Benarkah Nyeri Kepala Gejala Awal Tumor Otak? Ini Penjelasannya!

Hampir setiap orang pernah mengalami yang namanya nyeri kepala, dan setidaknya dalam setahun orang tersebut akan mengalami 1 hingga 2 kali sakit kepala. Sakit kepala memang bisa menandakan adanya berbagai penyakit di dalam tubuh, dan ketidakberesesan salah satu fungsi organ tubuh biasanya akan menyebabkan nyeri pada kepala. Dokter biasanya hanya memberikan obat pereda nyeri jika sakit kepala yang dialami merupakan sakit kepala biasa seperti akibat ketegangan, kurang tidur atau migrain. Namun jika sakit kepala tidak kunjung sembuh setelah minum obat dan justru bertambah parah, sebaiknya Anda mulai waspada dengan kemungkinan adanya tumor otak atau kanker otak.

Sponsors Link

Mayoritas orang yang menderita tumor otak merasakan sakit kepala yang hebat, sehingga bisa dikatakan nyeri kepala merupakan gejala awal tumor otak. Namun pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk menegakkan diagnosis. Karena beberapa penyakit lainnya juga dapat ditandai dengan nyeri kepala seperti flu, sinusitis, magh kronis dan yang lainnya. Dengan mengetahui penyebab sakit kepala terlebih dahulu, maka proses pengobatan akan jauh lebih mudah dan lebih cepat disembuhkan.

Berbeda dengan penyakit lainnya, tumor otak membutuhkan pengobatan lebih lama dan tak jarang menghabiskan banyak biaya. Sayangnya tumor otak baru menunjukkan gejala setelah berkembang hingga ukuran tertentu sehingga ciri-ciri kanker otak stadium 2 mulai dirasakan. Karena itu gejala tumor otak jarang terdeteksi saat masih di stadium awal. Meski sebagian besar penderita tumor otak mengalami nyeri kepala, ada juga yang tidak mengalami gejala ciri-ciri kanker otak tersebut sehingga penyakitnya lebih sulit terdeteksi.

Sakit Kepala yang Menandakan Tumor Otak

Sebelum memutuskan apakah kita menderita tumor otak atau tidak, tentu kita harus tahu bagaimana kriteria nyeri kepala yang menjadi gejalanya. Karena nyeri kepala sangat umum dan bisa menandakan gejala penyakit lainnya atau memang merupakan sakit kepala tunggal, perlu untuk mengetahui nyeri kepala seperti apa yang menjadi gejala awal tumor otak. Berikut ini merupakan gambaran nyeri kepala yang menunjukkan gejala awal tumor otak pada seseorang.

1. Nyeri Kepala Sering Terjadi

Seseorang yang mengalami nyeri kepala hampir setiap hari dengan keparahan yang meningkat setiap harinya harus lebih waspada akan adanya tumor otak. Kondisi ini terus berlangsung bahkan setelah Anda mengkonsumsi obat pereda nyeri. Biasanya nyeri dapat hilang namun tidak lama kemudian akan muncul kembali, begitu terus hingga berminggu-minggu atau berbulan-bulan tetap terasa nyeri. Jika ini terjadi jangan tunda untuk memeriksakan diri ke dokter.

2. Nyeri Kepala Disertai Muntah

Tidak jarang penderita tumor otak mengalami sakit kepala dan disertai dengan muntah atau perasaan mual sepanjang waktu. Tidak hanya itu, sakit kepala yang dirasakan juga dapat disertai gejala lainnya seperti kejang baik total maupun parsial, emosi yang tidak stabil, kesulitan berbicara, mendengar dan penglihatan menjadi kabur secara tiba-tiba. Kondisi ini akan terus memburuk selama tumor otak belum disembuhkan.

3. Nyeri Kepala Lebih Berat di Pagi Hari

Biasanya saat bangun tidur kita akan merasakan tubuh yang lebih segar dan pikiran yang lebih jernih, namun hal tersebut tidak akan dirasakan penderita tumor otak. Justru setiap bangun tidur di pagi hari akan terasa nyeri kepala yang sangat hebat, tak jarang disertai dengan muntah. Namun gejala akan mereda saat di siang hari. Saat malam nyeri akan muncul kembali dan terus terjadi hingga bangun tidur.

4. Nyeri Kepala Disertai Gangguan Memori

Sama seperti penyebab kanker selaput otak, tumor otak yang menimbulkan rasa nyeri di kepala dapat membuat seseorang mengalami gangguan memori. Tak hanya itu, penderita tumor otak akan merasa kesulitan untuk berkonsentrasi, belajar dan memikirkan sesuatu. Tak jarang penderita tumor otak merasakan nyeri kepala lalu disertai dengan munculnya gangguan ingatan.

5. Nyeri Kepala dalam Posisi Tertentu

Nyeri kepala yang menjadi gejala awal tumor otak biasanya akan terasa semakin kuat saat penderitanya berada dalam posisis atau kondisi tertentu, seperti saat batuk, bersin atau membungkuk. Hal tersebut dikarenakan kondisi tersebut menyebabkan tekanan pada area kepala sehingga menimbulkan nyeri pada kepala. Nyeri tersebut akan disertai dengan gangguan pada organ pencernaan dan masalah pada anggota gerak.

Sponsors Link

Ciri-ciri kanker otak rambut rontok juga terkadang menyertai sakit kepala yang diakibatkan tumor otak. Sel otak yang mengalami mutasi genetik sehingga menyebabkan pertumbuhan sel yang tidak normal akan membentuk massa yang terus berkembang. Kondisi ini mengakibatkan pembuluh darah di otak terutama yang dekat dengan sel tumor akan tertekan sehingga aliran darah menjadi terhambat. Hal tersebutlah yang menjadi penyebab utama munculnya nyeri kepala pada penderita tumor otak.

Memang benar nyeri kepala menandakan gejala awal tumor otak, namun untuk memastikannya kits harus menemui dokter yang ahli dalam bidang tersebut. Jika tumor masih kecil maka kemungkinan sembuh akan lebih besar.

, , , , ,