5 Penyebab Kanker Otak pada Remaja Paling Umum Terjadi

Kanker otak sangat berbahaya dan kasusnya banyak terjadi termasuk di Indonesia. Kanker otak hampir sama dengan jenis kanker lainnya yang dapat merusak jaringan tempat tumbuhnya sel kanker dan menyebar ke jaringan lain sehingga kerusakan organ di dalam tubuh semakin luas. Efek kanker otak pada penderita cukup serius sehingga penyakit ini harus segera ditangani. Jika terlambat, maka otak akan rusak dan seluruh fungsinya akan mati. Terlebih lagi penyakit ini dapat menghilangkan nyawa jika sudah memasuki stadium lanjut.

Sponsors Link

kanker otak sendiri dapat menyerang siapa saja, termasuk orang tua, anak-anak hingga remaja. Sebenarnya ada cara mencegah kanker otak yang bisa kita lakukan, namun seringkali penyakit ini tidak disadari pada tahap awal dan akhirnya terlambat untuk didiagnosis. Langkah pengobatan kanker otak secara medis merupakan cara yang paling sering ditempuh untuk mengobati penderita kanker otak, termasuk diantaranya kemoterapi kanker. Tentunya kemunculan sel kanker pada otak remaja dipicu oleh beberapa penyebab seperti berikut ini.

Penyebab Kanker Otak pada Remaja

1. Radiasi Handphone

Para remaja sekarang ini tidak luput dari penggunaan hp yang semakin canggih, sehingga dengan semakin besarnya intensitas mereka menggunakan hp maka radiasi yang mereka terima juga akan meningkat. Paparan gelombang radiasi dari hp mungkin tidak begitu terasa jika penggunaannya hanya sebentar setiap harinya. Namun bagi remaja yang suka bermain hp untuk menelepon dan bermain game atau bersosial media, maka efek radiasi akan sangat terasa hingga dapat menyebabkan kanker otak.

2. Makanan

Jenis makanan tertentu ternyata ada yang memberikan efek buruk terhadap kesehatan tubuh. Beberapa makanan tersebut antara lain makanan yang berlemak, gorengan, makanan cepat saji dan makanan kemasan atau kalengan yang menggunakan banyak pengawet. Makanan tersebut hanya akan memberikan rasa nikmat di lidah saja, sementara manfaatnya untuk tubuh tidak ada. Bahkan kandungan lemak dan zat berbahaya dari makanan tersebut bisa memicu berbagai penyakit termasuk kanker otak pada remaja.

3. Defisiensi Nutrisi

Remaja biasanya sangat aktif baik dalam kegiatan fisik maupun yang mengandalkan pikiran. Dengan kegiatan yang banyak menguras stamina tersebut, sangat wajar jika kebutuhan nutrisinya penting untuk diperhatikan. Jika para remaja makan seadanya dan tidak memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, maka otak akan kekurangan asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan fungsi otak. Sel otak akan menjadi rusak sehingga meningkatkan potensu terbentuknya sel kanker pada organ tersebut.

4. Terpapar Zat Adiktif

Remaja memiliki emosi yang masih labil dan mudah terpengaruh, karena itu kelompok usia tersebut sangat rentan terjerat bujuk rayu untuk mengkonsumsi alkohol, narkoba dan zat adiktif lainnya yang sangat berbahaya bagi tubuh. Kandungan zat kimia dan bahan lainnya yang membahayakan dari zat adiktif tersebut akan mempengaruhi perkembangan syaraf bahkan dapat merusak otak. Karena itu zat adiktif memberikan pengaruh yang besar terhadap munculnya sel kanker pada otak remaja.

5. Minuman Bersoda

Di samping makanan cepat saji, remaja biasanya juga sangat menyukai minuman bersoda yang sering dikonsumsi bersamaan dengan junkfood. Minuman bersoda sebenarnya tidak bagus dikonsumsi karena mengandung zat pewarna dan gula yang berlebihan. Zat pewarna sama bahayanya dengan bahan pengawet, dan gula yang dikonsumsi berlebih dapat melemahkan imunitas tubuh sehingga memudahkan sel kanker berkembang di otak.

Nah, itulah penyebab kanker otak pada remaja yang harus diwaspadai dan dihindari. Para remaja sebaiknya mulai membiasakan diri untuk mengkonsumsi makanan pencegah kanker otak agar otak selalu sehat dan terhindar dari penyakit kanker yang mematikan.

, , ,