12 Ciri-ciri Orang yang Terkena Kanker Otak Paling Berbahaya

Kanker otak bisa dibilang cukup banyak menyerang di berbagai kalangan usia, dan penyakit ini semakin meningkat semenjak penggunaan ponsel semakin intensif. Kanker otak memang sering dihubungkan dengan radiasi yang berasal dari hp, dan memang sebagian kasus ditemukan radiasi hp menyebabkan kanker otak jika hp terus digunakan dalam waktu yang lama. Gejala awal kanker otak seringkali tidak dirasakan penderitanya, dan kalaupun muncul hanya dianggap sebagai penyakit ringan biasa. Padahal jika dapat diketahui lebih cepat, hal ini dapat menjadi cara mencegah kanker otak semakin parah dan bisa lebih mudah untuk disembuhkan.

Sponsors Link

Tingkat keparahan dapat ditentukan dari stadium kanker otak, dimana semakin tinggi stadiumnya maka semakin parah kondisi kanker. Efek kanker otak sangat berbahaya bagi penderitanya, dan yang terparah dapat menyebabkan kematian. Karena itu sangat penting mengetahui ciri-ciri awal kanker otak agar dapat segera mendapat pengobatan kanker otak secara medis. Berikut ini merupakan ciri-ciri orang yang terkena kanker otak dari stadium awal hingga lanjut.

1. Sakit Kepala

Umumnya sakit kepala yang diderita oleh sebagian besar orang merupakan gejala penyakit ringan yang dapat sembuh dalam waktu singkat. Namun berbeda dengan sakit kepala yang terjadi akibat kanker otak, karena sakit kepal tersebut akan terus muncul dalam waktu lama dan terkadang tidak sembuh meski telah meminum obat pereda nyeri.

2. Mual dan Muntah

Terganggunya sel saraf pada otak tentu dapat mempengaruhi berbagai organ tubuh karena otak merupakan pusat dari seluruh saraf yang tersebar di seluruh tubuh. Salah satu organ yang terganggu adalah lambung, sehingga penderitanya sering merasakan mual bahkan hingga muntah karena aktivitas lambung yang menjadi kacau.

3. Mengalami Perubahan Mental

Gangguan pada otak yang disebabkan sel kanker dapat mempengaruhi fungsi saraf yang mengatur perasaan dan daya ingat. Karena itu penderita kanker otak cenderung mengalami perubahan mental seperti sulit berkonsentrasi, mudah tersinggung, mudah lupa dan mengalami gangguan tidur.

4. Kesulitan Bergerak

Saraf dan otot pada alat gerak tubuh dikoordinasi oleh sistem saraf pusat di otak, sehingga orang yang terkena kanker otak cenderung mengalami kesulitan untuk bergerak dan mengkoordinasikan tubuhnya sendiri. Hal ini dikarenakan fungsi otak terganggu sehingga tidak mampu mengatur gerak tubuhnya dan sering kehilangan keseimbangan.

5. Penglihatan Berkurang

Kanker otak juga sering mempengaruhi kemampuan mata untuk melihat, karena letaknya yang saling berdekatan maka sel kanker sangat mudah untuk menyerang mata. Karena itu tidak heran bila penderita kanker otak sering mengalami gangguan penglihatan karena matanya ikut terganggu dan menjadi kabur.

6. Mengalami Kebutaan

Selain penglihatan yang menjadi kabur atau tidak jelas, kanker mata juga rentan menyebabkan seseorang mengalami kebutaan. Kondisi tersebut menunjukkan sel kanker sudah menyebabkan kerusakan sel yang cukup berat sehingga mata kehilangan fungsinya untuk melihat.

7. Mengalami Kejang

Kejang juga dapat dialami penderita kanker otak, karena terjadi gangguan saraf baik pada otak maupun bagian tubuh lainnya. Pengiriman sinyal antar sel saraf yang terganggu dapat menjadi penyebab terjadinya kejang pada penderita kanker otak, meskipun orang tersebut tidak sedang demam tinggi.

8. Mengalami Ketidaksadaran

Orang yang terkena kanker otak juga rentan mengalami pingsan atau kehilangan kesadaran. Selain karena rasa sakit yang muncul sangat hebat, kehilangan kesadaran ini dapat dipicu oleh gangguan fungsi otak untuk membuat seseorang tetap terjaga.

9. Penurunan Berat Badan

Penderita kanker otak dapat mengalami penurunan berat badan yang sangat drastis, terutama jika kankernya sudah bertambah parah. Hilangnya berat badan tersebut disebabkan nafsu makan yang terus berkurang hingga nutrisi untuk tubuh yang diserap oleh sel kanker untuk membantu perkembangannya semakin luas.

10. Kehilangan Sensasi

Kanker otak dapat membuat sebagian besar saraf terganggu sehingga menyebabkan beberapa bagian tubuh mengalami kehilangan sensasi atau mati rasa. Hal ini akan terus terjadi selama kanker otak masih belum disembuhkan. Akibatnya tangan dan kaki tidak mampu merasakan apapun karena saraf tidak lagi berfungsi.

11. Mengalami Kelupuhan

Terganggunya fungsi otak dalam mengatur seluruh aktivitas tubuh dapat menyebabkan berbagai gejala yang cukup memberatkan, termasuk salah satunya mengalami kelumpuhan. Hal ini dikarenakan otot dan saraf tidak lagi dapat dikendalikan otak, serta tidak mampu memberikan perintah untuk melakukan menggerakkan otot tubuh.

Sponsors Link

12. Gangguan Indera Penciuman dan Pendengaran

Selain merusak organ mata, kanker otak juga cenderung merusak organ telinga dan hidung sehingga kemampuan penciuman dan pendengaran akan terganggu. Hal ini semakin parah jika kanker tidak segera diobati, bahkan bis bersifat permanen.

Demikian ciri-ciri orang yang terkena kanker otak. Dengan mengetahui ciri-ciri tersebut maka kita dapat mengantisipasi penyakit tersebut dan segera melakukan pengobatan untuk mencegah penyakit kanker otak semakin ganas. Pengobatan yang cepat dan tepat dapat memperbesar peluang kesembuhan pada orang tersebut sehingga dapat beraktivitas normal kembali.

, , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.