Apakah Kanker Otak Menular? Pembahasan Lengkap

Kanker ataupun tumor bukanlah penyakit yang menular ini merupakan penyakit kelainan yang menyebabkan mutasi gen, termasuk dengan tumor otak seperti resiko operasi tumor parotis.

Sponsors Link

Apa itu Kanker Otak?

Kanker otak adalah kumpulan jaringan abnormal yang dapat ditemukan di mana saja di otak. Otak dan sumsum tulang belakang membentuk sistem saraf pusat, yang mengendalikan segala sesuatu yang dilakukan seseorang dengan sengaja (seperti berjalan dan berbicara), atau secara otomatis (seperti bernapas dan mencerna makanan). Sistem ini juga mengendalikan perasaan, emosi, pikiran, ingatan, dan kepribadian seseorang,menentukan siapa mereka.

Kanker otak dikategorikan dalam dua cara: pertama, dengan bagaimana mereka melihat selama tes pencitraan yang membuat gambar otak, dan bagaimana jaringan muncul di bawah mikroskop dan kedua, menurut apakah mereka mulai di otak atau menyebar dari bagian lain dari tubuh seperti gejala tumor otak ringan.

Kankerotak jinak memiliki tepi yang jelas dan mengandung sel yang terlihat sehat, sama seperti sel normal. Mereka cenderung tumbuh perlahan, tidak mungkin menyebar, dan jarang tumbuh kembali setelah mereka dihapus. Kata “jinak” berarti tidak berbahaya, meskipun tumor ini dapat menyebabkan bahaya jika mereka mulai mengganggu fungsi otak normal. Kanker otak jinak tidak bersifat kanker.

Kanker otak ganas juga disebut kanker otak. Mereka dapat memiliki batas yang tidak teratur dan mereka terdiri dari sel-sel yang berbentuk tidak normal. Mereka cenderung menyebar cepat dengan menumbuhkan “akar” baru ke jaringan otak di sekitarnya, hampir seperti tanaman di tanah. Sementara mereka juga menyebar ke sumsum tulang belakang, mereka umumnya tidak menyebar ke bagian lain dari tubuh. Dalam beberapa kasus, satu kanker mungkin mengandung kombinasi sel normal dan sel yang sangat abnormal.

Kanker otak primer berasal dari jaringan otak dan bisa jinak atau ganas. Tumor otak sekunder sebenarnya terbentuk dari sel-sel kanker yang telah melakukan perjalanan ke otak dari bagian lain dari tubuh. Misalnya, sel-sel dari tumor di paru-paru, payudara, atau tempat lain dapat menyebar ke otak dan menyebabkan tumor baru tumbuh. Tumor otak sekunder selalu ganas.

Selain itu, kanker otak diklasifikasikan oleh jenis sel otak yang menjadi tumor, dengan nama medis seperti astrocytoma, glioma, ependymoma, germinoma, medulloblastoma, meningioma, dan neuroblastoma. Akhiran umum mereka “-oma” berarti “tumor,” dan awal menunjukkan bagian otak tempat kanker terbentuk. Sebagai contoh, glioma, jenis tumor otak yang paling umum, terbentuk di jaringan suportif otak, yang disebut glia. Jenis yang paling umum kedua, meningioma, terbentuk di meninges, selaput yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang.

Mengapa Orang Menderita Kanker Otak?

Dokter tidak dapat menjelaskan mengapa beberapa anak dan orang dewasa mengembangkan kanker otak. Ketika itu terjadi, itu bukan kesalahan mereka, mereka juga tidak bisa melakukan apa pun untuk mencegahnya. Meskipun tumor dapat menyebar di dalam otak, kankertidak dapat menyebar dari satu orang ke orang lain, dengan kata lain, tumor otak tidak menular seperti makanan penyebab tumor otak.

Para peneliti telah menemukan bahwa beberapa tumor otak lebih umum pada orang-orang yang sering terpapar bahan kimia industri tertentu yang digunakan untuk memproduksi karet, farmasi, minyak mentah dan minyak bumi, dan bahan bakar nuklir dan senjata, serta bahan kimia pertanian yang digunakan di peternakan. Mereka juga sedang menyelidiki apakah virus tertentu dapat berkontribusi terhadap perkembangan tumor otak.

Keturunan adalah penyebab lain yang mungkin sedang diselidiki. Karena tumor otak kadang-kadang terjadi pada beberapa anggota keluarga yang sama, para peneliti sedang menyelidiki apakah kecenderungan untuk mengembangkannya dapat diwariskan.

Apa Saja Gejala Kanker Otak?

Ketika kenker tumbuh, ia memberi tekanan pada otak yang sering menyebabkan sakit kepala, mengantuk, penglihatan kabur atau ganda, atau mual dan muntah. Tentu saja, kebanyakan kali gejala-gejala ini tidak disebabkan oleh tumor otak. Karena bagian otak yang berbeda mengendalikan fungsi spesifik dalam tubuh, gejala tumor sering bergantung pada lokasinya di otak. Gejala mungkin termasuk:

  • Kejang, atau gerakan tiba-tiba atau perubahan kesadaran di mana orang tersebut tidak memiliki kendali.
  • Kelemahan atau kehilangan perasaan di lengan atau kaki.
  • Tersandung atau kurangnya koordinasi dalam berjalan.
  • Gerakan mata tidak normal atau perubahan penglihatan.
  • Perubahan kepribadian atau memori.
  • Masalah ucapan.

Bagaimana Dokter Mendiagnosis Kanker Otak?

Selain menanyakan tentang gejala, dokter melakukan pemeriksaan neurologis, yang melibatkan berbagai tes penglihatan dan gerakan mata, pendengaran, refleks, keseimbangan dan koordinasi, ingatan, kemampuan berpikir, dan fungsi lain yang dikendalikan oleh otak.

Sponsors Link

Bagaimana Dokter Mengobati Kanker Otak?

Pembedahan, terapi radiasi, dan kemoterapi adalah tiga perawatan paling umum untuk kanker otak. Tetapi jenis tumor, lokasinya, dan usia seseorang sering menentukan bagaimana perawatan ini digunakan. Sebelum proses dimulai, kebanyakan pasien diberikan obat untuk menghilangkan pembengkakan di otak dan mengontrol kejang yang sering terjadi dengan tumor otak.

Operasi

Selama operasi, ahli bedah berusaha mengangkat seluruh kanker. Namun, jika tumor tidak dapat diangkat sepenuhnya tanpa merusak jaringan otak yang penting, maka mereka akan menghapus sebanyak yang mereka bisa. Pembedahan biasanya satu-satunya perawatan yang diperlukan untuk tumor jinak.

Terapi radiasi

Terapi radiasi (juga disebut radioterapi) adalah penggunaan radiasi bertenaga tinggi untuk menghancurkan sel-sel kanker atau menghentikannya dari tumbuh. Ini sering digunakan untuk menghancurkan jaringan tumor yang tidak dapat dihilangkan dengan pembedahan, atau untuk membunuh sel-sel kanker yang mungkin tersisa setelah operasi. Terapi radiasi juga digunakan ketika operasi tidak memungkinkan.

Bedah Stereotaktik

Pembedahan stereotaktik menggunakan kerangka yang terpasang secara eksternal ke tengkorak. Bingkai memungkinkan ahli bedah untuk melampirkan instrumen bedah dan memposisikannya secara tepat.

Kemoterapi

Selama kemoterapi, dokter memberikan obat antikanker melalui mulut atau dengan suntikan ke pembuluh darah atau otot. Karena tubuh secara otomatis cenderung untuk mencegah bahan kimia dan zat asing lainnya memasuki otak dan sumsum tulang belakang (semacam mekanisme “pertahanan diri”), dokter mungkin perlu menyuntikkannya langsung ke cairan tulang belakang.

, ,
Oleh :
Kategori : Kanker Otak

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Papsmear adalah salah satu tindakan medis yang ampuh mencegah kanker serviks. Yuk Ketahui Prosedur, cara, dan manfaatnya.