7 Ciri-ciri Kanker Otak Stadium 2 yang Paling Umum Terjadi

Kanker otak termasuk jenis kanker yang sering menyerang baik di kalangan anak-anak maupun orang dewasa di berbagai tingkatan usia. Penyakit satu ini menyerang otak yang menjadi organ paling vital dalam mengatur seluruh sistem di dalam tubuh. Karena itu penderita kanker otak biasanya akan mengalami gangguan baik pada saraf, fisik maupun fungsi organ tubuh lainnya. Kanker otak dapat dibagi dalam beberapa stadium untuk menunjukkan tingkat keparahan dan luasnya persebaran sel kanker. Untuk kanker otak stadium 1 sendiri biasanya belum dapat dirasakan oleh si penderita, karena itu sangat jarang ada orang terdeteksi penyakitnya pada tahap ini. Kebanyakan penderita kanker otak terdiagnosis setelah memasuki stadium lanjut dan kebanyakan berada di stadium 2.

Sponsors Link

Kanker otak stadium 2 sudah lebih dapat dirasakan ciri-ciri maupun gejalanya. Ciri-ciri kanker otak stadium 2 yang juga hampir sama dengan gejala kanker otak pada wanita biasanya menunjukkan kondisi yang masih tergolong ringan hingga mulai terasa berat, namun masih bisa ditahan dan penderitanya masih dapat beraktivitas secara normal. Gejala ciri-ciri kanker otak dan penyebab kanker otak pada remaja sebaiknya diketahui oleh semua orang agar jika terjadi pada dirinya penyakit tersebut bisa segera diketahui dan diberi penanganan yang tepat. Pengobatan yang dilakukan di tahap awal akan memudahkan proses penyembuhan dan menekan resiko yang terjadi pasca pengobatan selesai dijalani.

Ciri-ciri Kanker Otak Stadium 2

Ciri-ciri kanker otak stadium 2 biasanya belum separah gejala kanker otak stadium 3, namun kita tetap harus berhati-hati karena pada stadium 2 penyakit kanker sudah lebih berbahaya dan harus seger diobati sebelum semakin parah. Adapun ciri-ciri dari kanker otak stadium 2 yang mudah terlihat dan dirasakan antara lain sebagai berikut.

1. Sakit Kepala yang Hebat

Kita mungkin sering mengalami sakit kepala hingga mengganggu aktivitas harian, namun sakit kepala biasa akan hilang setelah meminum obat atau beristirahat sebentar. Lain halnya jika sakit kepala yang muncul akibat adanya kanker otak, tentu sakit tersebut tidak akan hilang dan justru bertambah parah meski telah meminum obat pereda nyeri. Apalagi jika sakit kepala tersebut sering sekali terjadi hingga penderitanya merasa sangat kesakitan, hal tersebut harus segera diperiksakan ke dokter untuk ditangani dengan tepat.

2. Mengalami Perubahan Mental

Penderita kanker otak stadium 2 biasanya akan mulai mengalami perubahan mental, dan hal ini terjadi secara drastis. Perubahan mental tersebut antara lain mengalami masalah dalam hal penalaran, sulit berkonsentrasi, mudah emosi, kepribadian dan perilaku berubah, kehilangan sebagian memori hingga mengalami penambahan intensitas tidur.

3. Mudah Pingsan

Kanker otak juga dapat membuat penderitanya mudah jatuh pingsan, meski tidak mengalami anemia maupun tekanan darah rendah. Hal ini dikarenakan rasa sakit di kepala yang begitu hebat membuat penderitanya tidak dapat bertahan dan akhirnya kehilangan kesadaran. Kondisi ini akan sering terjadi karena itu sebaiknya jangan mengabaikannya dan segeralah periksakan ke dokter.

4. Sering Muntah

Muntah memang dapat dialami siapa saja, yang biasanya menandakan ada gangguan pencernaan yang sedang terjadi terutama di bagian lambung. Namun kita perlu waspada jika muntah sering terjadi tanpa disertai penyakit apapun sebelumnya, bahkan sampai mengeluarkan cairan hijau dan diiringi sakit kepala, karena bisa jadi hal tersebut menandakan ciri-ciri kanker otak stadium 2 yang tidak boleh dianggap remeh.

5. Mengalami Kejang

Setidaknya penderita kanker otak akan mengalami kejang minimal sekali hingga ia dinyatakan sembuh. Kondisi tersebut dapat terjadi karena sel kanker yang menyerang otak akan menyebabkan kerusakan otak dan saraf sehingga anak mudah mengalami kejang. Biasanya anak yang kejang disertai demam yang terlalu tinggi, namun pada penderita kanker otak kejang dapat terjadi spontan tanpa adanya gejala penyakit lain yang mendahului.

6. Merasa sangat Lelah

Penderita kanker otak kerap mengalami kelelahan yang begitu berat meski tidak beraktivitas yang melelahkan. Rasa lelah tersebut muncul karena kondisi tubuh menurun, daya tahan tubuh lemah dan tubuh kekurangan nutrisi karena tidak nafsu makan sehingga tubuhnya kekurangan nutrisi hingga mengalami kelelahan. Jika orang yang biasanya sehat dan lincah mendadak menjadi mudah lelah segera periksakan ke rumah sakit terdekat.

Sponsors Link

7. Kesulitan Bergerak

Otak yang berisi milyaran saraf memiliki fungsi yang sangat kompleks, tidak hanya mengatur fungsi seluruh organ tubuh beserta hormon yang saling terkait namun juga mengatur gerak dan sistem koordinasi tubuh. Penderita kanker otak stadium 2 sudah mulai merasakan kesulitan untuk menggunakan atau menggerakkan anggota tubuhnya sehingga mereka akan membutuhkan alat bantu berupa tongkat atau kursi roda.

Itulah ciri-ciri kanker otak stadium 2 yang perlu untuk diketahui. Pada tahap ini sel kanker memang sudah semakin menyebar namun angka kesembuhan masih lebih besar asalkan pasiennya segera ditangani terutama bila terdeteksi pada stadium awal. Tindakan penanganan yang cepat dan tepat akan membantu mempercepat proses penyembuhan dari pasien penderita kanker otak.

, , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Info Dokter

Apa kanker paling bahaya ? Mengapa ? Yuks simak penjelasan dokter spesialis Kulit dan Kelamin dari RSPAD Gatot Soebroto, jangan lupa subscribe untuk penjelasan dokter lainnya.