Apakah Kanker Pankreas Menular? Simak Ulasan Berikut

Pada dasarnya penyakit kanker merupakan jenis penyakit mematikan tetapi tidak menular. Hal ini disebabkan karena kanker sendiri merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya mutasi sel normal menjadi sel abnormal dan berkembang menjadi sel kanker didalam berbagai macam organ tubuh. Penyebab kanker sampai saat ini memang belum diketahui secara jelas, namun penyakit ini bukan penyakit yang disebabkan karena infeksi virus yang dapat menular.

Sponsors Link

Walaupun ada beberapa jenis kanker yang disebabkan karena adanya infeksi virus, seperti infeksi virus hepatitis penyebab kanker hati. Namun sebenarnya yang ditularkan pun bukan sel kankernya tetapi virus penyebabnya. Jadi, penyakit kanker sendiri sebenarnya bukan merupakan suatu penyakit yang menular. Lantas bagaimana dengan kanker pankreas sebagai salah satu jenis kanker yang sulit disembuhkan atau jenis kanker ganas di dunia? Apakah kanker pankreas menular? Berikut ini beberapa penjelasan yang dapat menjawab pertanyaan tersebut.

Kanker Pankreas  

Pankreas termasuk dalam salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi penting dan terletak didalam rongga perut. Fungsi pankreas yang pertama adalah bertugas untuk menghasilkan berbagai macam enzim pencernaan, dimana enzim pencernaan yang dihasilkan pankreas tersebut yang membantu mencerna makanan di dalam tubuh agar dapat diserap oleh tubuh. Sedangkan fungsi lain dari pankreas yang tidak kalah pentingnya adalah bertugas untuk menghasilkan hormon insulin didalam tubuh. Hormon insulin sendiri berfungsi untuk mengatur kadar gula didalam darah, sehingga ketika produksi hormon insulin terganggu maka dapat menyebabkan seseorang mengalami penyakit diabetes atau penyakit gula.

Berbicara mengenai fungsi pankreas yang penting didalam tubuh membuat kanker pankreas menjadi salah satu jenis kanker yang jarang dialami dan memiliki tingkat keganasan yang tinggi. Kanker pankreas sendiri merupakan kondisi dimana terjadinya mutasi sel atau pertumbuhan sel abnormal yang ganas pada pankreas. Namun jika berbicara mengenai penyebab pastinya juga masih sama dengan jenis kanker lainnya yang masih belum diketahui secara pasti. Terlebih lagi peluang dialami baik oleh pria maupun wanita juga sama besarnya.

Walaupun penyebab kanker pankreas ini masih belum di ketahui secara jelas, namun ada dua faktor penyebab yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang terkena penyakit kanker pankreas. Kedua faktor tersebut diantaranya adalah:

  • Rokok

Rokok menjadi faktor terbesar yang memungkinkan seseorang mengalami kanker pankreas, walaupun sebenarnya faktor rokok ini juga berlaku sama pada hampir semua jenis kanker.  Semua jenis racun yang terdapat pada rokok nantinya akan terbawa dalam aliran darah didalam tubuh, kondisi ini yang kemudian dapat memicu pertumbuhan sel abnormal pada pankreas yang menjadi awal mulai dari kanker pankreas.

  • Produksi Insulin atau Diabetes

Faktor yang kedua adalah adanya kondisi dimana produksi insulin didalam tubuh tidak stabil, terutama salat produksi insulin terus meningkat didalam tubuh sehingga dapat menyebabkan ketidak seimbangan sel didalam organ pankreas. Jika kondisi tersebut tidak ditangani secara berlanjut maka insulin tidak akan mampu lagi untuk mengubah gula menjadi energi bagi tubuh, sehingga menyebabkan penyakit diabetes dan meningkatkan risiko kanker pankreas.

Itulah dua faktor yang mampu meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami kanker pankreas. Lantas apakah kanker pankreas menular? Berikut penjelasannya.

Penularan Kanker Pankreas

Setelah memahami apa yang disebut sebagai kanker pankreas dan faktor penyebabnya, maka setidaknya sudah terdapat gambaran sedikit mengenai iya atau tidak kanker pankreas menular. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya pula bahwa penyakit kanker pada dasarnya bukan merupakan suatu penyakit menular, maka kanker pankreas juga termasuk jenis kanker yang sebenarnya tidak menular walaupun disebut sebagai jenis kanker ganas.

Kanker pankreas juga bukan merupakan jenis kanker yang dapat ditularkan melalui darah maupun kontak langsung seperti cara penularan kanker serviks pada wanita, karena sebenarnya kanker pankreas merupakan jenis kanker yang disebabkan karena adanya perubahan sel yang terjadi didalam tubuh sendiri. Baik yang disebabkan oleh kebiasaan tidak sehat dan buruk bagi tubuh seperti merokok, tidak menjaga berat badan dan nutrisi dengan baik, maupun karena kondisi sel nya sendiri didalam tubuh dan lain sebagainya.

Sponsors Link

Kanker pankreas memang merupakan kanker ganas dan sulit disembuhkan, namun hal ini bukan dan tidak berpengaruh pada penularan kanker pankreas. Keganasan pada kanker pankreas disebabkan karena sel kanker yang berkembang lebih cepat didalam pankreas tanpa menimbulkan gejala kanker pankreas. Biasanya penderita kanker pankreas akan mengalami sakit kuning karena organ hati terganggu oleh sel kanker juga, dan juga adanya rasa sakit pada perut hingga ke punggung yang menyebabkan rasa tidak nyaman.

Terlebih lagi posisi dari pankreas yang sulit untuk dijangkau juga menyebabkan gejala yang timbul menjadi melambat, dan biasanya gejala tersebut diketahui saat kanker pankreas sudah memasuki stadium lanjut. Kondisi tersebut juga menyebabkan pilihan pengobatan bagi penderita kanker pankreas menjadi minim, seperti hanya dapat melakukan operasi dan kemoterapi hanya untuk memperbaiki kualitas maupun harapan hidup penderita kanker pankreas.

, , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.