Ketahui Ciri ciri Kanker Otak Rambut Rontok dan Pencegahannya

Penyakit kanker memang menjadi momok menakutkan bagi semua orang, termasuk kanker otak yang sering merenggut nyawa penderitanya. Kanker otak dapat terjadi pada siapa saja, namun penderita terbesar ditemukan pada orang yang terpapar radiasi untuk waktu yang lama. Gejala dan ciri-ciri kanker otak biasanya tidak begitu terasa saat masih tahap awal, namun tanda awal kanker otak akan terus bertambah parah seiring meluasnya perkembangan sel kanker di otak.

Sponsors Link

Salah satu gejala awal kanker otak yang sering dialami oleh penderitanya yaitu rambut yang rontok parah dan tidak berkurang meski telah diobati atau menggunakan sampo anti rontok. Gejala kanker otak stadium 1 ini sering dianggap kekurangan nutrisi rambut atau kerusakan rambut yang normal terjadi, karena itu penyakit ini sulit dideteksi sejak dini. Tentu saja efek kanker otak pada penderita cukup besar, karena otak merupakan organ yang mengatur seluruh aktivitas dalam tubuh, baik dalam hal gerak dan proses metabolisme. Karena itu penting sekali untuk mengetahui dan mengenali lebih jauh tentang kerontokan rambut sebagai salah satu ciri adanya kanker otak.

Mengapa Rambut Rontok saat Mengidap Kanker Otak?

Kanker otak merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan rambut rontok parah karena sel kanker yang berkembang di otak membuat akar rambut ikut terkena imbasnya dan menjadi rusak. Rusaknya sel akar rambut tentu menjadikan rambut tidak kuat dan akhirnya rontok satu per satu. Meluasnya sel kanker hingga merusak pembuluh darah di sekitar otak dan kepala juga turut mempengaruhi kerontokan rambut. Karena pembuluh darah membawa nutrisi ke akar rambut, jika pembuluh darah rusak maka rambut akan kekurangan nutrisi. Akhirnya rambut akan menjadi rusak hingga rontok parah.

Kerontokan rambut pada penderita kanker otak sangat tidak wajar, mulanya memang yang rontok hanya hitungan helai. Namun semakin lama rambut yang rontok bertambah banyak, bahkan hingga segumpal hingga dapat menyebabkan kebotakan. Maka hal yang wajar jika kita melihat penderita kanker otak yang kepalanya botak karena rambutnya telah rontok akibat keganasan sel kanker. Kehilangan rambut menandakan penyakit kanker otak telah cukup parah dan sel kankernya telah cukup luas menginvasi jaringan di sekitarnya.

Cara Mencegah Kerontokan Rambut Akibat Kanker Otak

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah rambut yang rontok akibat kanker otak. Bahkan kita bisa mencegah kanker otak sebelum penyakit tersebut menyerang kita. Beberapa yang bisa kita lakukan antara lain:

  • Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, serta menghindari makanan yang mengandung lemak, pengawet, penyedap rasa, pewarna, dan bahan kimia lainnya seperti pada makanan junkfood.
  • Menjalani pola hidup sehat dan kelola stres agar tidak membebani pikiran. Stres yang berlangsung lama dapat menurunkan imunitas tubuh dan menyebabkan seseorang mudah terserang kanker.
  • Hindari mengkonsumsi alkohol dan jauhi merokok.
  • Cukupi kebutuhan tidur, tidur yang berkualitas akan meningkatkan kebugaran tubuh dan meningkatkan kualitas kerja.
  • Hindari obesitas, karena kegemukan dapat menimbulkan berbagai penyakit di dalam tubuh.
  • Rutin berolahraga, tidak perlu yang terlalu berat. Berlari pagi, bersepeda dan berenang yang dilakukan secara rutin selama 30 menit setiap harinya sudah cukup untuk membantu meningkatkan stamina dan mencegah berbagai penyakit.
  • Lakukan diet sehat dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan di pusat pelayanan kesehatan terdekat.

Jika tindakan pencegahan di atas dilakukan dengan benar, maka penyakit kanker otak dapat dihindari dan tubuh akan senantiasa sehat. Jika kanker otak terlanjur diderita, langkah pengobatan kanker otak secara medis perlu dilakukan segera agar penderitanya dapat tertolong.

, , , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.