4 Ciri Perbedaan Kanker Mulut dan Sariawan

Perbedaan kanker mulut dan sariawan adalah informasi yang penting mengingat banyaknya masyarakat yang masih salah untuk membedakannya. Akan sangat fatal jika ciri ciri kanker mulut selama ini yang dialami, dianggap hanya sariawan biasa. Oleh sebab itu, dirasa perlu untuk menjelaskan mengenai perbedaan dari kanker mulut dan sariawan melalui beberapa ciri ciri uniknya. Sehingga pada kesempatan kali ini akan coba dipaparkan apa saja perbedaan dari keduanya.

Sponsors Link

Namun sebelumnya, tidak salah jika pertama-tama anda mengetahui terlebih dahulu apa itu penyakit kanker mulut dan sariawan. Kanker mulut merupakan jenis kanker juga yang terjadi di sel-sel penyusun organ mulut. Kebanyakan sumber menjelaskan bahwa penyebab kanker mulut adalah kebiasaan pola makanan dan minuman yang tidak teratur dalam kehidupan sehari-hari. Jika seseorang telah terkena kanker mulut, maka sel-sel saraf otak yang menyusun sel mulut akan rusak dan membuat perkembangannya terus berjalan pesat. Gejala kanker mulut ini memang akan muncul di permukaan bibir dan menimbulkan luka yang sering dikira adalah sariawan. Padalah sariawan adalah jenis penyakit yang dialami manusia akibat kekurangan vitamin C. Memang sama sama terdapat luka di bibir mulut, tetapi sariawan tidak berbahaya dan mudah disembuhkan. Anda cukup mengonsumsi banyak vitamin C dan menggunakan beberapa obat sariawan, maka luka di bibir tersebut akan sembuh berbeda dengan kanker mulut.

Berdasarkan informasi di atas, maka wajar saja kemudian masyarakat sering salah mengartikan ciri ciri kanker mulut sebagai sariawan biasa. Jika sudah salah mengira, maka anda akan lalai dan penyebaran sel kanker mulut akan terus terjadi. Jangan sampai sudah di stadium akhir kanker mulut baru anda menyadari bahayanya. Oleh sebab itu, ketahuilah ciri ciri kanker mulut dan sariawan secara bersamaan berikut ini.

4 Ciri Ciri Kanker Mulut yang Menjadi Perbedaan Kanker Mulut dan Sariawan

Anda harus menyadari dengan cepat dan tanggap bahwa kanker mulut bukanlah sariawan dan sariawan bukanlah kanker mulut. Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan mengetahui 4 ciri ciri kanker mulut yang wajib anda ketahui karena membuatnya berbeda dengan sariawan. Simak penjelasannya berikut ini:

  • Pendarahan di Mulut dan Mati Rasa

Ciri kanker mulut yang membedakannya dengan sariawan yang pertama adalah terjadi pendarahan dan mati rasa. Sariawan yang normal tidak akan menyebabkan pendarahan hingga tidak berhenti. Selain itu, sariawan tidak akan membuat mulut anda mati rasa, malahan menjadi lebih terasa perih. Jadi jika luka di bibir anda diikuti oleh ciri-ciri tersebut, waspadalah dan segera periksakan  ke dokter

  • Gusi dan Gigi Menjadi Longgar dan Pucat

Selanjutnya, ciri ciri dari kanker mulut yang paling membahayakan adalah munculnya perbedaan pada gusi dan gigi anda. Gusi akan terlihat lebih pucat juga gigi akan longgar seperti akan tanggal. Itulah kemudian yang menyebabkan anda dapat lebih mudah membedakan apa yang anda derita adalah kanker mulut atau sariawan. Jika sariawan, maka tentu tidak akan berpengaruh hingga ke gigi dan gusi yang longgar serta pucat.

Sponsors Link

  • Rahang Kaku saat Digerakkan

Jika anda menderita kanker mulut, satu lagi tanda yang harus anda perhatikan adalah rahang yang kaku saat digerakkan. Akan terjadi keterbatasan gerak rahang akibat dari kanker mulut yang telah menyebar. Oleh sebab itu, waspadailah gejala awal kanker mulut yang satu ini.

  • Radang Getah Bening dan Limfa

Radang getah bening dan limfa juga merupakan salah satu ciri kanker mulut yang harus anda ketahui. Pada sariawan biasa yang hanya kekurangan vitamin C, maka seharusnya tidak akan berpengaruh hingga radang getah bening dan limfa. Jadi segeralah perhatikan keadaan kesehatan anda seperti mendeteksi kanker mulut secara dini.

Setelah mengetahui ciri ciri kanker mulut di atas, maka dapat diketahui bahwa sariawan hanyalah luka pada bibir yang tidak diikuti oleh ciri ciri di atas. Seandainya anda mengalami satu saja ciri ciri di atas, maka anda perlu curiga bahwa luka di bibir anda bukan akibat sariawan biasa melainkan tanda awal kanker mulut. Segeralah periksakan diri anda. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk membantu anda mengetahui perbedaan kanker mulut dan sariawan dengan lebih mudah.

, , ,
Post Date: Wednesday 01st, November 2017 / 10:19 Oleh :
Kategori : Kanker Otak