Begini, Rasa Nyeri Kepala Gejala Awal Tumor Otak yang Diwaspadai !

Gejala awal tumor otak sebenarnya sangat sulit untuk dikenal, sama dengan gejala tumor yang lainnya. Hanya saja adanya tumor yang berkembang di otak sering dikaitkan dengan timbulnya nyeri kepala sebagai salah satu gejalanya. Padahal pada kehidupan sehari-hari atau bahkan pada orang normal pun, nyeri kepala atau sakit kepala memang menjadi hal yang wajar di alami.

Sponsors Link

Terlebih lagi jika kondisi tubuh memang sedang dalam banyak pikiran, kelelahan, kurang tidur, dan lain sebagainya, maka seseorang biasanya akan mengalami yang namanya nyeri atau sakit kepala. Lantas apakah benar nyeri gejala awal tumor otak? Dalam kesempatan kali ini akan dibahas beberapa hal yang dapat menjawab pertanyaan tersebut, bagaimana penjelasannya? Mari simak ulasan berikut.

Tumor Otak

Tumor otak merupakan salah satu penyakit yang juga menjadi momok menakutkan bagi siapa saja, karena otak sendiri merupakan salah satu kunci dari aktivitas organ, saraf, maupun jaringan pada tubuh. Tumor otak sendiri merupakan suatu penyakit dimana terdapat pertumbuhan sel-sel abnormal didalam maupun yang tumbuh disekitar organ otak. Tumor inilah yang jika tidak cepat ditangani dan menjadi ganas yang kemudian akan berubah menjadi sel kanker.

Sama dengan penyakit kanker yang memiliki stadium kanker atau tahapan perkembangan kanker, tumor otak juga memiliki tingkatan perkembangan, yaitu dari tingkat 1 hingga tingkat ke 4. Dimana tumor yang masih dianggap jinak dan tidak juga berpotensi ganas berarti masih ada di tingkat 1 dan 2, sedangkan tumor yang berpotensi menjadi ganas dan berubah menjadi sel kanker berada pada tingkat 3 dan 4. Pengelompokannya tingkatan tumor otak tersebut juga didasarkan pada lokasi tumbuhnya tumor, kecepatan perkembangannya, hingga juga cara penyebarannya di area lain.

Perbedaan kanker dan tumor secara umum paling mencolok memang pada tingkat keganasannya serta efek yang ditimbulkan bagi tubuh penderita. Namun kedua nya sama-sama jenis penyakit yang masih belum diketahui penyebabnya secara pasti. Baik penyebab kanker maupun penyebab tumor seperti penyebab tumor otak ini memang belum diketahui secara pasti. Hanya saja ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko tumor otak, seperti faktor keturunan, efek radioterapi, dan lain sebagainya. Lantas bagaimana dengan gejalanya? Berikut penjelasannya.

Gejala Tumor Otak

Gejala tumor otak sendiri sebenarnya akan muncul berbeda-beda pada setiap penderitanya, karena gejala yang muncul akan dipengaruhi pula oleh ukuran tumor, kecepatan pertumbuhan tumor, dan juga lokasi tumbuh dari tumor itu sendiri. Pada masa awal biasanya tidak akan ada gejala yang ditimbulkan, namun setelah tumor berkembang semakin besar dan memberikan tekanan pada otak maka akan menimbulkan beberapa gejala pada penderitanya. Salah satu gejalanya adalah nyeri kepala atau sakit kepala yang sering dirasakan.

Hampir seluruh penderita tumor otak pasti akan mengalami nyeri kepala pada masa pertumbuhan tumor. Kondisi ini yang menyebabkan nyeri kepala dianggap sebagai salah satu gejala tumor otak stadium awal. Tapi anda tidak perlu khawatir jika anda sering mengalami nyeri kepala, karena tidak semua nyeri kepala merupakan pertanda dari aktivitas tumor otak seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Memang benar pertumbuhan tumor di dalam maupun sekitar organ otak akan menimbulkan nyeri kepala, karena adanya tekanan yang diberikan saat tumor menjadi lebih besar maupun mengalami pertumbuhan. Namun untuk mengetahui apakah nyeri kepala yang anda rasakan merupakan gejala awal tumor otak atau bukan sebenarnya perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter dan juga dilihat gejala lainnya yang timbul.

Berikut ini ada beberapa gejala tumor otak lainnya yang dapat menjadi patokan pula apakah nyeri kepala yang anda rasakan merupakan gejala awal dari tumor otak, diantaranya adalah:

Sponsors Link

  • Nyeri kepala yang menjadi lebih berat di pagi hari.
  • Nyeri kepala yang disertai dengan adanya gangguan pada memori atau daya ingat.
  • Nyeri kepala yang disertai dengan mual dan muntah.
  • Nyeri kepala yang tak kunjung hilang dan juga sering terjadi.
  • Mengalami kejang-kejang sebagai akibat tumor otak yang ditimbulkan.
  • Pusing dan sulit untuk beraktivitas atau berjalan.
  • Adanya masalah penglihatan dan gerakan mata yang abnormal
  • Peningkatan tekanan intrakranial yang biasanya akan menyebabkan penderita sering mengalami kantuk, sakit kepala, mula, muntah, hingga juga respon yang lamban.

Itulah dia beberapa gejala dari tumor otak yang dapat diwaspadai pula ketika anda sering mengalami nyeri kepala. Adanya beberapa gejala diatas tidak berarti semua penderita gejala otak akan mengalami hal tersebut. Karena seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa gejala yang akan dialami penderita kanker otak akan berbeda-beda, bergantung pada lokasi, kecepatan, dan penyebaran tumor otak.

Walaupun memang dapat disimpulkan bahwa memang benar rasa nyeri kepala gejala awal tumor otak. Oleh sebab itu, jika anda mengalami gejala-gejala tersebut atau merasa ada yang aneh dengan kondisi otak anda yang pastinya berpengaruh pada kondisi lainnya, maka lebih baik memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui alasan pastinya apakah gejala tumor otak atau bukan.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kanker Otak

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.