12 Gejala Awal Kanker Bibir Paling Berbahaya

Kanker bibir memang tidak sebanyak kanker paru-paru kasusnya. Mengingat lokasi bibir pada tubuh yang cukup terlihat dari luar, gejala awal kanker bibir sebetulnya dapat dideteksi dengan cepat dan mudah dilakukan perawatan ketika stadium kanker masih rendah. Kanker bibir sendiri lebih banyak menyerang belahan bibir bagian bawah. Diperkirakan sekitar 12 kali lebih banyak kanker bibir yang menyerang bibir bawah.

Sponsors Link

Kanker bibir sebetulnya termasuk dalam kategori kanker kulit. Kanker yang banyak menyerang pria dengan kulit putih di atas 50 tahun ini menyumbangkan hanya sekitar 0,6% dari keseluruhan jenis kanker yang ada. Penyebab kanker bibir yang paling utama adalah tereksposnya bibir pada sinar matahari dalam waktu yang sangat lama. (Baca juga : Gejala Awal Kanker Lidah)

Kebiasaan buruk merokok dan mengonsumsi alkohol juga diperkirakan dapat memicu timbulnya kanker bibir, namun sekitar 90% kasus kanker bibir disebabkan oleh paparan sinar UV. Sebuah penelitian yang dilakukan di Kanada untuk para petani juga telah membuktikan bahwa mereka yang bekerja seharian di luar ruangan tiga kali lebih berisiko terkena kanker bibir.

Kanker bibir sering disamakan dengan kanker mulut. Hanya saja kanker mulut lebih luas cakupannya, mencapai lidah, dinding mulut, hingga langit-langit mulut dan dasar mulut. Kanker bibir sendiri lebih khusus menyerang sel di bagian bibir. (Baca : Gejala Kanker Bibir )

Untuk lebih mengantisipasi terlambatnya penanganan terhadap kanker bibir, sebaiknya Anda mengetahui gejala-gejala awal untuk kanker bibir, seperti beberapa hal berikut.

  1. Terdapat Bercak Tidak Normal Pada Bibir

Bibir yang normal memiliki warna merah muda. Jika sering merokok dan mengonsumsi makanan berminyak, warna bibir dapat berubah menjadi merah gelap atau sedikit kehitaman. Pada bibir yang sehat, warna bibir cukup merata dari ujung ke ujung tanpa adanya bercak tak normal. Satu gejala awal untuk kanker bibir adalah timbulnya bercak berwarna putih, merah, atau campuran antara keduanya. Sekilas bercak ini tentunya mirip dengan sariawan di bibir, namun setelah beberapa waktu yang lama, bercak tidak kunjung hilang walaupun sudah diobati menggunakan obat sariawan.

  1. Pembengkakan Pada Bibir

Setelah beberapa saat bercak-bercak tidak normal muncul, selanjutnya penderita kanker bibir akan merasakan pembengkakan pada bibir. Hal ini sangat wajar terjadi pada penderita kanker bibir. Sel kanker timbul karena adanya pertumbuhan tidak normal dari sel sehat sehingga terus menghasilkan multiplikasi sel dalam jumlah banyak di waktu yang sangat singkat. Pertumbuhan sel yang cepat ini kemudian tentunya akan membuat bibir menjadi bengkak dan ukurannya lebih tebal dibandingkan bibir normal. (Baca juga : Tanda Kanker Pita Suara , Gejala Kanker Pita Suara )

Sponsors Link

  1. Pembengkakan di Gusi

Selain pembengkakan yang terlihat di bagian bibir, penderita kanker bibir bisa juga mengalami gejala awal berupa pembengkakan pada bagian gusi, terutama yang letaknya dekat dengan bibir. Alasan yang sama juga berlaku untuk pembengkakan pada gusi. Bengkak pada gusi ini pastinya berbeda dengan bengkak karena sakit gigi. Jika gusi membengkak tanpa disertai rasa sakit gigi, sebaiknya Anda segera berkonsultasi pada dokter.

  1. Pendarahan Pada Gusi

Pembengkakan pada gusi juga lama-kelamaan dapat memicu pendarahan karena pecahnya bagian yang bengkak tersebut. Pendarahan disebabkan karena dinding gusi tidak sanggup lagi menahan pertumbuhan sel kanker yang semakin banyak hingga akhirnya pecah dan menyebabkan pendarahan. Pendarahan pada kasus kanker bibir dapat terjadi berulang kali di tempat yang sama. (Baca juga : Tanda Awal Kanker Gusi)

  1. Terdapat Benjolan Pada Leher

Satu lagi gejala awal untuk kanker bibir, yaitu munculnya benjolan pada leher yang dapat terlihat. Benjolan pada leher ini disebabkan oleh penyebaran sel kanker ke bagian dalam leher sehingga membentuk tumor yang akhirnya juga menciptakan benjolan. (Baca juga : Perbedaan Kanker Tiroid dan Gondok )

ads
  1. Penebalan Kulit Bibir

Penebalan pada kulit bibir juga dapat menjadi salah satu gejala kanker bibir. Penebalan pada bibir dapat terjadi di sebagian bibir atau di titik tertentu. Kulit bibir akan terasa mengeras, lebih tebal, dan kering. Setelah terjadi penebalan beberapa saat, kulit bibir dapat mengelupas hingga berdarah. (Baca juga : Gejala Kanker Tonsil , Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening Di Leher)

  1. Nyeri Pada Bagian Telinga

Bibir termasuk mulut adalah organ yang sangat berhubungan dengan telinga, oleh karena itulah jika terjadi masalah pada salah satunya, biasanya orang akan menghubungi dokter THT (telinga, hidung, tenggorokan). Tanda kanker bibir dapat pula terlihat dengan rasa nyeri pada bagian telinga yang terus mengganggu. Nyeri pada telinga jika dibiarkan juga dapat menyebabkan gangguan pendengaran pada penderita kanker bibir. (Baca juga : Ciri ciri Kanker Tenggorokan , Penyebab Kanker Pita Suara )

  1. Membengkaknya Pipi

Jika sel-sel kanker sudah mulai menyebar ke bagian tubuh lainnya, pipi adalah salah satu bagian tubuh yang paling dekat dengan bibir, sehingga tidak heran para penderita kanker bibir akan mengalami pembengkakan pula di bagian pipi. Pipi akan membesar seperti sedang sakit gigi, namun bedanya tentu saja bukan disebabkan oleh gigi yang bermasalah. (Baca juga : Penyebab Kanker Tiroid)

  1. Gigi Mudah Tanggal

Kanker bibir juga akan berpengaruh besar pada bagian gusi. Gusi menjadi kurang kuat untuk menyediakan tempat yang kokoh bagi gigi, sehingga gigi jadi mudah tanggal. Kondisi ini mirip juga dengan gejala-gejala yang ditimbulkan ketika seseorang terkena kanker mulut. (Baca juga :  Kanker Mulut ,  Makanan Penyebab Kanker Mulut )

  1. Sulit Mengunyah Makanan

Keadaan bibir yang kian menyakitkan terutama ketika bergesekan antara bibir atas dan bibir bawah akan membuat penderita kanker bibir kesulitan untuk mengunyah. Berbicara saja bahkan sudah sulit, dapat dibayangkan sulitnya untuk mengunyah makanan. Kesulitan mengunyah makanan juga menjadi penyebab utama berat badan para penderita kanker bibir terus berkurang kian cepat. (Baca juga :  Gejala Kanker Tiroid )

  1. Nyeri Pada Rongga Mulut dan Tenggorokan

Sakitnya bagian bibir akan terasa pula hingga ke dalam rongga mulut, bahkan hingga mencapai tenggorokan. Apalagi jika sel kanker sudah kian menyebar dan sulit dikendalikan. Rasa nyeri ini bertambah jika kanker bibir sudah berkembang hingga mencapai kanker mulut atau kanker tenggorokan. (Baca lebih lanjut :  Ciri ciri Kanker Nasofaring)

  1. Lidah Berwarna Pucat

Lidah sehat normalnya berwarna merah muda segar. Namun untuk para penderita kanker bibir, warna lidah akan berubah menjadi pucat dan terlihat tidak sehat. Hal ini dikarenakan sudah bercampurnya sel sehat pada lidah dengan sel kanker yang menyebar hingga ke bagian lidah. (Baca juga : Penyebab Kanker Lidah)

Demikianlah 12 macam gejala kanker bibir yang perlu diwaspadai terutama untuk Anda yang merasa berpotensi terkena kanker bibir. Tentunya mencegah akan lebih baik daripada terlambat dan harus mengobati. Mari mulai hentikan kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan kanker dan mulai pola hidup s ehat dari sekarang. (Baca juga : Cara Mencegah Kanker Lidah)

, ,
Post Date: Tuesday 02nd, May 2017 / 09:21 Oleh :
Kategori : Kanker Otak