11 Ciri-ciri Kanker Otak Ringan yang Patut Diwaspadai

Penyakit kanker otak menduduki peringkat yang tinggi sebagai jenis kanker yang paling banyak terjadi dan merenggut nyawa penderitanya. Bahkan di kalangan anak-anak, kanker otak menempati posisi kedua setelah leukimia dan penyakit tersebut semakin meningkat jumlah kasusnya setiap tahun. Gejala ciri-ciri kanker otak seringkali dianggap sebagai gejala penyakit ringan karena memang banyak gangguan kesehatan yang menyebabkan kepala terasa sakit. Kondisi tersebut membuat sebagian besar orang tidak memeriksakannya lebih lanjut ke dokter dan setelah menunjukkan ciri-ciri kanker otak stadium 2 barulah penderita mengetahui kalau dirinya terkena kanker otak.

Sponsors Link

Mengetahui gejala dan ciri kanker otak seperti gejala kanker otak pada wanita dapat memudahkan proses penyembuhan karena penyakit dapat terdeteksi lebih awal. Seperti halnya ciri-ciri kanker otak rambut rontok pada tahap lanjut baru bisa dirasakan saat sel kanker sudah cukup lama bersarang di otak. Kita perlu tahu apa saja ciri-ciri kanker otak ringan yang biasanya lebih sering terjadi pada stadium awal agar dapat mengantisipasi kemungkinan terburuk dari kanker otak. Ciri-ciri tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Nyeri kepala

Nyeri kepala gejala awal tumor otak memang merupakan ciri penyakit kanker otak yang paling sering menyerang seseorang. Nyeri kepala menandakan adanya tumor atau kanker yang berkembang di otak, yang mengakibatkan terjadinya infeksi, peradangan hingga tersumbatnya pembuluh darah yang menuju otak sehingga otak akan mengalami gangguan. Gangguan tersebut tentu akan menimbulkan rasa nyeri yang terus berlangsung sampai kanker otak disembuhkan secara total.

2. Fungsi Otak Menurun

Otak yang berfungsi untuk mengatur seluruh sistem di dalam tubuh tentu harus selalu dalam kondisi prima agar semua proses bisa berjalan dengan lancar. Seiring bertambahnya usia maka fungsi otak akan mengalami penurunan, berhubung sel saraf mengalami kematian akibat pertambahan usia. Namun pada penderita kanker otak, menurunnya fungsi otak terjadi tidak mengenal usia dan bisa terjadi secara mendadak. Ciri-cirinya antara lain mudah lupa, sulit berkonsentrasi, tidak ingat dengan kejadian yang baru dialami, dan sulit dalam berpikir. Tidak jarang penurunan fungsi otak ini juga berdampak terhadap perubahan mental seperti emosi menjadi labil, mudah tersinggung dan kerap merasa cemas.

3. Muntah

Kanker otak dapat menyebabkan gangguan pencernaan, sehingga penyakit tersebut kerap ditandai dengan ciri atau gejala muntah yang sering terjadi. Sebaiknya waspada dengan terjadinya muntah yang terjadi berkali-kali dan disertai sakit kepala. Apalagi jika muntah sampai mengeluarkan cairan berwarna kehijauan, ada kemungkinan kanker otak telah menyerang.

4. Demam

Demam biasanya hanya merupakan gejala ringan yang mudah sembuh setelah berisirahat beberapa hari. Namun jangan pernah mengabaikan demam bila terjadi sangat sering dan tidak mudah sembuh meski telah beristirahat dan meminum obat. Demam menandakan adanya infeksi atau peradangan yang terjadi dalam tubuh, dan reaksi tubuh dalam melawan kondisi tersebut adalah dengan menjadi demam. Meski jarang, demam juga dapat menandakan adanya kanker pada otak sehingga kondisi ini harus diwaspadai.

5. Kemampuan Penglihatan Menurun

Kemampuan penglihatan yang menurun sering dikaitkan dengan rabun dekat atau rabun jauh, sehingga gejala ini mungkin sering diabaikan pada awal kemunculannya. Padahal mata yang rabun secara tiba-tiba dapat mengindikasikan adanya kanker otak, karena kanker tersebut membuat otot mata melemah dan menurun fungsinya. Bukan hanya membuat mata menjadi rabun, kanker otak juga membuat mata menjadi sensitif dan silau jika terkena cahaya langsung.

6. Gangguan Koordinasi Tubuh

Keseimbangan tubuh dan juga berbagai pergerakan yang dilakukan juga berhubungan dengan otak, sehingga penderita kanker otak akan mengalami gangguan dalam mengkoordinasi gerakan tubuh, bahkan menajdi sulit untuk menyeimbangkan posisi tubuh. Bahkan otot menjadi lebih lemah sehingga penderita kanker otak menjadi lebih mudah jatuh saat berjalan.

7. Kejang Otot

Kanker otak juga menunjukkan ciri berupa terjadinya kejang otot, dengan gejala yang menyertainya yaitu mudah mengantuk, sakit kepala dan nyeri otot. Kejang otot yang paling dikhawatirkan jika terjadi pada otot napas karena dapat menyebabkan henti napas yang dapat berakibat fatal pada nyawa penderita.

8. Berat Badan Menurun

Mungkin sebagian orang akan merasa senang jika tubuhnya yang gemuk bisa menjadi kurus secara drastis. Namun jangan senang dulu jika penurunan berat badan terjadi tiba-tiba bahkan tanpa melakukan diet apapun. Karena kanker otak dapat menyebabkan berat badan turun, sebaiknya periksakan ke dokter untuk mendapat diagnosis yang tepat.

9. Kemampuan Panca Indera Menurun

Tidak hanya fungsi otak saja yang menurun dengan adanya kanker otak, namun kemampuan panca indera juga menjadi terganggu. Penderita kanker otak akan mengalami kesulitan dalam mengecap rasa, mencium bau, dan merasakan sensasi di kulit. Parahnya kondisi tersebut terjadi tiba-tiba sehingga menimbulkan kebingungan yang besar.

10. Otot Melemah

Kanker otak juga menjadikan otot lemah, sehingga penderitanya akan merasa kesulitan untuk menulis atau berjalan. tak jarang sebagian anggota tubuh mengalami kesemutan atau mati rasa terutama bagian wajah karena sel saraf tepi yang ikut terganggu akibat adanya kanker otak.

Sponsors Link

11. Kehilangan Nafsu Makan

Hilangnya nafsu makan secara tiba-tiba sebaiknya tidak diabaikan begitu saja, karena hal tersebut bisa menjadi ciri-ciri adanya kanker otak. Sel kanker yang merusak sel tubuh yang sehat akan menyebabkan rasa sakit sehingga penderitanya akan kehilangan selera makan.

Itulah Ciri-ciri kanker otak ringan yang perlu diketahui bersama. Jika ciri tersebut dapat dirasakan dan didiagnosis secepatnya, maka penderitanya masih bisa sembuh dari penyakit berbahaya tersebut.

, , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.