11 Gejala Tumor Otak Ringan yang Patut Diwapadai

Penyakit tumor otak merupakan kondisi dimana terdapat massa yang terbentuk di otak pada bagian tertentu dan massa tersebut tidak memiliki fungsi sama sekali. Tumor dapat muncul diakibatkan banyak faktor seperti makanan penyebab tumor otak, radiasi hp dan pola hidup yang tidak sehat. Tumor otak berbeda dengan kanker otak, namun tumor yang ganas dapat berubah menjadi kanker apalagi jika tidak segera ditangani. Gejala tumor otak umumnya mirip dengan gejala kanker otak ringan, seperti nyeri kepala gejala awal tumor otak, sering muntah dan sulit berkonsentrasi. Kita perlu mengetahui gejala tersebut agar dapat menentukan cara mencegah kanker otak sedini mungkin, dan bila memang tumor tersebut muncul, kita bisa segera bertindak untuk menjalani pengobatan. Nah, berikut ini terdapat beberapa gejala tumor otak ringan yang perlu untuk kita ketahui agar bisa mewaspadainya.

Sponsors Link

1. Pusing dan Nyeri Kepala

Semua orang memang pasti pernah mengalami nyeri kepala, namun biasanya akan segera hilang. Jika sakit kepala sering terjadi dan berlangsung lama, sebaiknya waspada karena bisa jadi terdapat gangguan pada otak seperti tumor otak. Pusing yang hebat juga bisa menandakan gejala awal kanker otak, jadi sebaiknya segera diperiksakan bila terus terjadi.

2. Mual dan Muntah

Mual dan muntah sering dikaitkan dengan masuk angin atau gangguan pada lambung, padahal kondisi tersebut juga bisa menandakan adanya tumor otak. Apalagi jika muntah terjadi hampir setiap hari dengan cairan yang berwarna kehijauan. Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatan, karena muntah yang berlebihan juga bisa menandakan penyakit tumor otak.

3. Terjadi Perubahan Mental

Adanya massa yang muncul pada otak, tentu akan membuat fungsi otak terganggu. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap perasaan, mental dan emosional seseorang. Jadi jika seseorang mengalami perubahan mental yang signifikan secara mendadak dan tidak diketahui penyebabnya, bisa jadi ia menderita tumor otak ringan.

4. Kesulitan Berkonsentrasi

Fungsi otak yang terganggu akibat tumor otak juga dapat membuat seseorang mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi. Hal ini dikarenakan kepala sering terasa sakit dan saat otak digunakan untuk berpikir rasa sakit semakin hebat sehingga tidak mampu bekerja dengan baik.

5. Mudah Lupa

Selain sulit untuk fokus dan berkonsentrasi, penderita tumor otak ringan juga sangat mudah lupa atau tidak mampu mengolah memorinya dengan baik. Ciri-ciri kanker otak ringan ini akan semakin parah jika tumor tidak segera diangkat. Karena itu segera periksa jika mengalami pikun secara mendadak dan signifikan.

6. Mengalami Kejang

Otak memiliki peranan yang sangat penting dalam mengatur seluruh fungsi tubuh, baik produksi hormon, mengelola perasaan hingga otot seluruh tubuh. Akibatnya, saat muncul tumor otak, penderitanya dapat mengalami kejang otot, dan yang paling membahayakan jika kejang terjadi pada otot jantung atau paru karena dapat menyebabkan kematian.

7. Sulit Melakukan Pergerakan

Akibat tumor otak yang dapat menyebabkan tubuh mengalami kejang, tubuh pun dapat mengalami gangguan dalam pergerakan. Penderita tumor otak seringkali merasa tiba-tiba tidak bisa menggerakkan kakinya atau mengangkat tangannya, karena saraf yang mengatur tindakan tersebut pada otak sedang terganggu akibat adanya massa tumor.

Sponsors Link

8. Gangguan Penglihatan

Mata merupakan organ yang dekat dengan otak, karena itu jika otak terganggu akibat munculnya tumor mata pun dapat ikut terganggu apalagi jika tumor sudah semakin parah. Akibatnya, kemampuan penglihatan akan menurun drastis, sehingga jika kondisi tersebut terjadi tiba-tiba perlu segera diperiksakan ke dokter. Kondisi ini juga bisa menjadi gejala dan ciri-ciri kanker otak yang sangat penting untuk diwaspadai.

9. Hilangnya Nafsu Makan

Tumor otak juga dapat mempengaruhi fungsi organ pencernaan termasuk mengganggu kerja lambung. Akibatnya nafsu makan menjadi menurun dan penderita tumor otak akan menjadi malas untuk makan. Bila ini terus terjadi tentu akan memperburuk kondisi kesehatan karena tubuh akan kekurangan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk kegiatan sehari-hari.

10. Berat Badan Menurun

Akibat nafsu makan yang terus berkurang, tubuh akan kekurangan berbagai nutrisi sehingga lama kelamaan akan menjadi kurus. Penurunan berat badan ini pun biasanya terjadi spontan sehingga kita perlu waspada jika ini terjadi. Bantu atasi masalah tersebut dengan rutin mengkonsumsi makanan sehat untuk penderita kanker otak.

11. Mengalami Demam

Meski jarang, penderita tumor otak ringan juga dapat mengalami demam yang intensitasnya cukup tinggi. Demam dapat terjadi tanpa sebab dan terkadang disertai rasa pusing yang hebat. Tumor otak yang muncul dapat menyebabkan peradangan pada otak sehingga perlu segera diatasi.

Itulah gejala tumor otak ringan yang penting untuk diwaspadai. Untuk mencegahnya, hindari makanan penyebab tumor otak dan biasakan untuk menjalani pola hidup sehat. Jika otak dapat terjaga kesehatannya, maka otak akan berfungsi optimal dan seluruh fungsi organ tubuh juga akan berfungsi dengan baik.

, , , , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Papsmear adalah salah satu tindakan medis yang ampuh mencegah kanker serviks. Yuk Ketahui Prosedur, cara, dan manfaatnya.