Kanker Usus Stadium 4 Apakah Bisa Sembuh? Fakta dan Terapi Pengobatan

kanker usus stadium 4 apakah bisa sembuh? Adalah pertanyaan yang umum ditanyakan banyak orang. Dengan meningkatnya kasus kematian disebabkan oleh kanker, hal ini menjadi sangat wajar ingin diketahui. Resiko kesembuhan setelah stadium IV kanker akan lebih kecil apalagi telah menyebar. Namun, ada beragam perawatan yang tersedia untuk mengobati kanker ini seperti apakah kanker usus bisa menular?. Tingkat ketahanan hidup memberi tahu Anda berapa porsi orang dengan jenis dan stadium kanker yang sama yang masih hidup dalam jangka waktu tertentu (biasanya 5 tahun) setelah mereka didiagnosis.

Sponsors Link

Ini tidak dapat memberi tahu Anda berapa lama Anda akan hidup, tetapi mereka dapat membantu memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang seberapa besar kemungkinan perawatan Anda akan berhasil. Beberapa orang akan ingin mengetahui tingkat ketahanan hidup untuk jenis dan stadium kanker mereka, dan beberapa orang tidak. Jika Anda tidak ingin tahu, Anda tidak perlu melakukannya.

Tingkat kelangsungan hidup kanker usus besar, dengan tahap

Angka-angka di bawah ini berasal dari database SEER National Cancer Institute, melihat orang-orang yang didiagnosis dengan kanker usus :

  • Tingkat kelangsungan hidup relatif 5 tahun untuk orang dengan kanker usus besar stadium I adalah sekitar 92%.
  • Untuk orang dengan kanker kolon stadium IIA , tingkat kelangsungan hidup relatif 5 tahun adalah sekitar 87%.
  • Untuk kanker stadium IIB , tingkat kelangsungan hidup adalah sekitar 65%.
  • Tingkat kelangsungan hidup relatif 5 tahun untuk kanker kolon stadium IIIA sekitar 90%. Untuk stadium IIIB , tingkat kelangsungan hidup adalah sekitar 72%, dan untuk stadium IIIC , tingkat kelangsungan hidup adalah sekitar 53%.
  • Kanker usus besar yang telah menyebar ke bagian tubuh lainnya seringkali lebih sulit diobati dan cenderung memiliki pandangan yang lebih buruk. Kanker usus besar metastatik atau stadium IV , memiliki tingkat kelangsungan hidup relatif 5 tahun sekitar 12%. Namun, ada banyak pilihan perawatan yang tersedia untuk orang-orang dengan stadium kanker ini.

Mengobati kanker Usus stadium 0

Sejak stadium 0 kanker usus besar belum tumbuh di luar lapisan dalam kolon, operasi untuk mengambil kanker seringkali merupakan satu-satunya pengobatan yang diperlukan. Dalam kebanyakan kasus ini dapat dilakukan dengan menghilangkan polip atau mengambil area dengan kanker melalui kolonoskop (eksisi lokal). Menghapus bagian dari usus besar (kolektomi parsial) mungkin diperlukan jika tumor terlalu besar untuk dikeluarkan oleh eksisi lokal.

Mengobati kanker usus stadium I

Kanker usus besar Tahap I telah tumbuh lebih dalam ke lapisan dinding usus besar, tetapi mereka belum menyebar di luar dinding usus besar itu sendiri atau ke kelenjar getah bening di dekatnya seperti gejala kanker usus besar kiri.Tahap I termasuk kanker yang merupakan bagian dari polip. Jika polip dihapus sepenuhnya selama kolonoskopi, tanpa sel kanker di tepi (margin) dari potongan yang dibuang, tidak ada pengobatan lain yang mungkin diperlukan.

Mengobati kanker usus stadium II

Pembedahan untuk mengangkat bagian usus besar yang mengandung kanker (kolektomi parsial) bersama dengan kelenjar getah bening di dekatnya mungkin merupakan satu-satunya pengobatan yang diperlukan. Tetapi dokter Anda dapat merekomendasikan kemoterapi adjuvant (kemo setelah operasi) jika kanker Anda memiliki risiko lebih tinggi untuk kembali (kambuh) karena faktor-faktor tertentu.

Mengobati kanker usus stadium III

Pembedahan untuk mengangkat bagian usus besar dengan kanker (kolektomi parsial) bersama dengan kelenjar getah bening di dekatnya, diikuti oleh adjuvant kemo adalah pengobatan standar untuk tahap ini. Untuk kemoterapi, rejimen FOLFOX (5-FU, leucovorin, dan oxaliplatin) atau CapeOx (capecitabine dan oxaliplatin) paling sering digunakan, tetapi beberapa pasien mungkin mendapatkan 5-FU dengan leucovorin atau capecitabine saja berdasarkan usia dan kebutuhan kesehatan mereka. Terapi radiasi dan / atau kemo dapat menjadi pilihan bagi orang yang tidak cukup sehat untuk operasi.

Mengobati kanker usus besar stadium IV

Kanker usus besar stadium IV telah menyebar dari usus besar ke organ dan jaringan yang jauh. Kanker usus besar paling sering menyebar ke hati, tetapi juga dapat menyebar ke tempat-tempat lain seperti paru-paru, otak, peritoneum (lapisan rongga perut), atau ke kelenjar getah bening yang jauh seperti ciri kanker usus dan lambung. Dalam kebanyakan kasus, operasi tidak mungkin menyembuhkan kanker ini. Tetapi jika hanya ada beberapa area kecil kanker yang menyebar (metastasis) di hati atau paru-paru dan mereka dapat diangkat bersama dengan kanker usus besar, operasi dapat membantu Anda hidup lebih lama dan bahkan dapat menyembuhkan Anda.

Sponsors Link

Ini berarti melakukan pembedahan untuk mengangkat bagian usus besar yang mengandung kanker bersama dengan kelenjar getah bening di dekatnya, ditambah operasi untuk mengangkat area penyebaran kanker. Kemo biasanya diberikan juga, sebelum dan / atau setelah operasi. Dalam beberapa kasus, infus arteri hepatika dapat digunakan jika kanker telah menyebar ke hati. Jika metastasis tidak dapat dihapus karena terlalu besar atau terlalu banyak, kemo dapat diberikan sebelum operasi (neoadjuvant kemo). Kemudian, jika tumor mengecil, operasi untuk mengangkatnya dapat dicoba. Kemo kemudian akan diberikan lagi setelah operasi. Untuk tumor di hati, pilihan lain mungkin untuk menghancurkan mereka dengan ablasi atau embolisasi.

Jika kanker telah menyebar terlalu banyak untuk mencoba menyembuhkannya dengan pembedahan, kemo adalah pengobatan utama. Pembedahan mungkin masih dibutuhkan jika kanker menghalangi usus besar atau kemungkinan akan melakukannya.  Kadang-kadang, operasi seperti itu dapat dihindari dengan menempatkan stent (logam berongga atau tabung plastik) ke dalam usus besar selama kolonoskopi untuk tetap terbuka. Jika tidak, operasi seperti kolektomi atau mengalihkan kolostomi (memotong usus besar di atas tingkat kanker dan melampirkan ujung ke pembukaan di kulit pada perut untuk memungkinkan limbah keluar) dapat digunakan.

Jika Anda memiliki kanker stadium IV dan dokter Anda merekomendasikan operasi, sangat penting untuk memahami tujuan dari operasi apakah itu untuk mencoba menyembuhkan kanker atau untuk mencegah atau meringankan gejala penyakit. Kebanyakan orang dengan kanker stadium IV akan mendapatkan kemo atau terapi yang ditargetkan untuk mengendalikan kanker. Pilihan rejimen tergantung pada beberapa faktor, termasuk perawatan sebelumnya yang Anda miliki dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Jika salah satu dari rejimen ini tidak lagi bekerja, yang lain mungkin akan dicoba. Bagi orang-orang dengan perubahan gen tertentu dalam sel-sel kanker mereka, pilihan lain setelah kemoterapi awal mungkin pengobatan dengan obat imunoterapi seperti pembrolizumab (Keytruda). Untuk kanker lanjut, terapi radiasi juga dapat digunakan untuk membantu mencegah atau meredakan gejala seperti rasa sakit . Mungkin menyusut tumor untuk sementara waktu, tetapi itu tidak mungkin untuk menyembuhkan kanker. Jika dokter Anda merekomendasikan terapi radiasi, penting bagi Anda untuk memahami tujuan perawatan.

, ,
Oleh :
Kategori : Kanker Otak

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.