi makanan yang mengandung banyak MSG, dll. Batuk yang biasa akan dapat sembuh dalam hitungan hari saja, dengan atau tanpa mengkonsumsi obat batuk. Namun perlu diwaspadai jika anak-anak mengalami batuk yang berkepanjangan dan tak kunjung sembuh dalam kurun waktu lebih dari 2 minggu karena kondisi yang demikian bisa menjadi sinyal adanya kanker pada paru-paru. Terlebih jika terdapat bercak darah disaat anak sedang batuk karena hal ini bisa mengindikasikan bahwa kanker paru pada anak sudah cukup serius. (Baca juga : Kanker Paru-paru , Tanda Tanda Kanker Tenggorokan)

  1. Sakit Dada Ketika Batuk atau Tertawa

Selain batuk yang berkepanjangan dan tak kunjung sembuh, anak-anak yang menderita kanker paru-paru biasanya akan mengalami rasa sakit pada dadanya ketika batuk atau bahkan tertawa. Hal ini disebabkan karena sel-sel kanker yang terdapat di dalam paru-paru mereka. Tak jarang rasa sakit yang dialami cukup menyiksa ketika kanker ini sudah berada pada tahapan yang serius. (Baca juga : Pencegahan Kanker Paru-paru , Radioterapi Kanker Payudara)

Sponsors Link

  1. Berat Badan Turun Tanpa Sebab yang Jelas

Salah satu ciri dari kanker paru-paru yang paling terlihat adalah penurunan berat badan yang signifikan. Penurunan berat badan ini juga dialami oleh anak-anak yang menderita kanker paru-paru. Seringkali kondisi ini terjadi tanpa sebab yang jelas. Jika kanker paru-paru sudah berada pada stadium yang cukup tinggi, tubuh penderita biasanya akan terlihat sangat kurus. Mensiasatinya dengan memberikan tambahan makanan pada anak pun biasanya tak cukup berhasil untuk menambah berat badannya karena bersamaan dengan penurunan berat badan biasanya anak pun menjadi tidak nafsu makan. (Baca juga : Tanda-tanda Kanker Paru-paru , Kanker Serviks)

  1. Gangguan Pernapasan yang Sering dan Berulang

Paru-paru adalah salah satu organ yang sangat penting dalam mendukung sistem pernapasan tubuh. Karenanya jika paru-paru terganggu oleh hadirnya sel kanker maka pernapasan pun akan menjadi terganggu. Beberapa gangguan pernapasan yang kerap terjadi pada anak-anak yang menderita kanker paru diantaranya adalah sesak napas seperti orang asma, serta napas yang pendek dan tersengal-sengal. Gangguan pernapasan ini biasanya terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama sehingga akan membuat anak-anak menjadi sangat tidak nyaman. (Baca juga : Gejala Kanker Paru-paru Stadium 1 , Kanker Payudara)

  1. Pembengkakan Pada Leher dan Wajah

Ciri-ciri kanker paru pada anak berikutnya yang cukup terlihat selain penurunan berat badan adalah adanya pembengkakan pada bagian leher dan wajah. Apabila pembengkakan pada kedua bagian tubuh ini juga disertai dengan rasa sakit dan lemah terutama pada kaki dan tangan serta rasa nyeri pada dada, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter karena kondisi ini merupakan sinyal kuat adanya kanker paru pada anak. Pembengkakan pada leher dan wajah ini bisa menjadi semakin besar bila kanker paru tidak segera ditangani. (Baca juga : Gejala Kanker Paru-paru Stadium 4 , Biopsi Kanker Nasofaring)

  1. Lemas dan Lesu

Sel-sel kanker yang berkembang pada organ paru-paru akan membuat seorang anak menjadi lemas, lesu, dan kurang bersemangat dalam menjalani aktivitas. Karenanya jika ada seorang anak yang mengalami gejala ini dalam waktu yang berkepanjangan waspadailah, karena bisa jadi ia sedang mengidap kanker paru-paru. (Baca juga : Pengobatan Kanker Paru-paru , Gejala Kanker Paru-paru)

Sponsors Link

  1. Pneumonia

Pneumonia adalah peradangan atau infeksi yang terjadi pada salah satu atau kedua bagian paru-paru. Peradangan ini dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, ataupun jamur. Infeksi pneumonia bisa terjadi pada siapapun termasuk pada anak-anak. Pneumonia ditandai dengan batuk, rasa sakit pada dada, dan napas yang pendek. Mulailah untuk mewaspadai pneumonia karena ternyata infeksi ini dapat menjadi salah satu indikasi adanya kanker pada paru-paru. (Baca juga : Gejala Kanker Paru-paru dan Cara Pencegahannya , Pengobatan Kanker Paru-paru)

  1. Infeksi yang berulang

Seorang anak yang terserang kanker paru-paru imunitasnya akan menurun karena sel-sel kanker yang menggerogoti organ pernapasannya tersebut. Akibat dari itu maka ia seringkali mengalami infeksi yang berulang pada organ paru-parunya. Infeksi yang dapat terjadi pada seorang anak penderita kanker paru diantaranya adalah pneumonia dan bronchitis. Karenanya jika seorang anak tengah mengalami gangguan pada paru-paru, biasanya dokter akan menginstruksikan untuk melakukan rontgen terhadap pasien, agar infeksi apapun yang sedang menyerang sang anak dapat terdeteksi lebih dini sehingga pengobatan pun dapat segera dilakukan. (Baca juga : Cara Melakukan Pencegahan Kanker Paru-paru , Penyebab Kanker Paru-paru)

Salah satu atau beberapa ciri dari kanker paru tersebut sangat mungkin dialami oleh seorang anak yang sedang mengidap penyakit berbahaya ini. Jika kerabat terdekat Anda mengalami ciri-cirinya, segeralah berkonsultasi dengan dokter karena penyakit ini termasuk penyakit ganas yang dapat menyerang siapa saja termasuk anak-anak secara tiba-tiba. Apabila kanker paru pada anak ditemukan lebih dini maka pengobatan pun akan dapat segera dilakukan, sehingga kemungkinan untuk sembuh juga lebih besar. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

 

, , , , , , , , ,
Post Date: Friday 17th, March 2017 / 16:44 Oleh :
Kategori : Kanker Paru Paru