5 Pengobatan Kanker Pankreas Stadium 4 Paling Ampuh

Pankreas merupakan salah satu organ di dalam tubuh yang merupakan bagian dari sistem pencernaan manusia. Organ ini memiliki panjang sekitar 18 cm, letaknya berada pada perut atas, memanjang ke arah kiri, dan bagian kepalanya tampak menempel dengan usus 12 jari atau duodenum. Sebagai salah satu organ yang mendukung sistem pencernaan manusia, pankreas memiliki dua fungsi utama yaitu untuk menghasilkan berbagai enzim pencernaan (fungsi eksokrin) dan menghasilkan hormon pencernaan (fungsi endokrin) yang berguna untuk menghancurkan makanan di dalam perut. (Baca juga: Ciri-ciri Kanker Otak Stadium 4 , Biopsi Kanker Usus Besar)

Sponsors Link

Walaupun memiliki fungsi yang penting di dalam tubuh, organ pankreas tak luput dari berbagai gangguan dan penyakit. Salah satunya yang berbahaya adalah kanker pankreas. Seperti jenis kanker yang menyerang organ tubuh lainnya, kanker yang menyerang pankreas pun memperlihatkan tanda yang sama, yaitu berkembangnya sel-sel abnormal pada organ pankreas. Sel-sel abnormal ini tentunya mampu membuat pankreas menjadi tidak optimal lagi dalam menjalankan fungsinya. (Baca juga: Manfaat Daun Dewa Untuk Kanker , Gejala Kanker Pankreas)

Tingkat keparahan penyakit kanker pankreas ini sama seperti kanker lainnya, dibagi ke dalam 4 stadium, mulai dari stadium 1 yaitu stadium yang paling awal hingga stadium 4 yang merupakan stadium paling parah. Ketika kanker pankreas masih berada pada stadium awal, sebagian besar penderitanya tidak mengalami gejala yang mengganggu. Adapun yang sudah mengalami gejalanya, namun mereka tidak menyadari bahwa gejala tersebut sebenarnya merupakan gejala dari kanker pankreas. Padahal stadium awal ini merupakan kesempatan terbaik bagi para penderita untuk menjalani berbagai pengobatan dan perawatan agar kanker pankreas dapat sembuh total. (Baca juga: Bahaya Kanker Darah , Gejala Kanker Darah Stadium 2)

Disaat kanker sudah memasuki tahapan stadium akhir yaitu stadium 4, barulah penderita mengalami berbagai gejala yang semakin mengganggu. Dan pada masa inilah biasanya penderita mulai berkonsultasi dengan dokter untuk menyembuhkan penyakit berbahaya ini. Sayangnya, stadium akhir ini bukanlah waktu terbaik bagi mereka untuk dapat menyembuhkan kanker pankreas secara total. Meski demikian, berbagai langkah pengobatan kanker pankreas stadium 4 dan perawatan tetap dapat dilakukan untuk memperpanjang masa hidup penderita kanker pankreas. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan:

(Baca juga: Bahaya Kanker Kulit , Cara Pengobatan Kanker Hati Stadium 4)

  1. Operasi Whipple

Operasi whipple merupakan operasi yang dilakukan untuk mengangkat bagian kepala dari organ pankreas. Operasi jenis ini terbilang banyak dilakukan oleh dokter untuk kasus kanker pankreas. Selain mengangkat kepala pankreas, dalam operasi ini juga biasanya dilakukan pengangkatan sebagian usus kecil, kandung empedu, dan beberapa bagian dari saluran empedu. Kemudian sisa dari organ pankreas, perut, dan juga usus akan dihubungkan oleh dokter agar sistem pencernaan makanan dapat tetap berjalan. (Baca juga: Tanda Kanker Rahim Stadium Awal , Gejala Umum Kanker Empedu)

ads
  1. Operasi Pancreatectomy Total

Sesuai dengan namanya, pada operasi pancreatectomy total ini dilakukan pengangkatan seluruh pankreas dan beberapa organ lainnya seperti limpa, sebagian usus kecil, saluran empedu, kelenjar getah bening sekitar pankreas, serta sebagian lambung. Namun operasi ini memberikan dampak yang cukup berpengaruh kepada penderita salah satunya penderita akan terserang diabetes akibat tidak ada lagi insulin yang diproduksi oleh pankreas. (Baca juga: 16 Gejala Ciri-ciri Kanker Otak , Penyebab Kanker Empedu)

  1. Operasi Pancreatectomy Distal

Bagian tubuh dan/atau ekor pankreas diangkat pada operasi ini. Selain itu sebagian lambung, usus besar, ginjal sebelah kiri, dan kelenjar adrenal bagian kiri juga ikut diangkat. (Baca juga: Stadium Kanker Otak dan Gejala Lengkapnya , Operasi Kanker Payudara)

Operasi seringkali dijadikan jalan keluar bagi sebagian besar penderita kanker termasuk kanker pankreas. Namun kenyataannya, tidak semua penderita kanker memungkinkan untuk dilakukan operasi. Dokter harus mempertimbangkan beberapa faktor seperti usia penderita, kondisi kesehatan penderita secara menyeluruh, sebaran kanker di dalam tubuh penderita, dan beberapa hal lainnya. Terlebih untuk penderita kanker pankreas stadium 4. Stadium akhir dalam perjalanan penyakit ini menandakan bahwa sel kanker sudah menyebar luas ke organ-organ lain yang bahkan berada jauh dari pankreas seperti hati, paru-paru, lapisan yang mengelilingi organ perut, dan kemungkinan pada organ lainnya. (Baca juga: Cara Mencegah Kanker Payudara , Radioterapi Kanker Payudara)

Tindakan operasi biasanya sudah tidak memungkinkan lagi untuk dilakukan sebagai langkah terbaik bagi penderita kanker pankreas stadium 4. Hal ini dikarenakan sebaran sel kanker sudah menjalar ke organ tubuh lainnya sehingga operasi sulit untuk dilakukan. Secara ilmu kedokteran pun, kemungkinan penderita untuk dapat bertahan hidup jika ia sudah berada pada stadium ini hanya sebesar 20% saja. Namun demikian, masih ada beberapa langkah yang dapat ditempuh untuk dapat memperpanjang masa hidup penderita. (Baca juga: Penyebab Kanker Pankreas)

  1. Kemoterapi

Kemoterapi merupakan langkah pengobatan dan perawatan bagi penderita kanker yang berguna untuk membunuh sel-sel kanker ganas sekaligus mencegah pertumbuhannya di dalam tubuh. Beberapa jenis operasi yang telah disebutkan sebelumnya ataupun jenis operasi lain mungkin saja masih bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit pada beberapa organ tubuh penderita kanker pankreas stadium 4 ini, asalkan kondisi penderita masih memungkinkan untuk dioperasi. Namun disamping operasi, kemoterapi dinilai sebagai langkah yang cukup membantu memperpanjang kesempatan penderita untuk hidup ketika kanker pankreas berada pada tahapan yang sangat serius. (Baca juga: Gejala Awal Kanker Lambung , Kemoterapi Kanker Darah)

Dalam prosesnya, kemoterapi memanfaatkan berbagai obat-obatan untuk membunuh sel-sel kanker yang ganas di dalam tubuh. Kemoterapi ini dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain dengan menyuntikkan obat-obatan ke pembuluh darah, mengkonsumsi obat-obatan secara langsung, ataupun dengan kemoradiasi (terapi radiasi). Untuk kanker pankreas yang telah menyebar ke luar organ ini biasanya kemoterapi yang dilakukan berupa kemoradiasi. Namun kemoradiasi tidak dapat menjangkau organ tubuh yang terlalu jauh dari organ utama yang terkena kanker. (Baca juga: Ciri-ciri Kanker Lambung Stadium Awal , Cara Mengobati Kanker Paru Paru)

Kemoterapi bisa menjadi solusi bagi penderita kanker yang tidak dapat menjalani operasi dikarenakan berbagai alasan medis, namun bisa juga menjadi pengobatan pendukung disamping operasi. Selain itu kemoterapi juga dapat mencegah kekambuhan pada penderita yang telah menjalani operasi. (Baca juga: Penyebab Kanker Lambung dan Gejalanya)

Meskipun kemoterapi adalah langkah terbaik bagi penderita kanker pankreas stadium 4, namun tindakan ini tidaklah bebas dari efek samping. Mereka yang menjalani kemoterapi biasanya akan mengalami berbagai efek samping seperti mual, muntah, pusing, berkurangnya nafsu makan, penurunan berat badan, kerontokan pada sebagian rambut, dan sebagainya. Namun biasanya efek samping ini akan hilang secara bertahap. Selain itu perlu diketahui pula bahwa kemoterapi tidak menjamin kanker pankreas untuk sembuh total, langkah ini dilakukan agar penderita memperoleh kesempatan hidup yang lebih panjang karena kanker sudah dapat dikendalikan pertumbuhannya. (Baca juga: Cara Mencegah Kanker Lambung , Kanker Kelenjar Getah Bening di Leher)

  1. Radioterapi

Radioterapi merupakan langkah pengobatan kanker yang memanfaatkan sinar X untuk membunuh sel-sel kanker pada tubuh. Sinar X yang digunakan pada radioterapi ini memiliki energi yang tinggi sehingga dapat mengendalikan dan memusnahkan sel kanker yang ganas. Radioterapi ini perlu dilakukan beberapa kali untuk mengobati kanker agar sel-sel ganas tersebut dapat terkendali pertumbuhannya. (Baca juga: Kelenjar Getah Bening , Penyebab Kanker Getah Bening Pada Anak)

Sponsors Link

Seperti kemoterapi, radioterapi menjadi alternatif pengobatan bagi penderita kanker yang tidak menempuh jalur operasi. Tetapi radioterapi ini dapat pula dilakukan bersamaan dengan operasi (jika penderita masih mungkin menjalaninya) ataupun bersama kemoterapi. Radioterapi dinilai mampu untuk mengurangi gejala-gejala yang dialami oleh penderita kanker. Selain itu, pengobatan radioterapi yang dilakukan bersamaan dengan kemoterapi dapat untuk memperbaiki kualitas hidup dan memperpanjang harapan hidup penderita. (Baca juga: Bahaya Kanker Kelenjar Getah Bening , Gejala Awal Kanker Getah Bening)

Namun, dibalik efek positif yang ditimbulkan dari pengobatan radioterapi tersebut, efek samping juga tetap akan dirasakan oleh penderita kanker yang menjalani pengobatan dengan teknik ini. Mual, muntah, penurunan berat badan, kelelahan, diare, ruam pada kulit, dan hilangnya nafsu makan adalah beberapa efek samping yang biasanya dialami. Tetapi tak perlu khawatir karena efek samping tersebut akan mereda dalam waktu beberapa minggu setelah pengobatan ini selesai. (Baca juga: Efek Kemoterapi Kanker Getah Bening , Makanan Pencegah Kanker Kelanjar Getah Bening)

Memang tak banyak pilihan bagi penderita kanker pankreas stadium 4 untuk dapat memulihkan kondisi tubuh kembali seperti semula. Namun setidaknya kesempatan hidup mereka dapat diperpanjang dan bukan tidak mungkin dengan pengobatan yang rutin sel kanker akan sangat terkendali pertumbuhannya. Karenanya, menjaga pola hidup agar tetap sehat sangatlah penting, dan jangan lupa pula untuk melakukan medical check up secara berkala.

, , , , , , ,
Post Date: Friday 17th, March 2017 / 16:22 Oleh :
Kategori : Kanker Pankreas