Inilah 4 Tanda Penyebaran Kanker ke Otak Paling Umum

Salah satu penyebab penyakit kanker menjadi salah satun penyakit yang mematikan dan ditakuti setiap orang adalah karena kanker dapat menyebar dari satu bagian tubuh ke bagian tubuh lainnya. Bahkan tidak hanya ke satu bagian, namun juga dapat kebeberapa bagian sekaligus. Kondisi tersebut pula yang menyebabkan kenapa kanker tidak bisa disembuhkan.

Sponsors Link

Salah satu bagian yang juga sering menjadi tempat penyebaran kanker adalah otak. Dimana ketika bagian otak telah terkena penyebaran kanker, maka dapat mempengaruhi kinerja bagian tubuh lainnya. Lantas apa saja tanda penyebaran kanker ke otak? Dalam kesempatan kali ini akan dibahas secara lengkap mengenai tanda-tanda penyebaran dari sel kanker ke bagian otak.

Penyebaran kanker

Sel kanker mamang diketahui dapat secara mudah dan cepat menyebar ke jaringan sehat terdekat maupun terjauh dari bagian tempat awal tumbuhnya. Ketika kanker telah menyebar ke bagian-bagian tubuh lainnya, biasanya berarti bahwa kanker telah masuk dalam stadium akhir atau stadium empat. Penyebaran kanker sendiri biasanya dikenal dengan istilah Metastasis.

Metastasis sendiri merupakan gerakan atau penyebaran sel kanker dari satu organ atau jaringan ke beberapa organ dan jaringan yang lainnya didalam tubuh. Penyebaran tersebut biasanya menggunakan media darah maupun kelenjar getah bening. Berikut beberapa tahapan dari penyebaran sel kanker didalam tubuh:

  • Sel kanker tumbuh ke dalam atau menyebar ke jaringan sehat yang berada didekat bagian tumbuhnya.
  • Bergerak melawati dinding kelenjar getah bening terdekat maupun juga melalui pembuluh darah.
  • Bergerak menuju sistem aliran getah bening dan aliran darah dari satu bagian tubuh ke bagian tubuh lainnya.
  • Sel kanker akan berhenti pada pembuluh darah kecil pada bagian tubuh yang jauh, kemudian akan menyerang dan menembus dinding pembuluh darah. Setelah itu akan kembali bergerak ke jaringan sekitarnya.
  • Sel kanker akan tumbuh di jaringan tersebut hingga terbentuk tumor kecil pada bagian tersebut.
  • Tahapan akhir setelah itu adalah menyebabkan pembuluh darah baru tumbuh, sehingga menyeebabkan munculnya suplai darah yang nantinya memungkinkan untuk tumor terus bertumbuh dan bahkan juga menyebar kembali.

Itulah beberapa tahapan secara umum penyebaran dari kanker, walaupun dari jenis-jenis kanker juga terdapat jenis kanker yang bisa disembuhkan. Lantas bagaimana dengan tanda penyebaran kanker, terutama pada bagian otak? Berikut penjelasannya.

Metastasis Otak

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa penyebaran sel kanker sendiri bisa mengenai seluruh bagian tubuh. Salah satunya bagian yang sering mengalami penyebaran sel kanker adalah otak. Bahkan mestastasis otak terjadi hingga 25 persen dari penyebaran kanker.

Beberapa jenis kanker yang sulit disembuhkan dan sering menyebabkan penyebaran ke otak diantaranya adalah kanker payudara dan kanker paru. Walaupun tetap tidak menutup jenis kanker lainnya seperti kanker tulang dan kanker kulit menyebabkan penyebaran sel kanker pada bagian otak.

Saat kanker telah menyebar ke otak pastinya akan timbul gejala atau tanda-tanda yang akan dirasakan atau dialami oleh penderita kanker. Beberapa tanda penyebaran kanker ke otak secara umum diantaranya seperti:

  • Sakit kepala berat

Salah satu tanda atau gejala yang paling umum adalah sakit kepala berat. Hal ini disebabkan karena tumor atau sel kanker akan mengambil ruang didalam otak yang berada pada tengkorak. Sehi ngga menyebabkan adanya tekanan didalam tengkorak, dan menimbulkan sakit kepala yang berat. Oleh sebab itu, ketika kanker telah menyebar ke otak, para penderita akan sering mengalami sakit kepala berat.

  • Gangguan penglihatan

Tanda selanjutnya adalah adanya gangguan penglihatan ketika kanker telah menyebar ke otak. Mengapa demikian? Karena otak merupakan pusat beberapa saraf penting didalam tubuh. Salah satu yang akan terkena dampak saat kanker telah menyebar ke otak adalah saraf penglihatan. Oleh sebab itu, penyebaran kanker ke otak juga ditandai atau menyebabkan adanya gangguan penglihatan pada penderitanya.

  • Kesehatan menurun

Adanya penyebaran kanker menandakan bahwa kanker didalam tubuh telah memasuki stadium berbahaya, dan bahkan mematikan karena akan sulit disembuhkan. Ketika kanker telah menyebar ke bagian tubuh lainnya, maka pasti akan berpengaruh pada menurunkan kesehatan dan juga kekebalan tubuh. Termasuk juga saat kanker menyebar ke bagian otak.

Biasanya, penurunkan kesehatan akan diawali dengan adanya penderita kanker mengalami penurunan nafsu makan. Bahkan tidak sedikit yang biasanya mengalami susah dalam menyeimbangkan tubuh saat bagian otak telah terserang oleh kanker yang menyebar. Oleh sebab itu, ketika pasien kanker mengalami penurunan kesehatan yang drastis juga menjadi tanda bahwa kanker telah menyebar ke berbagai bagian tubuh, termasuk otak.

Sponsors Link

  • Terhambatnya proses pengobatan

Tanda selanjutnya adalah adanya kondisi dimana proses pengobatan menjadi terhambat. Kondisi ini sendiri masih berhubungan dengan kesehatan pasien kanker yang menurun. Ketika kesehatan menurun secara drastis dan tubuh tidak memiliki energi maupun kekebalan tubuh menurun, maka akan berdampak pada proses pengobatan yang mulai ditolak oleh tubuh. Kondisi ini yang kemudian menurunkan tingkat harapan hidup, seperti umur penderita kanker payudara saat telah memasuki stadium lanjut maupun saat kanker telah menyebar, termasuk ke bagian otak.

Demikian penjelasan mengenai tanda penyebaran kanker ke otak. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan mengingatkan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Kanker Otak

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.