12 Makanan Sehat untuk Penderita Kanker Otak

Penderita kanker otak umumnya tidak mampu melakukan aktivitas dengan normal karena fungsi sistem saraf pusatnya terganggu. Kanker otak memang menjadi salah satu jenis kanker yang sering terjadi di masyarakat, dan termasuk jenis kanker paling mematikan di dunia. Gejala awal kanker otak seringkali tidak dapat dirasakan, kalaupun muncul hanya sesekali sehingga dianggap sebagai gejala penyakit ringan. Namun setelah bertambah parah, efek kanker otak membuat seluruh fungsi organ tubuh ikut terganggu.

Sponsors Link

Nah, untuk meringankan gejala yang muncul pada penderita kanker otak khususnya bagi stadium kanker otak yang sudah tinggi, ada makanan sehat untuk penderita kanker otak yang sangat bagus dikonsumsi. Makanan berikut ini sangat baik untuk dijadikan cara mencegah kanker otak maupun pengobatan kanker otak.

1. Jeruk

Buah satu ini sering disebut sebagai sumber vitamin C terbaik, meskipun bukanlah buah dengan kandungan vitamin C tertinggi. Penderita kanekr otak sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi jeruk secara rutin, bahkan orang yang sehat juga bagus mengkonsumsinya. Kandungan vitamin C dan antioksidannya mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker dan mencegah penyebaran kanker yang sangat cepat.

2. Apel

Selain jeruk, buah apel juga kaya akan vitamin C dan senyawa lainnya yang juga mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Mengkonsumsi satu buah per hari sudah dapat membantu tubuh melawan sel kanker maupun mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

3. Pepaya

Pepaya kaya akan kandungan likopen, vitamin A, vitamin C dan vitamin E dimana nutrisi tersebut dapat melawan aktivitas sel kanker dan sangat efektif untuk mencegah terbentuknya sel kanker pada otak. Tentunya manfaat tersebut bisa diperoleh jika pepaya dimakan secara rutin dan dalam kondisi sudah matang.

4. Alpukat

Buah alpukat mengandung omega-3 dan vitamin E yang sangat bagus untuk melawan radikal bebas, jadinya fungsinya sebagai antioksidan benar-benar luar biasa. Karena itu alpukat sangat dianjurkan untuk dimakan oleh penderita kanker otak untuk mencegah pertumbuhan dan perkembangan sel kanker lebih luas.

5. Kubis

Mungkin kubis sering dikaitkan dengan penyakit masuk angin, sehingga kebanyakan orang mungkin tidak menyukainya. Padahal kubis sangat bagus untuk melawan sel kanker karena kandungan antioksidannya yang cukup tinggi. Sama seperti sayur kale, kubis juga mengandung banyak senyawa aktif yang efektif mencegah pertumbuhan sel kanker.

6. Bawang Putih

Kebanyakan orang merasa enggan untuk mendekati bawang putih atau mengkonsumsinya dalam olahan sayur. Padahal bawang putih memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, seperti mencegah dan membantu mengobati penyakit kanker otak secara alami. Meski rasanya kurang sedap dan aromanya menyengat, banyak juga yang memahami manfaatnya dan rutin mengkonsumsi bawang putih demi kesehatan.

7. Brokoli

Sayur brokoli digadang-gadang sebagai jenis sayuran yang kaya manfaat dan mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Karena itulah brokoli sangat bagus dikonsumsi penderita kanker otak, dan juga efektif untuk mencegah penyakit tersebut muncul.

8. Teh Hijau

Di Indonesia memang lebih dikenal teh dengan warna yang merah, namun teh hijau juga semakin digemari belakangan ini. Teh hijau bisa dikonsumsi oleh penderita kanker otak karena kandungan antioksidannya yang sangat tinggi. Dengan mengkonsumsinya secara rutin, maka kesehatan lebih terjaga dan sekaligus mencegah perkembangan sel kanker.

9. Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan juga bagus dikonsumsi untuk mencegah penyakit berbahaya seperti kanker otak. Bahkan penderita kanker otak juga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsinya, karena kandungan lemak baik dan seratnya dapat membantu mencegah sel kanker bertambah besar.

10. Jahe dan Kunyit

Jenis rimpang bumbu dapur seperti jahe dan kunyit ternyata juga berkhasiat dalam mengatasi dan mencegah penyakit kanker otak. Jahe mengandung senyawa gingerol dan kunyit mengandung senyawa kurkumin, dimana kedua senyawa tersebut mampu mencegah dan mengobati kanker otak secara alami.

11. Kenari

Meski di Indonesia tidak begitu populer, kenari ternyata menyehatkan dan cocok untuk diet. Kenari sangat tinggi akan kandungan lemak baik dan senyawa aktif lainnya, sehingga kenari pun bisa dikonsumsi oleh penderita kanker otak. Jika dikonsumsi secara rutin maka manfaatnya akan lebih terasa yaitu tubuh menjadi sehat dan terhindar dari berbagai jenis kanker.

Sponsors Link

12. Ikan Salmon

Bukan hanya jenis buah dan sayur saja yang memiliki khasiat dalam melawan penyakit kanker otak, jenis ikan satu ini juga dapat dikonsumsi oleh penderita kanker otak. Ya, ikan salmon memang kaya akan omega-3 dan kandungan nutrisi lainnya yang sangat bermanfaat dalam mengatasi kanker otak dan mencegah penyakit tersebut bertambah parah. Jadi ikan salmon bagus dikonsumsi secara rutin untuk membantu proses penyembuhan kanker otak.

Nah, itulah makanan sehat untuk penderita kanker otak dan sangat bagus dikonsumsi secara rutin. Kombinasikan dan buat variasi menu agar penderita kanker otak tidak bosan untuk mengkonsumsinya. Dengan begitu sel kanker tidak akan jauh berkembang dan lebih mudah untuk disembuhkan.

, , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Papsmear adalah salah satu tindakan medis yang ampuh mencegah kanker serviks. Yuk Ketahui Prosedur, cara, dan manfaatnya.