6 Gejala Kanker Otak Stadium 3 yang Paling Berbahaya

Kanker otak bisa terjadi pada siapa saja tanpa memandang usia, karena itu kita harus selalu waspada jika salah satu gejalanya muncul pada tubuh kita. Terjadinya kanker otak tidak terlepas dari penyebab kanker otak stadium 1 yang semakin berkembang menuju stadium 3. Dari sekian banyak penyebab kanker otak, radiasi hp menjadi pemicu utama munculnya sel kanker pada otak. Efek radiasi tersebut menyebabkan sel otak mengalami gangguan hingga aktivitas sel menjadi abnormal. Radiasi hp juga menjadi penyebab kanker otak pada remaja yang paling sering terjadi karena belakangan ini demam hp android sedang menggandrungi anak muda.

Sponsors Link

Gejala Kanker Otak Stadium 3

Kanker otak pada stadium 3 biasanya telah menyebar ke jaringan lain dan sering menyebabkan kanker kelenjar getah bening, kanker tenggorokan dan kanker nasofaring. Agar dapat segera mendapat pengobatan, kita harus mengetahui gejala kanker otak stasium 3 seperti berikut ini.

1. Sakit Kepala yang Hebat

Kanker otak yang sudah memasuki stadium 3 cenderung telah merusak sebagian besar otak sehingga penyakit ini akan menimbulkan rasa sakit yang amat hebat. Rasa nyeri atau pusing pada kepala tidak akan mudah hilang meski meminum obat pereda nyeri sekalipun. Apalagi sakit kepala yang terjadi tidak hanya sekali namun berulang sehingga penderitanya akan sangat tersiksa hingga tidak beraktivitas dengan lancar.

2. Mimisan

Adanya sel kanker pada otak yang telah menyebar ke jaringan lain membuat pembuluh darah di sekitar otak, hidung dan leher mengalami gangguan, dan tak jarang pembuluh darah di dekat hidung pecah hingga penderitanya mengalami mimisan. Mimisan akan semakin sering terjadi seiring bertambah parahnya kanker tersebut. Darah akan keluar dari hidung meski tanpa disertai rasa sakit dan mengalir begitu saja seperti air.

3. Kepala dan Leher Kaku

Sel kanker yang telah menyebar membuat sebagian syaraf maupun organ tubuh yang lain mengalami gangguan hingga kerusakan sehingga beberapa bagian tubuh mungkin akan terasa sulit untuk digerakkan. Gejala ini mungkin awalnya akan dianggap sebagai gejala radang sendi, pegal biasa atau kelelahan karena aktivitas yang berat. Namun semakin lama gejala akan semakin parah, dan itu artinya Anda harus segera memeriksakan diri ke rumah sakit.

4. Menurunnya Daya Ingat

Seseorang yang terserang kanker otak tentu akan mengalami gangguan fungsi otak, hingga dapat menyebabkan penurunan daya ingat. Penderita juga akan merasa kesulitan untuk berkonsultasi, dan semakin sulit untuk mengingat kejadian yang baru saja dialaminya. Hal ini dikarenakan sel syaraf sudah rusak sehingga tidak mampu digunakan untuk berpikir.

5. Kaki dan Tangan Sulit Digerakkan

Meski kaki dan tangan cukup jauh dari otak, namun berbagai ujung syaraf berakhir pada bagian tersebut, sehingga jika pada otak terdapat sesuatu yang merusak seperti kanker maka dampaknya akan menjalar ke organ tubuh tersebut. Saat kanker otak semakin mengganas, penderitanya pun tidak akan mampu mengangkat kaki dan tangannya sendiri. Karena otot semakin kaku serta syarafnya tidak mendapat sinyal dari otak untuk melakukan hal yang biasa dikerjakan atau aktivitas harian di rumah.

6. Keseimbangan Tubuh Menurun

Penyakit kanker otak pada stadium 3 akan menyebabkan penderitanya mengalami gangguan koordinasi sehingga muda terjatuh bahkan saat sedang berjalan biasa. Tangan dan kaki mudah terasa sakit dan tanpa alasan yang jelas keseimbangan tubuh akan terus menurun.

Kanker otak stadium 3 memang sudah menunjukkan kondisi tubuh penderitanya semakin lemah dan penyakit semakin parah sehingga sulit untuk disembuhkan. Namun jika penderitanya mampu menguasai emosi dan pikiran serta menjalani pola hidup yang benar-benar sehat maka peluang kesembuhan tetap ada. Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan sehari-hari pencegah kanker untuk terhindar dari penyakit berbahaya tersebut.

, , , ,