7 Penyebab Kanker Otak Stadium 1 Paling Berbahaya

Kanker otak termasuk jenis kanker yang cukup mematikan, karena kanker ini menyerang sistem pusat syaraf yang peranannya sangat penting dalam mengatur seluruh aktivitas tubuh. Munculnya sel kanker pada otak dikarenakan adanya mutasi genetik pada sel otak sehingga sel terus membelah secara tidak terkendali. Sama halnya dengan penyebab kanker paru-paru, kanker otak juga memiliki beberapa penyebab yang memicu perubahan genetik tersebut. Adapun penyebab kanker otak stadium 1 adalah sebagai berikut.

Sponsors Link

Penyebab Kanker Otak Stadium 1

1. Gelombang Radiasi

Gelombang radiasi merupakan penyebab utama kanker otak yang sering terjadi. Radiasi bisa berasal dari gelombang elektromagnetik hp maupun terapi sinar radiasi untuk mengobati kanker di sekitar kepala dan leher. Akibat dari radiasi tersebut membuat sel beraktivitas secara tidak normal dan tidak dapat dikendalikan. Jadi, hindari penggunaan hp yang terlalu lama dan sebisa mungkin hindari pengobatan dengan menggunakan terapi radiasi.

2. Faktor Keturunan

Sifat genetik yang diwariskan juga dianggap dapat memperbesar resiko terkena penyakit kanker otak. Orang tua yang membawa sifat gen tersebut atau pernah memiliki riwayat penyakit kanker akan menurunkan resiko kanker otak pada anaknya. Karena itu kita semua harus menjaga kesehatan agar generasi kita kelak tidak mewarisi penyakit yang berbahaya.

3. Benturan di Kepala

Seseorang yang pernah mengalami benturan yang sangat kuat pada kepalanya akan sangat rentan terkena kanker otak. Benturan membuat kanker otak stadium 1 muncul karena jaringan dan sel otak ada yang rusak. Hantaman yang keras akan memberikan trauma pada jaringan otak dan menyebabkan sel otak mengalami mutasi genetik.

4. Merokok

Asap rokok dianggap cukup berbahaya dan dapat menyebabkan berbagai penyakit pada tubuh karena mengandung banyak sekali zat kimia berbahaya. Merokok juga menyebabkan munculnya jenis tumor otak pada anak yang sangat membahayakan nyawa, karena itu sebisa mungkin hindari kebiasaan merokok dan jauhi asap rokok dimanapun Anda berada. Resiko ini sama besarnya terhadap perokok aktif maupun pasif, jadi jika lingkungan Anda dipenuhi asap rokok lebih baik untuk menghindar dari tempat tersebut.

5. Pola Makan yang Buruk

Makan memang menjadi kebutuhan dasar setiap makhluk hidup, namun jika tidak memperhatikan pola dan menu yang dimakan, itu sama saja dengan mengundang banyak penyakit di dalam tubuh. Pola makan yang tidak seimbang dan tidak memenuhi asupan gizi tidak akan memberikan manfaat bagi tubuh. Justru kebiasaan memakan junkfood, makanan berlemak dan berminyak sangat berbahaya bagi kesehatan karena mengandung lemak jahat yang dapat memicu berbagai penyakit termasuk kanker otak.

6. Penggunaan Minyak Goreng Berulang

Minyak goreng yang digunakan berulang kali dapat mengandung lemak trans yang berbahaya bagi tubuh. Orang yang sering mengkonsumsi gorengan terutama dengan minyak yang digunakan berkali-kali akan memiliki resiko lebih besar terkena kolesterol, darah tinggi, penyakit jantung, stroke hingga kanker otak. Minyak goreng yang dipakai berulang juga menjadi penyebab munculnya ciri-ciri kanker otak stadium awal yang sering dialami oleh pria dan wanita.

7. Konsumsi Obat Jangka Panjang

Sebagian orang ada yang mengidap penyakit kronis dan harus mengkonsumsi obat seumur hidupnya. Obat memang dapat menyembuhkan penyakit, namun jika dikonsumsi jangka panjang dapat meningkatkan resiko gagal ginjal hingga menimbulkan resiko terkena kanker, termasuk kanker otak. Karena itu diskusikan dengan dokter bila akan mengkonsumsi obat tertentu untuk menekan efek samping dari obat-obatan tersebut.

Itulah beberapa penyebab kanker otak stadium 1 yang paling berbahaya. Kita harus menghindarinya sebisa mungkin karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Jika bisa menjalani pola hidup sehat dan menghindari penyebab tersebut maka kanker otak dapat dihindari.

, ,