15 Gejala Tumor Otak Stadium Awal Paling Sering Terjadi

Tumor otak merupakan penyakit yang disebabkan adanya pembelahan sel secara tidak terkendali sehingga menimbulkan gumpalan daging pada bagian otak yang dapat mengganggu fungsi otak. Tumor otak tidak jauh berbeda dengan kanker otak, hanya saja tumor otak biasanya ada yang ganas dan ada yang tidak. Tumor otak yang jinak atau diketahui sejak stadium awal akan lebih mudah ditangani bahkan harapan kesembuhannya relatif besar. Tumor otak akan memberikan dampak negatif tidak hanya pada otak dan syaraf saja namun pada anggota tubuh yang lainnya. (Baca juga: Radiasi HP Menyebabkan Kanker Otak)

Sponsors Link

Sebagai organ yang paling vital dalam mengatur seluruh fungsi tubuh, otak harus dijaga kesehatannya. Setidaknya kita perlu untuk menghindari berbagai hal yang dapat menyebabkan terjadinya tumor otak, salah satunya kebiasaan hidup yang  buruk dan terlalu lama menggunakan ponsel yang menghasilkan radiasi. Tumor otak menekan syaraf pada otak sehingga dapat menyebabkan rasa sakit dan menurunnya berbagai fungsi syaraf tubuh. Berikut ini merupakan beberapa gejala tumor otak pada tahap stadium awal yang wajib untuk diketahui. (Baca juga: Ciri-ciri Awal Kanker Otak)

1. Sering Pusing atau Sakit Kepala

Pusing atau sakit kepala memang bisa mengindikasikan berbagai jenis penyakit, namun jika sakitnya berkepanjangan dengan intensitas waktu yang lama sebaiknya Anda perlu waspada. Rasa sakit pada bagian kepala akibat adanya tumor otak semakin lama akan semakin sakit dan sering terjadi. Selain itu, sakit kepala ini bisa disertai kejang dan rasa sakit tersebut amat sakit tak tertahankan terutama di pagi hari. Sakit kepala ini juga akan semakin terasa hebat saat Anda menggeleng-gelengkannya dalam keadaan membungkuk.

2. Sering Mengalami Muntah

Muntah biasanya identik dengan adanya gangguan pada lambung atau masuk angin biasa. Namun tahukah Anda kalau muntah sering terjadi disertai rasa pusing bahkan hingga muntah berwarna kehijauan bisa menjadi pertanda adanya tumor pada otak. Jika Anda sering mengalami muntah tanpa sebab yang jelas diiringi pusing yang luar biasa, sebaiknya konsultasi kepada dokter untuk melakukan tes darah dan melakukan CT scan untuk melihat keadaan otak Anda. (Baca juga: Penyebab Kanker Otak Pada Anak)

3. Sering Mengalami Pingsan Mendadak

Tumor otak menimbulkan rasa sakit yang luar biasa dan dapat membuat seseorang mendadak pingsan karena tidak sanggup menahan rasa sakit tersebut. Jika Anda atau anggota keluarga ada yang sering mengalami hal seperti ini sudah semestinya untuk memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatan. Setidaknya pendeteksian dini akan menyelamatkan nyawa karena dapat diketahui penyakitnya sebelum menyebar ke jaringan lain.

4. Kemampuan Penglihatan Menurun

Syaraf mata juga dapat terganggu akibat adanya tumor pada otak. Kemampuan penglihatan akan menurun drastis dan tiba-tiba. Berbeda dengan kondisi mata yang mengalami rabun dekat atau jauh yang gejalanya terjadi perlahan-lahan. Pada kasus tumor otak, mata yang dalam keadaan sehat akan mendadak menjadi rabun dan sulit fokus untuk melihat suatu objek tertentu. Bahkan pada tahap lanjut tumor otak dapat menyebabkan seseorang mengalami kebutaan. (Baca juga: Gejala Awal Kanker Bibir)

5. Sulit Melakukan Konsentrasi

Otak sebagai tempat paling krusial untuk menyimpan memori dan berpikir terhadap sesuatu, akan mengalami gangguang fungsi jika terdapat tumor pada otak. Tumor yang menekan syaraf akan mengganggu seluruh sistem syaraf, menghambat penyimpanan dan pengolahan memori dan membuat seseorang kesulitan untuk berkonsentrasi. Tumor otak dapat membuat seseorang menjadi mudah lupa dan tidak dapat melakukan fungsinya dengan normal.

Sponsors Link

6. Sering Mengalami Kejang-kejang

Kejang dapat terjadi akibat adanya gangguan pada otak akibat syaraf dan aliran darah di otak mengalami penyumbatan. Penyumbatan terjadi akibat tumbuhnya sel tumor sehingga menekan jaringan otak dan pembuluh darah. Kondisi tersebut akan mengakibatkan kejang. Memang kejang bisa menjadi gejala penyakit lain, namun Anda harus waspada dan segera melakukan pemeriksaan jika kejang sering terjadi tanpa diawali gejala apapun. (Baca juga: Pengobatan Kanker Usus)

7. Mengalami Perubahan Mental

Adanya tumor otak akan mengganggu fungsinya karena seluruh syaraf tertekan. Akibatnya seseorang yang mengalami tumor otak akan mulai mengalami perubahan mental seperti mudah mengantuk, sulit berkonsentrasi, mudah lupa, sulit untuk fokus bahkan hilang ingatan. Karena itu jika salah satu gejala tersebut terjadi pada Anda segeralah menemui dokter ahli untuk mendapatkan penanganan yang tepat secepat mungkin.

8. Menurunnya Indera Pendengaran dan Penciuman

Tumor otak juga dapat menyebabkan kemampuan pendengaran menurun secara tiba-tiba. Padahal biasanya telinga dapat berfungsi dengan normal, namun karena adanya tumor tersebut secara mendadak pendengaran menjadi berkurang. Selain itu indera penciuman juga mengalami penurunan fungsi yang signifikan dan mendadak. Kondisi ini menandakan tumor otak telah berkembang dan mempengaruhi organ lain yang paling dekat posisinya dengan otak. (Baca juga: Penyebab Retinoblastoma)

ads

9. Anggota Tubuh Sulit Digerakkan

Penurunan kemampuan syaraf dan fungsi otak juga akan berdampak pada gerakan anggota tubuh yang tidak lagi terkoordinasi dengan baik. Anggota tubuh menjadi sulit untuk digerakkan, dan seringkali tidak sesuai gerakannya dengan apa yang diperintahkan otak. Kondisi ini dipicu semakin berkembangnya tumor otak yang mengakibatkan syaraf pada otak tidak dapat berfungsi dengan baik.

10. Mengalami Kelumpuhan

Pada kondisi yang lebih lanjut, seseorang yang menderita tumor otak bahkan dapat mengalami kelumpuhan. Hal ini dikarenakan syaraf yang tertekan lama kelamaan akan mati sehingga tidak dapat berfungsi lagi dalam menyampaikan pesan otak terhadap pergerakan anggota tubuh. Biasanya kelumpuhan akan diawali pada daerah wajah, dan akan menjalar ke bagian anggota tubuh lainnya seiring berjalannya waktu. (Baca juga: Manfaat Daun Sirsak Untuk Kanker Otak)

11. Siklus Menstruasi Menjadi Tidak Normal

Tumor otak bahkan dapat membuat organ lainnya tidak dapat berfungsi dengan baik. Adanya tumor pada otak akan mengganggu produksi hormon sehingga dapat mempengaruhi siklus menstruasi pada seorang wanita. Bahkan menstruasi dapat berhenti dan tidak terjadi lagi, padahal wanita terbut tidak dalam keadaan hamil. Jika ini terjadi sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mencegah kondisi kesehatan semakin memburuk.

12. Mengalami Demensia

Demensia terjadi karena adanya gangguan pada otak. Salah satu penyebabnya bisa jadi karena adanya tumor pada otak. Setidaknya 7 dari 50 orang penderita tumor otak akan mengalami demensia. Karena itu sangat penting untuk mengetahui adanya tumor pada otak secepat mungkin agar terhindar dari gejala yang lebih menakutkan. (Baca juga: 6 Cara Diagnosis kanker Otak)

13. Mengalami Gangguan kesadaran

Tumor otak secara perlahan akan menurunkan kemampuan otak dan sistem syaraf hingga dapat mempengaruhi kesadaran seseorang. Gangguan kesadaran di sini bukan berarti hanya pingsan saja, namun juga sering terkejut, mudah melamun dan lupa sedang mengerjakan sesuatu. Kondisi akan semakin parah seiring dengan semakin besarnya tumor pada otak.

14. Berat Badan Menurun

Hampir semua penderita kanker dan tumor akan mengalami penurunan berat badan yang cukup drastis. Pada kasus tumor otak, kemungkinan gangguan fungsi syaraf akan mempengaruhi gangguan metabolisme tubuh dan menurunkan nafsu makan seseorang sehingga orang tersebut akan mengalami penurunan berat badan yang terjadi secara tiba-tiba. (Baca juga: Pengobatan Kanker Tulang Belakang)

15. Mengalami Demam

Demam dapat terjadi jika terdapat infeksi di dalam tubuh, sebagai reaksi imunitas tubuh dalam melawan penyakit. Gejala ini juga bisa muncul jika ada tumor otak yang menyerang. Demam yang terjadi dalam waktu yang lama dan sering harus diwaspadai karena dapat menjadi pertanda adanya tumor pada otak. Demam ini bahkan terjadi tanpa sebab yang jelas dan terjadi terus menerus.

Itulah gejala tumor otak stadium awal yang wajib untuk diketahui dan diwaspadai. Dengan mengetahui gejala tersebut kita dapat mengantisipasi kemungkinan terburuk dan dapat mencegah sel tumor berkembang lebih luas. Penddeteksian sedini mungkin akan menyelamatkan nyawa penderita tumor otak bahkan jika diketahui dalam stadium awal masih bisa disembuhkan tanpa melalui proses pembedahan. (Baca juga: Penyebab Tumor Jinak Menjadi Ganas)

, , ,
Post Date: Friday 30th, June 2017 / 02:26 Oleh :
Kategori : Kanker Otak