9 Gejala Kanker Ovarium pada Wanita yang Sering Diabaikan

Kanker ovarium termasuk diantara jenis kanker paling mematikan di dunia yang menyerang wanita dan tergolong penyakit berbahaya bila tidak segera ditangani. Beberapa contoh kanker lain seperti kanker serviks, kanker payudara, juga menyerang wanita dan mengakibatkan kematian saat terlambat diatasi. Berdasarkan letak sel kankernya, kanker ovarium merupakan jenis kanker yang tumbuh pada ovarium atau indung telur wanita. Setidaknya, lebih dari 200.000 kasus kanker ovarium yang terjadi pada wanita setiap tahunnya. Hal ini menjadi cambuk bagi para wanita untuk lebih memerhatikan kondisi kesehatannya terutama kondisi ovarium yang ada pada dirinya.

Sponsors Link

Jenis kanker ovarium tidak jauh berbeda dengan kanker paru atau kanker tulang yang dibedakan menjadi beberapa masam. Pada kanker ovarium juga terdiri dari beberapa jenis yaitu tumor epithelial (tumbuh di jaringan pembungkus), tumor stromal (tumbuh di sel penghasil hormon), tumor sel germinal (tumbuh di sel penghasil telur). Ketiganya memiliki tingkat mematikan yang sama, meskipun pada jenis yang pertama yaitu tumor epithelial lebih banyak terjadi. Beberapa gejala awal kanker ovarium pada wanita yang sering diabaikan antara lain adalah sebagai berikut.

1.Sakit Pada Perut

Tidak berbeda dengan jenis kanker yang menyerang organ di bagian perut seperti kanker rahim, kanker lambung, atau kanker usus, kanker ovarium juga menampakan gejala berupa rasa sakit yang muncul di area perut.

2. Perut Merasa Kembung

Perut yang merasa kembung terus-menerus merupakan salah satu gejala kondisi kesehatan yang tidak beres pada organ di dalamnya. Sel kanker yang menyerang ovarium juga bisa membuat seseorang merasakan kembung berkepanjangan.

3. Konstipasi dan Diare

Konstipasi atau sembelit bisa terjadi pada penderita kanker ovarium. Hanya saja, pada penderita kanker ovarium, sembelit atau susah buang air besar ini terjadi di masa-masa awal sel kanker tumbuh di indung telur. Pada kondisi berbeda, terkadang sembelit tidak muncul dan sebaliknya penderita bisa mengalami diare.

4. Pembengkakan

Pembengkakan pada bagian tertentu yang dialami pasien kanker juga muncul pada penderita kanker ovarium. Bila penderita kanker otak atau kanker hati juga mengalami pembengkakan di bagian organ yang diserang sel kanker, pada kanker ovarium pun demikian. seorang wanita yang terindikasi menjadi penderita kanker ovarium akan mengalami pembengkakan yang ditandai dengan semakin besarnya ukuran lingkar perut.

5. Mudah Kenyang

Semakin mudah merasa kenyang adalah tanda kanker ovarium yang sering diabaikan. Padahal, saat itu penderita hanya makan dalam jumlah yang sedikit. Bahkan seringkali penderita mengalami kenyang yang berlebihan saat belum mengonsumsi apapun.

6. Berat Badan Menurun

Berat badan yang menurun secara drastis dan tiba-tiba bisa menjadi tanda tumbuhnya sel kanker dalam tubuh seseorang. Hal ini juga yang dialami penderita kanker rahim, kanker hati, dan jenis kanker lainnya termasuk kanker ovarium. Rata-rata penyakit kanker hampir menunjukan gejala berat badan yang menurun pada penderitanya.

Sponsors Link

7. Sakit Ketika Berhubungan Intim

Merasakan sakit saat berhubungan intim, bukan hanya menjadi gejala kanker serviks, tetapi juga kanker ovarium. Letak mulut vagina yang berdekatan dengan beberapa organ lainnya termasuk ovarium menjadikan penderita kanker ovarium bisa merasakan sakit saat mengalami tekanan di sekitar area tersebut.

8. Nyeri Panggul

Nyeri tidak hanya dirasakan pada bagian perut, tetapi juga pada panggul. Rasa  nyeri pada bagian panggul bisa disebabkan sel kanker yang sudah menyebar dan tumbuh semakin cepat pada area di sekitar ovarium.

9. Sering Buang Air Kecil

Frekuensi buang air kecil yang berlebihan bisa menjadi gejala kanker ovarium yang patut diwaspadai. Meskipun buang air kecil berlebihan juga menjadi tanda beberapa penyakit lainnya, namun hal ini juga menjadi kewaspadaan bagi kita. Terutama ketika frekuensi buang air kecil lebih dari empat kali selama satu jam.

Sekian artikel seputar gejala awal kanker ovarium yang sering diabaikan. Dengan mengetahui gejala kanker ovarium yang sering diabaikan, diharapkan kita semua bisa semakin tahu bahwa pola hidup sehat harus diterapkan sejak sekarang. Semoga bisa bermanfaat untuk pembaca!

, ,
Oleh :
Kategori : Kanker Ovarium

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.