11 Makanan Penyebab Tumor Otak yang Sebaiknya Dihindari

Tumor otak merupakan salah satu jenis kanker yang dapat dikategorikan jenis kanker apabila bersifat ganas. Sama seperti kanker otak, tumor otak pun dapat membahayakan nyawa karena mengganggu fungsi otak, saraf dan jaringan di sekitarnya. Massa tumor yang tumbuh di otak dapat semakin membesar dan menekan pembuluh darah serta jaringan saraf sehingga sel otak dapat mati jika kekurangan nutrisi. Gejala tumor otak stadium awal memang perlu diwaspadai, karena biasanya mirip dengan gejala penyakit ringan sehingga sering dianggap sepele. Penyebab tumor otak sendiri bisa disebabkan oleh radiasi, pola hidup tidak sehat bahkan dari makanan sehari-hari, yang juga merupakan penyebab kanker batang otak. Sama seperti makanan penyebab kanker otak, makanan yang dapat memicu tumbuhnya tumor pada otak juga cukup banyak, di antaranya sebagai berikut.

Sponsors Link

1. Makanan Kaleng

Makanan sekarang ini sudah serba instan dan kebanyakan dikemas dalam bentuk kalengan agar dapat bertahan lama. Namun dibalik praktisnya, makanan kaleng menyimpan banyak kandungan bahan kimia seperti pengawet, penyedap rasa, pewarna hingga pemanis buatan yang dapat memicu pertumbuhan sel yang abnormal seperti tumor otak. Makanan kaleng juga dapat menyebabkan gejala kanker otak stadium 1 sehingga makanan ini sebaiknya dihindari.

2. Makanan Kemasan

Sama seperti makanan kaleng, makanan kemasan termasuk snack dan ciki juga mengandung banyak bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan. Makanan kemasan memang terlihat jauh lebih menarik bahkan rasanya juga lebih nikmat, namun jika dikonsumsi berlebihan apalagi setiap hari maka tumor otak dapat muncul dan mulai mengganggu fungsi otak secara perlahan.

3. Gorengan

Hampir semua orang suka gorengan, namun ternyata gorengan menyimpan banyak lemak jahat yang dapat memicu munculnya tumor otak secara perlahan. Gorengan memang sangat nikmat dan sering disajikan dalam berbagai momen santai. Namun jika ingin tetap sehat sebaiknya jauhi makanan yang banyak mengandung minyak tersebut.

4. Daging

Umumnya masyarakat sangat menyukai daging karena rasanya lezat dan dapat diolah dalam berbagai menu masakan. Sayangnya daging mengandung protein hewani bahkan lemak jahat sehingga tidak baik dikonsumsi berlebihan. Daging putih dan merah sama berbahayanya, namun daging merah seperti daging sapi lebih berbahaya. Sebaiknya konsumsi daging tidak lebih dari sekali dalam sebulan.

5. Seafood

Selain daging, seafood juga dapat memicu nyeri kepala gejala awal tumor otak yang sangat menyiksa. Seafood memang kaya nutrisi dan bagus dikonsumsi anak-anak, namun sayangnya jika terlalu sering akan berdampak buruk pada kesehatan otak terutam jika dikonsumsi orang dewasa.

6. Kentang Goreng

Kentang goreng juga termasuk makanan yang sangat digemari mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Namun kentang yang digoreng mengandung banyak lemak jahat karena senyawa dalam kentang akan bereaksi saat dimasukkan dalam minyak panas dan membentuk senyawa akrilamida. Senyawa tersebut dapat memicu mutasi genetik dan salah satunya menyebabkan tumor otak.

7. Manisan

Segala bentuk manisan baik yang terbuat dari buah dan sayuran juga sebaiknya dibatasi konsumsinya. Tubuh memang membutuhkan gula untuk menghasilkan energi, namun jika berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah dan hal dapat beresiko meningkatkan tumor otak tumbuh. Lebih baik konsumsi buah dan sayur dalam keadaan segar agar nutrisinya dapat diperoleh lebih maksimal.

8. Asinan

Selain manisan, konsumsi asinan yang kandungan garamnya tinggi juga perlu dibatasi. Kandungan garam yang tinggi akan mengganggu proses metabolisme, mempersempit pembuluh darah hingga memicu kanker dan tumor otak. Asinan juga diperkirakan dapat memicu stroke atau perdarahan otak, karena itu makanan ini sebaiknya dihindari.

Sponsors Link

9. Makanan yang Diawetkan

Berbagai makanan yang diawetkan juga tidak baik untuk kesehatan. Memang makanan tersebut dapat disimpan dalam waktu lebih lama, namun dampaknya pada kesehatan sangat buruk. Sebaiknya batasi konsumsi ikan asin, nugget, sosis dan yang lainnya untuk menjaga kesehatan tubuh.

10. Makanan yang Dipanggang

Makanan yang diolah dengan cara dipanggang atau dibakar juga dapat membahayakan kesehatan bahkan memicu tumor otak hingga gejala kanker otak. Makanan tersebut sudah mengandung senyawa karsinogen, terutama jika terdapat bagian yang gosong. Senyawa tersebut dapat menyebabkan pertumbuhan sel abnormal sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi.

11. Minuman Bersoda

Minuman bersoda atau softdrink belakangan ini sangat digemari terutama oleh anak muda. Padahal minuman tersebut sangat membahayakan kesehatan karena banyak sekali kandungan bahan kimianya. Minuman bersoda selain mengandung gas, juga banyak terdapat pemanis buatan, pewarna dan pengawet yang dapat menyebabkan tumor otak dan penyakit berbahaya lainnya.

Nah, itulah makanan penyebab tumor otak yang sangat berbahaya dan sebisa mungkin dihindari. Sebaiknya ganti dengan makanan pencegah kanker otak, makanan sehat untuk penderita kanker otak dan makanan bergizi agar kesehatan selalu terjaga. Mengkonsumsi makanan tersebut juga bisa menjadi cara mencegah kanker otak secara alami dan tentunya lebih mudah dilakukan.

, , ,