Nyeri Kepala Gejala Awal Tumor Otak, Benarkah?

Hampir semua orang pasti pernah merasakan nyeri kepala setidaknya sekali dalam setahun. Ya, nyeri kepala memang merupakan salah satu jenis gangguan kesehatan yang umumnya bersifat ringan, dan dapat terjadi akibat berbagai hal termasuk adanya gangguan kesehatan di bagian tubuh yang lain. Tak jarang orang yang memiliki penyakit lambung, masuk angin atau anemia merasakan pusing atau nyeri pada kepala, dan hal ini biasanya dianggap sepele karena dapat sembuh sendiri. Padahal rasa nyeri pada kepala juga bisa menandakan adanya penyakit serius yang sedang terjadi dalam tubuh sehingga berdampak pada kondisi kesehatan kepala.

Sponsors Link

Salah satu nyeri pada kepala yang tidak boleh dianggap remeh adalah adanya tumor otak. Nyeri kepala yang menjadi ciri-ciri awal kanker otak atau tumor otak umumnya berlangsung terus menerus, mudah kambuh dan nyeri yang terasa cukup hebat hingga dapat mengganggu aktivitas. Tumor otak berbeda dengan kanker otak, meskipun tumor dapat berubah menjadi kanker jika bersifat ganas. Gejala ciri-ciri kanker otak sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tumor otak, namun umumnya tidak menyebar dan merusak jaringan tubuh yang lain. Tumor otak pun bis bersifat jinak maupun ganas, dan keberadaannya dapat mengganggu fungsi otak dan sistem saraf hingga ke seluruh tubuh.

Nyeri kepala gejala awal tumor otak memang sangat mengkhawatirkan, karena itu banyak yang berpikir bahwa sat ia mengalami nyeri kepala berulang-ulang maka ia mengidap tumor otak. Meski kemungkinan tersebut bisa terjadi, tidak selamanya nyeri kepala selalu menandakan adanya tumor pada salah satu bagian otak. Pemeriksaan secara medis adalah langkah yang tepat untuk dilakukan agar dapat menegakkan diagnosis dalam menentukan penyebab munculnya nyeri kepala tersebut. Jika memang telah dipastikan nyeri tersebut merupakan gejala tumor otak stadium awal, dokter akan langsung menyarankan tindakan pengobatan yang perlu dilakukan untuk mengatasi tumor tersebut.

Nyeri Kepala Gejala Awal Tumor Otak, Benarkah?

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, nyeri kepala memang bisa jadi menandakan adanya tumor pada otak. Namun nyeri kepala tidak bisa langsung diartikan sebagai tanda dari penyakit tersebut. Banyak sekali penyakit lainnya yang bahkn bukan di bagian kepala namun mempengaruhi saraf di otak sehingga nyeri kepala bisa terjadi. Untuk memastikan apakah nyeri kepala tersebut termasuk gejala awal tumor otak atau bukan, setidaknya beberapa gejala seperti berikut ini dapat menjadi rujukan.

1. Pusing pada Posisi Tertentu

Jika memang sakit kepala biasa, dalam posisi apapun biasanya kepala akan tetap terasa sakit dan terus pusing. Berbeda jika sakit tersebut disebabkan oleh tumor, maka biasanya rasa sakit akan sangat terasa jika kepala atau tubuh dalam posisi tertentu. Misalnya, saat membungkuk atau sujud, nyeri kepala akan terasa semakin kuat bahkan hingga tidak tertahankan. Diperlukan cara diagnosis kanker otak yang tepat agar tumor dapat segera terdeteksi.

2. Semakin Sakit saat Bangun di Pagi Hari

Kita tidur di malam hari bertujuan untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran setelah seharian lelah beraktivitas. Biasanya setelah tidur dan bangun esok paginya tubuh akan kembali segar dan pikiran pun lebih tenang. Namun saat menderita tumor otak, kepala akan terasa sakit bahkan setelah bangun tidur di pagi hari. Hal ini dikarenakan tumor terus menekan otak sehingga otak dan saraf tidak dapat diistirahatkan secara optimal.

3. Sering Mual dan Muntah

Mual dan muntah umumnya dikarenakan adanya gangguan pada sistem pencernaan terutama lambung, dan bisa juga menandakan masuk angin biasa. Berbeda dengan penderita tumor otak, yang selalu merasa pusing bahkan sering mengalami mual dan muntah berbarengan dengan sakit kepala yang diderita. Kondisi ini akan terus bertambah parah jika tidak segera diobati, karena itu jangan tunda pengobatan sebelum tumor semakin besar dan sulit disembuhkan.

Sponsors Link

4. Mengalami Gangguan Memori

Nyeri kepala akibat tumor otak yang juga dapat menandakan gejala kanker otak stadium 1 ini biasanya juga disertai dengan gangguan memori. Jadi tidak mengherankan jika mereka yang memiliki tumor otak tidak dapat mengingat dengan baik bahkan mengalami gangguan konsentrasi sehingga dapat berdampak pada kehidupan sehari-hari. Tumor otak jinak sekalipun akan sangat mengganggu jika ini terjadi, karena terhambatnya aktivitas dapat mengurangi produktivitas seseorang.

5. Pusing yang Berulang-ulang

Pusing atau nyeri yang sangat sering terjadi pada area kepala juga sepatutnya dicurigai, karena memang jika berlangsung terus menerus menandakan ada yang tidak beres dengan bagian dalam kepala termasuk otak.  Jika sering mengalami nyeri kepala dan terus berulang dalam jangka waktu lama, segera periksakan ke dokter. Jika memang benar ada tumor tentu kemoterapi kanker otak dapat diterapkan untuk menghilangkan tumor.

Untuk mencegah dan membantu pengobatan tumor otak, makanan sehat untuk penderita kanker otak dapat dikonsumsi setiap hari. Selain itu, cara mencegah lainnya yang bisa dilakukan adalah membatasi penggunaan hp karena radiasi hp menyebabkan kanker otak yang cukup serius.

, , , , , ,