17 Gejala Kanker Otak Stadium Awal – Primer dan Sekunder

Jenis kanker otak sangat banyak, penamaanya berdasarkan sel apa yang mendasari munculnya tumor dalam otak. Beberapa jenis tumor otak yang ada di Indonesia adalah tumor sel glial (glioma), meliputi glioma derajat rendah (astrositoma grade I dan grade II, oligodendroglioma), glioma derajat tinggi (astrositoma anaplastik (grade III)), glioblastoma (grade 4), anaplastik oligodendroglioma, meningioma, tumor hipofisis, dan schwanoma.

Sponsors Link

Gejala yang timbul pada pasien dengan kanker otak tergantung oleh lokasi tumor dan tingkat pertumbuhan tumor. Namun, terdapat beberapa gejala awal yang sering dialami oleh penderita tumor otak, yaitu sakit kepala hebat disertai muntah yang menyemprot, gangguan saraf yang bertahap, kejang, penurunan fungsi kognitif. Glioma derajat rendah gejala awalnya adalah kejang, sedangkan glioma derjata tinggi lebih sering ditemukan gejala berupa gangguan saraf bertahap dan peningkatan tekanan dalam otak. (Baca juga: tanda tumor otak , Penyebab Kanker Otak Pada Anak)

  1. Tumor otak primer
  • Gejala umum

Keluhan yang timbul dapat berupa sakit kepala, penurunan nafsu makan, mual, muntah yang menyemprot, kejang, gangguan saraf bertahap seperti penglihatan dobel, letak bintik hitam mata yang tidak pas ditengah saat melihat lurus (kelainan ini disebut dengan strabismus), gangguan keseimbangan, kelumpuhan anggota gerak tubuh. (Baca Juga: Kemoterapi Kanker Otak , Penyebab Kanker Batang Otak)

Nyeri yang dirasakan dapat diakibatkan oleh tumor otak sendiri akibat tarikan tumor terhadap reseptor nyeri disekitar tumor. Nyeri yang timbul dapat dirasakan lokal pasa satu sisi kepala atau menyebar ke daerah sekitarnya yang disebut nyeri neuropatik.

Epilepsi atau kejang dapat menjadi tanda awal kanker otak. Tiga puluh persen pasien akan mengalami gejala kejang sebagai manifestasi awal. Bentuk bangkitan kejang tersering pada pasien kanker otak adalah kejang separuh badan dengan atau tanpa berkembang menjadi kejang seluruh tubuh. (baca juga: ciri awal kanker otak– gejala awal kanker otak)

  • Gejala kognitif

Gangguan pada daya pikir anda mungkin juga dapat menjadi tanda awal dari tumor otak terutama tumor glioma derajat rendah, limfoma atau metastasis dari tumor lain. Gangguan kognitif dapat terlihat dari berkurangnya daya ingat, daya berpikir berhitung, membaca dan menulis, kemapuan mengenali orang , ruang dan waktu. Gangguan pada fungsi ini dapat terjadi karena kerusakan langsung pada otak akibat massa tumor itu sendiri atau akibat dari terapi kanker otak seperti pembedahan, kemoterapi kanker otak dan radioterapi. (Baca juga: langkah pengobatan kanker otak secara medis , tahapan operasi kanker otak)

  1. Tumor otak sekunder

Jumlah kejadian tumor otak sekunder ditemukan empat kali lebih banyak dibandingkan dengan jumlah tumor otak primer. Jumlah tumor otak sekunder akan terus bertambah dengan meningkatnya populasi lanjut usia serta meningkatnya kemajuam ilmu kedokteran karena dapat mendeteksi kanker otak dan memberikan penatalaksanaannya dengan baik. Tumor otak sekunder sebagian besar berasal dari kanker paru stadium 4, yaitu sebanyak 50%, 15-25% berasal dari kanker payudara stadium 4, 5-20% berasal dari kanker kulit, kanker usus dan kanker ginjal, sisanya sebanyak 15% tidak diketahui asal tumor primernya.

Baca juga:

Sponsors Link

Gejala dari tumor otak sekunder kurang lebih hampir sama dengan tumor otak primer

  1. Tanda peningkatan tekanan dalam otak. Gejala ini berupa nyeri kepala hebat dan mual. muntah
  2. Gejala fokal. Gejala ini dapat berupa kelumpuhan pada sebagian anggota gerak baik kanan atau kiri, bawah atau atas tanpa disertai dengan gangguan sensorik. Penekanan saraf yang ada di kepala, seperti saraf mata, saraf pada telinga.
  3. Kejang
  4. Perubahan perilaku
  5. Lemah badan
  6. Penurunan kesadaran hingga koma
  7. Meningioma

(Baca Juga: Cara Mencegah Kanker Otak , Manfaat Daun Sirsak Untuk Pengobatan Kanker Otak)

Meningioma adalah tumor jinak yang sering muncul dan berasal dari selaput pembungkus otak. Tumor ini tumbuh dengan lambat sehingga dikategorikan sebagai tumor jinak. Tumor ini memiliki estimasi angka kejadian 13-26% dari tumor primer otak. Biasanya menyerang pasien yang berusia lebih dari 50 tahun. Wanita lebih banyak terserang daripada laki-laki.

Gejala yang menyerang pasien penderita meningioma adalah berupa gejala lesi desak ruang, yaitu:

  • Gejala peningkatan tekanan dalam kepala, meliputi hidrosefalus obstruktif yaitu peningkatan cairan otak karena tersumbat oleh massa tumor yang memberikan manifesatasi kepala membesar pada anak kecil dibawah 18 tahun atau nyeri kepala hebat pada orang dewasa disertai muntah yang menyemprot sepeperti gejala tumor otak primer. (Baca Juga: Cara Diagnosis Kanker Otak)
  • Kejang. Seperti gejala kejang pada kanker tumor primer, kejang pada tumor selaput otak ini dapat terjadi pada satu sisi tubuh misalnya tangan kiri dan kaki kiri saja atau sebaliknya tangan kanan dan kaki kanan saja atau anggota gerak atas saja atau anggota gerak bawa saja baik satu atau keduanya. Kejang satu sisi ini disebut dengan istilah kejang fokal. Kejang seluruh badan dapat terjadi pada seluruh tubuh yang disebut kejang umum atau general. Kejang fokal dapat berkembang menjadi kejang umum bergantung pada keadaan pasien. (Baca Juga: Bahaya Radiasi HP Menyebabkan Kanker Otak)
  • Gejala neuropsikologi berupa perubahan kepribadian dan gangguan disinhibisi, pasien akan lebih mudah marah dan bertingka agresif. Jika terdapat gejala ini biasanya tumor terletak pada bagian frontal.
    Sponsors Link

  • Serangan iskemik sementara adalah gejala yang muncul karena bagian tertentu otak kekurangan pasokang darah semetara. Gejalanya mirip seperti orang yang menderita stroke namun tidak bertahan lama, kurang dari 24 jam, hal ini berbeda dengan stroke dimana gejala lemah separuh badan bertahan lebih dari 24 jam.
  • Perdarahan dalam otak. Selaput otak adalah struktur otak yang mengandung banyak pembuluh darah. Gangguan pada selaput tersebut akan memicu terjadinya perdarahan di dalam kepala. Perdarahanya dapat terjadi di permukaan selaput otrak yang disebut hematom epidural, dibawah selaput otak duramater yang disebut perdarahan subdural, perdarahan yang terjadi dibawah lapisan selaput otak arachnoid yang disebut perdarahan subarachnoid dan yang terakhir perdarahan dalam otak atau ventrikel yang disebut intracranial hemorrhage dan intraventricullare hemorrage. (Baca juga: Manfaat Air Lemon Untuk Kanker)
  • Meningioma yang muncul pada jalur lintasan visual mata dapat menyebabkan gangguan pada mata berupa gangguan lapang pandangan, pasien dapat mengeluh bahwa pengliatannya seperti melihat melalui lubang kunci atau teleskop.
  • Meningioma yang berada didaerah sella turcica, yaitu bagian dasar terpurung kepala yang melindungi kelenjar hipofisis yang ada di otak. Massa tumor meningioma yang muncul di daerah tersebut dapat menyebabkan gejala kekurangan hormon hipofisis.
  • Sedangkan, meningioma yang berada pada sum- sum tulang belakang dapat menimbulkan gejala brown-sewqard.

(Baca juga: gejala kanker batang otak , Ciri ciri Awal Penderita Kanker)

Itulah tadi beberapa gejala awal dari berbagai macam kanker otak. Gejala kanker otak awal kanker otak yang palin sering adalah nyeri kepala hebat baik, mual dan muntah yang menyemprot. Semoga informasi dapat menambah wawasan anda.

, ,
Post Date: Monday 08th, May 2017 / 01:23 Oleh :
Kategori : Kanker Otak