Inilah 8 Menu Makanan Sehat untuk Penderita Kanker Pankreas 

Pankreas memiliki fungsi yang berkaitan dengan sistem pencernaan. Apabila pankreas memiliki masalah maka proses pencernaan akan terganggu. Tugas pankreas adalah menghasilkan enzim dan hormon untuk mencerna makanan yang masuk ke tubuh. Enzim dan hormon yang dihasilkan pankreas ini akan membuat gizi dari makanan terserap dengan baik. Lalu bagaimana dengan orang yang menderita kanker pankreas? Berikut ulasannya!

Sponsors Link

Menu Makanan Sehat untuk Penderita Kanker Pankreas

Kanker pankreas atau pankreatitis adalah kanker yang sulit disembuhkan saat organ pankreas mengalami peradangan. Jika makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak diatur sedemikian rupa bukan tidak mungkin malah akan memperparah terjadinya kanker pankreas. Berikut adalah beberapa menu makanan sehat untuk penderita kanker pankreas, yaitu:

  • Beragam sayur dan buah

Menurut Healthlinem, makanan yang tinggi antioksidan sangat bagus untuk penderita kanker pankreas. World Caner Research Fund International merekomendasikan untuk mengonsumi setidaknya 5 porsi buah dan sayuran bagi penderita kanker pankreas. Buah dengan kandungan antioksidan tinggi adalah buah beri dan jeruk. Sedangkan, sayuran hijau yang memiliki kandungan antioksidan adalah bayam. Namun, sayuran yang dikonsumsi dimasak terlebih dahulu seperti dikukus atau direbus agar pankreas tidak bekerja terlalu keras dan bakteri berbahaya dapat hilang.

  • Protein tanpa lemak

Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, penderita kanker pankreas membutuhkan asupan protein tanpa lemak. Makanan yang mengandung protein tanpa lemak dapat ditemukan pada telur, selai kaxang, tahu, ikan, daging unggas. Selain dapat ditemukan dengan mudah dan tidak sulit untuk dicerna, protein tanpa lemak ini juga membantu dalam perbaikan sel dan jaringan tubuh yang rusak.

  • Karbohidrat kompleks

Makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks yang kaya serat akan tidak bisa meningkatkan kadar gula darah secepat karbohidrat biasa. Selain itu karbohidrat kompleks juga mengandung vitamin B agar kesehatan penderita kanker pankreas dapat terjaga dengan baik. Karbohidrat kompleks ini meningkatkan energi dan bisa ditemukan pada kentang, kacang polong, kacang-kacangan tanpa digoreng, oatmeal, dan beras merah.

  • Teh hijau

Penderita kanker pankreas selain mengonsumsi air putih dna jus buah, juga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi teh hijau. Teh ini mengandung polifenol tinggi yang memiliki sifat antikanker dan bersifat antimikroba. Menurut dr. Karin Wiradarma, selain untuk penderita kanker, teh hijau juga baik bagi penderita penyakit jantung.

  • Lemak sehat

Jenis lemak yang dibutuhkan oleh penderita kanker pankreas adalah lemah sehat dan bukan lemak yang terdapat pada gorengan. Lemak sehat ini berguna untuk meningkatkan energi, mencegah penyebab kanker pankreas dan menjaga suhu tubuh. Sumber lemak sehat tersebut adalah minyak zaitun, kacang-kacangan yang tidak digoreng, dan alpukat.

  • Ubi jalar

Ubi jalar adalah salah satu makanan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, makanan tersebut mengandung efek anti kanker pankreas. Selain ubi jalar, penyu soka, kura-kura, makael, shad, kacang merah, jamur, jujube juga baik untuk penderita kanker pankreas.

  • Kerang

Makanan yang memiliki efek anti kanker juga sangat dianjurkan untuk penderita kanker pankreas. Kerang, hippocampus, bass laut, siput, kenari, bibit gandum, daun bawang, dan pare adalah makanan yang mengandung efek anti kanker.

  • Kacang merah

Selain kacang merah, beberapa makanan lain seperti ikan mas, ubur-ubur, saury, tiram, daging bebek, minyak zaitun, kacang hijau, labu pahit sangat bermanfaat sebagai pengobatan kanker pankreas . Sebab makanan tersebut mengandung makanan anti-infeksi.

Sedangkan makanan yang tidak diperbolehkan karena meningkatkan gejala kanker pankreas adalah makanan beminyak, makan terlalu kenyang, tembakau, alokohol, makanan pedas atau makanan sulit dicerna. Demikian menu makanan sehat untuk penderita kanker pankreas dan semoga bermanfaat.  

, ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.