13 Ciri-ciri Kanker Ovarium Stadium Awal yang patut Diwaspadai

Salah satu penyakit yang kerap menghantui para wanita adalah kanker ovarium, dimana penyakit ini jarang dirasakan pada tahap awal. Gejala kanker ovarium memang seringkali tidak muncul pada tahap awal perkembangannya, dan penyebab kanker ovarium pun cukup banyak sehingga terkadang sulit untuk dihindari. Sangat penting bagi para wanita untuk memahami ciri-ciri kanker ovarium stadium awal agar dapat menanganinya secepat mungkin. Dengan begitu penyakit ini lebih mudah untuk disembuhkan dan pengobatan yang dilakukan tidak begitu sulit. Untuk memperkuat diagnosis, dokter akan melakukan biopsi kanker sehingga penentuan metode pengobatan pun menjadi lebih tepat. Adapun ciri kanker ovarium stadium awal yang perlu diperhatikan yaitu sebagai berikut.

Sponsors Link

1. Sering Buang Air Kecil

Berlebihan dalam buang air kecil memang bisa menjadi indikasi berbagai penyakit, dan umumnya berkaitan dengan infeksi saluran kemih atau menderita diabetes. Namun para wanita perlu mewaspadai ciri satu ini jika terjadi berkali-kali dan hitungan jam, karena bisa jadi menandakan adanya gangguan pada ovarium yang berpengaruh pada kandung kemih.

2. Perut Bagian Bawah Sakit

Sakit perut bagian bawah yang normal biasanya terjadi saat menstruasi, dimana rasa nyeri tersebut akan hilang sendiri dalam beberapa hari. Namun jika tanpa alasan yang jelas bahkan sedang tidak menstruasi perut bagian bawah sering terasa sakit, bisa jadi hal tersebut menandakan adanya kanker ovarium.

3. Mudah Merasa Kenyang

Perut yang bermasalah seperti gangguan pada lambung umumnya dapat membuat perasaan cepat kenyang dan selera makan menurun. Namun biasanya kondisi tersebut akan membaik setelah meminum obat lambung. Anda perlu waspada jika rasa kenyang kerap timbul meski hanya makan sedikit atau terkadang tidak makan tetapi perut terasa penuh. Kondisi tersebut bisa menjadi ciri adanya kanker ovarium stadium awal.

4. Pendarahan Vagina

Secara normal wanita akan mengeluarkan darah setiap sebulan sekali yang sering disebut menstruasi. Pendarahan tersebut tentu normal terjadi dan menjadi siklus bulanan wanita. Lain halnya jika terjadi pendarahan pada vagina atau keluarnya flek darah di luar siklus tersebut, yang kemungkinan menunjukkan ada yang tidak beres dengan kondisi ovarium.

5. Perut Menjadi Bengkak

Pertumbuhan sel kanker ovarium terus berlangsung hingga terkadang semakin besar dan menekan organ di dalam perut. Akibatnya penderita kanker ovarium stadium awal kerap memiliki perut yang membesar. Pembengkakan perut tersebut terkadang disertai rasa sakit dan begah sehingga membuat kondisi semakin tidak nyaman.

6. Mudah Lelah

Sel kanker yang terus berkembang akan semakin menggerogoti jaringan tubuh yang sehat dan membuat sistem imun menjadi semakin lemah. Hal ini mengakibatkan tubuh semakin mudah lelah, apalagi nutrisi yang masuk ke dalam tubuh diserap oleh sel kanker untuk dapat terus tumbuh sehingga tubuh sendiri kekurangan asupan nutrisi dan menjadi lemas.

7. Berat Badan Menurun Drastis

Selain selera makan yang terus menerus mengalami penurunan, berat badan pun ikut turun bahkan terkadang sangat drastis. Hal ini dikarenakan tubuh kekurangan nutrisi dan selera makan yang terus menurun membuat asupan nutrisi untuk tubuh tidak lagi optimal.

8. Mengalami Gangguan Pencernaan

Kanker ovarium sering mengakibatkan adanya gangguan pada organ pencernaan, itulah alasan mengapa penderita kanker ovarium ditandai dengan ciri mudah mengalami diare atau sembelit sehingga proses pembuangan sisa metabolisme tubuh menjadi terhambat.

9. Sakit pada Kepala

Kurangnya nutrisi yang masuk ke tubuh dan rasa sakit yang terus muncul membuat kepala menjadi mudah mengalami sakit yang parah. Sakit kepala tersebut tidak kunjung sembuh meski telah meminum obat, dan berlangsung cukup lama. Tentunya hal ini perlu dicari tahu penyebabnya, dan jika disebabkan adanya kanker ovarium maka perlu segera diberi tindak lanjut dengan memeriksakan diri ke dokter.

10. Sakit Punggung

Terkadang kanker ovarium pun dapat menyebabkan rasa sakit di punggung, karena itu jika nyeri punggung tidak sembuh dalam beberapa hari sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

11. Siklus Haid tidak Lancar

Wanita yang mengalami kanker ovarium ternyata juga bisa mengalami gejala siklus haid yang tidak lancar. Hal ini dikarenakan proses ovulasi tidak lagi berlangsung normal, sehingga mempengaruhi siklus haid yang menjadi lebih maju.

Sponsors Link

12. Sakit saat Berhubungan Intim

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan yaitu jika setiap melakukan hubungan intim sering terasa sakit pada area kewanitaan. Hal ini dikarenakan penetrasi dapat mengganggu posisi ovarium dan membuatnya terasa nyeri saat tertekan.

13. Nyeri Pinggang

Tidak hanya tulang punggung saja yang terasa nyeri saat kanker ovarium menyerang, bahkan organ di sekitarnya juga ikut menjadi sasaran. Nyeri pinggang termasuk ciri yang sering dialami karena posisi ovarium yang dekat dengan pinggang dan pinggul.

Itulah ciri-ciri kanker ovarium stadium awal yang perlu untuk diketahui. Semakin cepat kita mengenal ciri tersebut maka akan semakin mudah kita mendeteksinya sehingga kemoterapi kanker dapat dicegah. Dengan demikian para wanita bisa mencegah penyakit tersebut dengan makanan pencegah kanker ovarium dan bisa mendapat pengobatan sesegera mungkin bila mengalaminya.

, , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.