Hati-Hati! Ini 7 Tanda Kanker Pankreas Paling Umum Terjadi

kanker pankreas merupakan salah satu penyakit kanker yang disebabkan karena adanya pertumbuhan tumor atau sel kanker pada bagian pankreas. Pankreas sendiri merupakan salah satu bagian yang ada dalam sistem pencernaan, dimana memiliki fungsi untuk memproduksi enzim pencernaan untuk menguraikan makanan agar dapat diserap oleh tubuh. Tidak hanya itu, pankreas juga berfungsi dalam produksi insulin yang berperan penting dalam menjaga kestabilan kadar gula darah didalam tubuh.

Sponsors Link

Oleh sebab itu, kanker pankreas juga menjadi momok yang menakutkan, selain karena penyebab kanker pankreas dan penyebaran kanker pankreas yang diketahui lebih cepat dibanding dengan jenis kanker yang bisa disembuhkan. Terlebih lagi, gejala kanker pankreas sulit diketahui pada masa awal sebelum berkembang. Oleh sebab itu, berikut ini akan di ulas mengenai tanda kanker pankreas yang wajib anda waspadai jika terjadi didalam tubuh anda. Apa saja tanda tersebut? berikut beberapa diantaranya:

  1. Penyakit Kuning

Tanda yang pertama adalah penderita biasanya akan terjangkit oleh penyakit kanker kuning,dimana tanda ini biasanya muncul saat kelenjar eksokrin terserang kanker. Jadi pankreas sebenarnya memiliki dua jenis jaringan kelenjar yang memiliki peran penting bagi tubuh. Kedua nya adalah kelenjar eksotrin yang berperan dalam memproduksi enzim pencernaan, dan kelenjar endoktrin yang berperan dalam memproduksi hormon, seperti insulin. Dari kedua kelenjar tersebut, kelenjar eksokrim lah yang menjadi kelenjar pankreas yang sering diserang oleh sel kanker. Disinilah gejala penyakit kuning  biasanya akan muncul, karena biasanya kanker pankreas memang sulit di deteksi atau bahkan tidak memiliki tanda-tanda jika masih di tahap awal.

Mengapa penyakit kuning? Karena pankreas sendiri berdekatan dengan organ empedu, sehingga ketika sel kanker menyerang maka berkemungkinan juga mengganggu kinerja empedu yang berperan dalam membuang zat bilirubin. Ketika zat bilirubin tidak terbuang dengan sempurna maka penderita akan mengalami penyakit kuning, seperti warna putih mata dan kulit yang menjadi menguning, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, penyakit kuning juga menjadi salah satu tanda yang akan muncul saat seseorang mengalami kanker pankreas.

  1. Penurunan Berat Badan

Tanda yang selanjutnya merupakan tanda umum dari adanya penyakit kanker, yaitu penurunan berat badan. Mengapa penurunan berat badan menjadi tanda umum dari penyakit kanker? Hal ini disebabkan karena adanya berbagai macam faktor yang dapat menyebabkan penurunan berat badan akan dialami oleh penderita kanker, seperti disebabkan karena pengobatan kanker yang menyebabkan penderita sering mual dan muntah, maupun karna sel-sel kanker yang menyebabkan perut tertekan dan kesulitan dalam makan, dan lain sebagainya. Bagi penyakit kanker pankreas sendiri, penurunan berat badan dapat disebabkan karena adanya tubuh yang menjadi sulit untuk memproses nutrisi dari makanan, karena pankreas tidak dapat memproduksi enzim pencernaan secara sempurna sehingga penyerapan nutrisi oleh tubuh menjadi tidak sempurna pula. Kondisi inilah yang juga menjadi faktor penurunan berat badan oleh penderita kanker pankreas.

  1. Perut Membuncit

Perut yang tiba-tiba membuncit dengan cepat dan tiba-tiba juga dapat menjadi salah satu tanda adanya perkembangan sel kanker pada pankreas. Terutama saat perut terasa kembung dan membesar secara terus menerus dalam rentang waktu yang lama, maka anda juga perlu waspada akan kanker pankreas didalam tubuh anda.

  1. Tubuh Gatal-Gatal

Masih sama dengan penyakit kuning, letak pankreas yang berdekatan dengan empedu juga dapat menimbulkan tubuh gatal-gatal saat sel kanker berkembang pada pankreas. Mengapa demikian? Karena sel kanker yang mengganggu kinerja pankreas dan empedu menyebabkan protein dan bilirubin sulit untuk disekresikan, sehingga menyebabkan zat-zat tersebut berkumpul dibawah lapisan kulit yang akhirnya memicu tubuh menjadi gatal-gatal.

  1. Sakit Punggung

Kanker pankreas juga memiliki kemungkinan untuk mengganggu hingga menekan otot didaerah punggung bagian bawah, sehingga menyebabkan penderita dapat mengalami sakit punggung. Ketika sel-sel kanker semakin berkembang dan membesar maka juga akan menyebabkan rasa sakit punggung menjadi lebih dirasakan lagi atau lebih sakit lagi dibanding sebelum sel-sel kanker berkembang.

Sponsors Link

  1. Urine Menjadi Keruh

Urine yang keruh memang biasanya menjadi pertanda bahwa tubuh anda sedang mengalami dehidrasi. Namun tahu kah anda bahwa urine yang berubah menjadi keruh juga dapat menjadi suatu pertanda bahwa terdapat sel-sel kanker yang berkembang di organ pankreas anda? Hal ini disebabkan juga karena masih berkaitan dengan kinerja pankreas dan empedu yang terganggu, sehingga zat-zat yang tidak tersekresi dengan sempurna juga dapat dikeluarkan secara tidak sempurna pula, salah satunya adalah dengan kondisi urin yang menjadi keruh gelap dan juga kecoklatan.

  1. Nyeri

Pankreas yang ada dibagian perut anda juga dapat menyebabkan rasa nyeri pada perut yang tidak tertahankan. Hal ini disebabkan karena tumor yang tumbuh dan berkembang dengan cepat yang kemudian menekan saraf-saraf yang ada di perut anda, sehingga timbul rasa nyeri di perut penderita kanker pankreas.

Itulah dia beberapa tanda kanker pankreas yang wajib diwaspadai jika anda mengalami salah satu atau beberapa diantaranya. Periksalah atau konsultasi dengan dokter jika kondisi tersebut terjadi.

, , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.