10 Ciri-ciri Kanker Paru-paru Basah yang Penting Diwaspadai

Kanker paru-paru dan paru-paru basah sama-sama merupakan penyakit yang menyerang organ paru, sehingga penderitanya akan mengalami gangguan pernapasan hingga sesak di bagian dada. Kedua penyakit tersebut bisa saja saling keterkaitan, dimana sel kanker pada paru-paru dapat menyebabkan penyakit paru-paru basah. Kondisi tersebut membuat penderitanya akan mengalami kondisi yang semakin buruk. Kanker paru paru sendiri termasuk jenis kanker yang paling mematikan di dunia, dimana gejala awal kanker paru-paru sering tidak terdeteksi. Ya, gejala kanker paru-paru stadium 1 memang sering tidak muncul sama sekali. Sementara saat sudah memasuki stadium lanjut, gejala kanker paru-paru stadium 4 sudah menunjukkan kondisi yang sangat parah.

Sponsors Link

Penyebab kanker paru-paru lebih sering dikaitkan dengan kebiasaan merokok dan paparan polusi, serta kebiasaan minum minuman beralkohol. Penyebab tersebut tentunya akan memicu terjadinya gejala kanker paru-paru secara bertahap hingga kondisi semakin memburuk. Nah, berikut ini merupakan ciri-ciri atau gejala kanker paru-paru basah yang sangat penting diketahui agar kita bisa lebih waspada.

1. Mengalami Penurunan Nafsu Makan

Adakalanya memang kita akan mengalami penurunan nafsu makan akibat terlalu lelah atau kondisi lainnya. Namun kondisi tersebut sangat wajar terjadi jika hanya berlangsung sesaat dan tidak berulang kali. Lain halnya jika penurunan nafsu makan terjadi setiap saat sehingga tubuh mengalami defisiensi nutrisi, maka hal ini tidak boleh dibiarkan karena bisa jadi merupakan ciri adanya kanker paru-paru basah.

2. Mengalami Sesak Napas

Sesak napas juga kerap dirasakan penderita kanker paru-paru basah, karena sel kanker yang terus menggerogoti paru-paru akan menimbulkan gangguan pada sistem pernapasan. Hal ini membuat dada sangat sakit hingga kesulitan dalam bernapas. Kondisi ini akan membuat si penderita mengalami kekurangan oksigen dan mempengaruhi fungsi berbagai organ dalam tubuh.

3. Berat Badan Berkurang Drastis

Kanker paru-paru basah juga dapat membuat penderitanya kehilangan berat badan yang cukup drastis dalam waktu singkat. Apalagi jika nafsu makan sangat menurun, tentu asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh tidak dapat terpenuhi dan akan berpengaruh terhadap kondisi tubuh penderita kanker. Jadi tidak heran bila penderita kanker paru-paru basah memiliki tubuh yang tiba-tiba menjadi sangat kurus.

4. Tangan dan Kaki Berkeringat serta Dingin

Satu lagi gejala yang sering dirasakan penderita kanker paru-paru basah yaitu telapan tangan dan kakinya yang sangat sering basah karena berkeringat, juga tak jarang menjadi sangat dingin. Kondisi ini dapat berlangsung setiap hari dimana keringat tetap keluar dan menyebabkan tangan dan kaki menjadi sangat dingin.

5. Batuk Mengeluarkan Dahak

Kanker paru-paru basah juga kerap ditandai dengan adanya batuk, yang keseringan mengeluarkan dahak yang sangat banyak. Meskipun ada juga kasus dimana batuk yang diderita adalah batuk kering. Dahak pada batuk ini sedikit berbeda dengan dahak batuk biasa dengan jumlah yang lebih banyak.

6. Batuk Disertai Darah

Batuk yang dialami juga kerap mengeluarkan darah, akibat saluran pernapasan dan paru-paru mengalami peradangan akibat sel kanker. Peradangan tersebut kemudian mengeluarkan darah yang akhirnya tercampur dahak saat batuk dan dapat ikut keluar dari mulut.

7. Nyeri Dada

Tentu saja penderita kanker paru-paru basah akan mengalami nyeri pada dadanya, terutama jika penyakit semakin parah dan disertai batuk hebat. Nyeri ini terjadi karena dada semakin sesak dan sel kanker semakin berkembang sehingga mulai mengganggu sel-sel sehat.

Sponsors Link

8. Tubuh Lemas dan Mudah Lelah

Penyakit satu ini memang dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas karena kerusakan sel yang ditimbulkan dan tidak terukupinya nutrisi yang diperlukan tubuh. Akibatnya tubuh menjadi mudah lelah dan tidak mampu melakukan aktivitas berat seperti orang normal. Bahkan hanya untuk membereskan kamar dan berjalan ke pasar sudah membuat sangat lelah para penderita kanker ganas tersebut.

9. Demam dan Sering Berkeringat di Malam Hari

Penyakit kanker paru-paru basah juga menyebabkan penderitanya mengalami demam, dan sering berkeringat saat di malam hari. Kondisi ini membuat kesehatan penderita tidak stabil sehingga membutuhkan penanganan secepat mungkin. Keluarnya keringat bahkan terjadi saat udara sedang dingin yang semestinya kita tidak akan berkeringat sama sekali.

10. Mual dan Muntah

Kondisi mual yang terjadi pada seseorang terutama jika ia mengalami keluhan rasa sakit pada dadanya sebaiknya tidak boleh diabaikan. Penderita kanker paru-paru basah akan sering mengalami mual hingga muntah karena kanker pada paru-paru akan menyebar dan mulai mengganggu sistem pencernaan. Tanda-tanda kanker paru-paru ini mungkin dapat menyebabkan salah diagnosis dan dianggap sebagai penyakit biasa seperti masuk angin dan gejala magh.

Nah, itulah ciri-ciri kanker paru-paru basah yang mungkin belum banyak diketahui orang lain. Sangat penting untuk mengetahui cirinya agar dapat memberikan pertolongan jika seseorang mengalami penyakit tersebut. Selain itu penting juga mengkonsumsi makanan untuk penderita kanker paru-paru yang kaya nutrisi dan dapat membantu proses pemulihan si penderita. Pengobatan kanker paru-paru secara alami pun dapat dilakukan bila tidak ingin melakukannya secara medis.

, , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.