7 Penyebab Utama Kanker Otak yang Patut Diwaspadai

Setiap orang yang mendengar kata kanker pasti akan sangat takut karena penyakit tersebut memang sangat berbahaya. Salah satu jenis kanker yang sering menyebabkan kematian adalah kanker otak. Kanker otak sendiri kasusnya sering terjadi di Indonesia, dengan pola hidup yang kian modern resiko penyakit tersebut juga kian meningkat. Kanker otak sendiri bisa muncul dikarenakan beberapa faktor yang diduga kuat dapat memicu resiko penyakit tersebut semakin tinggi. Beberapa penyebab utama kanker otak sangat perlu untuk diketahui agar kita bisa menghindarinya dan bisa mencegah munculnya penyakit kanker otak.

Sponsors Link

Penyebab Utama Kanker Otak

1. Radiasi HP

Sudah banyak pemberitaan yang menyebutkan bahwa radiasi hp menyebabkan kanker otak yang cukup parah. Setiap menggunakan hp terutama untuk menelepon, maka gelombang sinyal dan radiasi dari hp akan merusak sel dalam tubuh terutama bagian otak karena letaknya dekat dengan telinga. Untuk mengatasinya, gunakan hp seperlunya saja dan jauhkan hp dari tubuh jika sedang tidak digunakan.

2. Makanan

Beberapa jenis makanan dapat meningkatkan resiko penyakit kanker termasuk kanker otak. Beberapa makanan penyebab kanker otak yang sering tidak kita sadari sering kita makan yaitu makanan cepat saji, gorengan, makanan kemasan dan kalengan, seafood, dan jenis lainnya yang banyak mengandung pewarna, penyedap, pengawet dan lemak jenuh.

3. Faktor Genetik

Penyakit kanker memang identik dengan faktor keturunan, dimana orang tua yang pernah menderita kanker akan menurunkan resiko yang sama kepada anaknya. Sifat sel sang anak akan seperti orang tuanya, yaitu rentan mengalami mutasi gen sehingga sangat rentan mengalami kanker  otak jika tidak menjaga kesehatan dengan baik.

4. Radiasi Matahari

Aktivitas yang berlebihan di bawah sinar matahari tentu dapat memberikan efek buruk terhadap kesehatan. Bukan hanya dapat menyebabkan terjadinya kanker otak, namun juga beresiko terkena kanker kulit. Radiasi matahari dapat merusak sel dan menyebabkan mutasi gen sehingga sel aktif membelah dalam jumlah yang tidak terkendali.

5. Efek Obat-obatan

Beberapa jenis obat-obatan tertentu dapat memberikan efek samping bagi tubuh, salah satunya dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker otak. Obat tersebut memiliki  dosis yang cukup tinggi, dan seringkali membuat organ tubuh lainnya yang tidak sakit mendapat efek samping yang cukup merugikan. Jika sedang mengkonsumsi obat dalam waktu yang lama, sebaiknya konsultasikan ke dokter mengenai dampak negatifnya yang mungkin dapat terjadi pada tubuh kita.

Sponsors Link

6. Merokok

Kegiatan merokok tidak hanya dapat menyebabkan kanker paru-paru saja, namun kanker otak juga dapat terjadi. Kandungan senyawa kimia dalam rokok yang sangat berbahaya akan merusak sel otak hingga terjadi mutasi gen dan sel menjadi abnormal. Pertumbuhan sel yang tidak terkendali memicu munculnya sel kanker yang dapat bersifat ganas dan cepat menyebar.

7. Benturan di Kepala

Pernahkah Anda mengalami benturan di bagian kepala terutama bagian belakang? Sebaiknya Anda perlu berhati-hati karena benturan di kepala apalagi yang terjadi dengan kuat akan menyebabkan trauma pada otak sehingga dapat meningkatkan resiko munculnya penyakit kanker otak. Apalagi benturan yang kuat juga bisa memicu gegar otak yang cukup berbahaya bagi keselamatan diri.

Itulah penyebab utama kanker otak yang perlu diwaspadai agar tidak sampai terjadi pada diri kita. Dengan mengetahui penyebabnya kita bisa lebih waspada dan menekan resiko penyakit kanker otak yang cukup mematikan. Otak yang sehat akan membuat tubuh ikut sehat dan dapat menjalankan fungsinya dengan baik sebagai pusat dari seluruh aktivitas di dalam tubuh.

,
Post Date: Monday 30th, October 2017 / 18:01 Oleh :
Kategori : Kanker Otak