6 Akibat Kanker Paru-paru Paling Sering Terjadi

Penyakit kanker paru-paru sering terjadi kasusnya di Indonesia dan kebanyakan penderitanya adalah laki-laki. Penyakit ini sangat berbahaya karena kebanyakan orang yang mengalaminya akan meninggal dunia. Gejala kanker paru-paru cukup banyak, namun yang paling sering terjadi adalah batuk yang terjadi terus menerus disertai rasa nyeri di dada. Kanker paru-paru muncul karena adanya penyebab kanker paru-paru yaitu senyawa karsinogen yang masuk sehingga membuat sel organ paru mengalami gangguan hingga aktivitasnya tidak terkendali. Salah satu senyawa karsinogen yang dimaksud adalah asap rokok atau asap tembakau.

Sponsors Link

Tanda-tanda kanker paru-paru biasanya dapat dilihat dari kondisi tubuh yang semakin menurun, sehingga kanker paru-paru harus segera diatasi untuk mendapat kesembuhan. Kanker ini dapat menyerang siapa saja, bahkan anak-anak pun bisa mengalaminya meskipun kebanyakan penderitanya adalah pria dewasa. Meskipun pada tahap awal jarang terdeteksi penyakit ini tetap memiliki gejala yang bisa diamati. Adapun akibat dari kanker paru-paru terhadap kesehatan tubuh antara lain sebagai berikut.

Akibat Kanker Paru-paru

1. Batuk Berkelanjutan dan Berdarah

Penyakit yang menyerang organ paru memang sering menyebabkan batuk, termasuk kanker paru. Namun batuk yang terjadi tidak segera hilang, justru semakin parah dari waktu ke waktu. Meski telah meminum obat penyakit ini akan terus dirasakan, bahkan setelah menjadi semakin parah batuk akan disertai darah. Hal ini dikarenakan sel kanker terus berkembang hingga menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan dan menyebabkan keluarnya darah.

2. Nyeri Dada dan Sesak Napas

Kanker paru-paru akan terus menggerogoti organ tersebut hingga mengalami gangguan fungsi, sehingga penderita kanker paru-paru sering mengakibatkan sesak napas. Napas menjadi berat karena paru-paru tidak dapat berfungsi dengan baik dalam menghirup oksigen. Selain itu akan timbul nyeri dada yang tak kunjung hilang yang menandakan sel kanker sudah semakin luas persebarannya.

3. Kelelahan

Orang yang mengalami penyakit kanker paru-paru tentu akan mengalami kelelahan, dan semakin lama tubuhnya pun semakin lemah. Hal ini dikarenakan sel kanker terus menggerogoti paru-paru hingga menyebar ke bagian tubuh yang lain. Akibat yang paling buruk dari kanker adalah selnya mampu membuat jalur makanannya sendiri sehingga tubuh kekurangan nutrisi karena diserap sel kanker.

4. Tubuh yang Kehilangan Berat Badan

Seiring meluasnya persebaran sel kanker pada paru-paru maka tubuh pun akan kehilangan berat badan hingga menjadi sangat kurus. Kondisi ini terjadi akibat kanker telah menghilangkan nafsu makan dan menyerap nutrisi yang seharusnya diserap oleh tubuh sehingga tubuh mengalami defisiensi nutrisi. Jika terus berlanjut kondisi tubuh penderita akan semakin menurun sehingga sulit untuk disembuhkan.

5. Pusing yang Tidak Kunjung Sembuh

Kanker paru-paru membuat proses masuknya oksigen ke dalam tubuh menjadi terganggu. Paru-paru tidak mampu berfungsi dengan baik dalam melakukan pernapasan sehingga tubuh dapat mengalami kekurangan oksigen. Hal ini dapat berdampak fatal terhadap otak yang membutuhkan oksigen untuk bisa befungsi dengan baik. Akibat dari oksigen yang berkurang kepala pun terasa pusing dan tidak sembuh-sembuh meski telah meminum obat.

6. Nyeri Pada Tulang

Sel kanker paru-paru yang telah menyebar tidak menutup kemungkinan akan bermetastasis ke tulang sehingga menyebabkan nyeri pada tulang. Bahkan tidak jarang kanker paru-paru menyebabkan kanker sumsum tulang belakang sehingga dapat menimbulkan nyeri yang hebat pada area punggung. Anda harus waspada jika ini terjadi terutama jika tidak memiliki riwayat penyakit apapun pada tulang.

Demikianlah akibat kanker paru-paru yang sering terjadi. Semoga dengan mengetahui akibat tersebut kita bisa lebih peduli dengan kesehatan dan dapat menghindari penyebab kanker paru-paru. Dengan begitu kita bisa mencegah penyakit tersebut menyerang kita.

 

, ,