Apakah Kanker Otak Bisa Disembuhkan? Ketahui Cara Mengobatinya!

Kanker otak kasusnya cukup banyak terjadi di Indonesia, dan kebanyakan penderitanya mengalami kelumpuhan hingga kematian karena tidak mendapat penanganan yang tepat. Kanker yang menyerang otak memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap seluruh tubuh, karena otak merupakan pusat dari semua aktivitas sehingga saat otak terganggu perintah untuk semua organ tubuh menjadi kacau. Pertanyaan seperti apakah kanker otak bisa disembuhkan sering dilontarkan para penderita kanker otak maupun anggota keluarganya. Pengobatan kanker otak yang dilakukan bukan hanya menghabiskan biaya yang tidak sedikit, namun juga memberikan efek samping yang sangat menyiksa hingga beberapa waktu atau selama pengobatan berlangsung.

Sponsors Link

Penyebab kanker otak sendiri belum diketahui secara pasti, namun zat karsinogen yang masuk ke dalam tubuh dan radiasi dari perangkat elektronik seperti hp memberikan peluang yang besar untuk mengaktifkan sel kanker di otak. Umumnya ciri-ciri kanker otak yang paling sering terlihat adalah rasa pusing yang semakin lama semakin hebat. Karena itu kanker otak jarang terdeteksi di fase awal karena dianggap sebagai gejala pusing biasa dan akan segera sembuh. Cara mencegah kanker otak adalah langkah terbaik untuk terhindar dari penyakit ini, karena jika sudah terkena akan sulit untuk disembuhkan.

Apakah Kanker Otak bisa Disembuhkan?

Tentunya kanker otak bisa disembuhkan, dengan catatan sel kanker dapat dideteksi lebih awal di saat sel kanker belum menyebabkan kerusakan yang parah dan belum menyebar ke organ tubuh lainnya. Selain itu pemberian pengobatan yang cepat dan tepat akan memperbesar peluang kesembuhan, dan penderita harus mematuhi semua anjuran dokter agar bisa segera sembuh. Kesalahan dalam memberikan pengobatan dapat membuat penyakit semakin parah, karena itu perkaya informasi seputar kanker otak sebelum membuat keputusan pengobatan yang tepat.

Peluang kesembuhan penderita kanker otak juga tergantung dari seberapa besar keparahan kanker itu sendiri, seluas apa penyebarannya dan seberapa kuat daya tahan tubuh penderita. Pengobatan untuk kanker otak stadium 1 tentu akan berbeda dengan pengobatan untuk kanker otak stadium 2, kanker otak stadium 3 dan kanker otak stadium 4. Semakin parah stadium kanker maka akan semakin sulit untuk disembuhkan. Jadi kesimpulannya  kesembuhan kanker otak bergantung pada:

  • stadium kanker
  • posisi awal mula munculnya sel kanker
  • usia, dimana anak-anak memiliki angka kesembuhan lebih tinggi
  • cepat tidaknya kanker terdiagnosis
  • luas penyebaran sel kanker.

Cara Menyembuhkan Kanker Otak

Ada beberapa metode pengobatan yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan kanker otak, yang terkadang dilakukan dalam bentuk kombinasi agar kanker dapat dimusnahkan. Meski banyak memiliki efek samping, pengobatan berikut ini dapat menyembuhkan kanker otak dan sebagian penderita dapat sembuh total. Pengobatan yang dimaksud antara lain sebagai berikut.

  1. Kemoterapi. Metode pengobatan dengan menggunakan bahan kimia ini sering dijadikan sebagai pengobatan utama untuk penyakit kanker. Dilakukan secara bertahap dan jumlahnya disesuaikan dengan kondisi kanker, kemoterapi menimbulkan efek samping seperti tubuh semakin lemah, rambut rontok, mulut perih dan sariawan.
  2. Operasi. Tindakan operasi sering dilakukan jika kanker belum menyebar atau masih berupa tumor. Operasi juga bertujuan untuk mengangkat sel kanker sebelum menyebar ke bagian otak lainnya atau organ tubuh yang lain.
  3. Radioterapi. Pengobatan menggunakan radiasi dengan energi khusus dan cukup tinggi yang diarahkan pada kepala. Tujuannya untuk menghancurkan sel kanker dan mencegahnya berkembang lagi. Efek samping yang dtimbulkan tidak jauh berbeda dengan pengobatan kemoterapi yang sering membuat penderita menyerah untuk melanjutkan pengobatan.
  4. Radiosurgery. Merupakan teknik pembedahan khusus menggunakan pisau gamma, sehingga dapat menjangkau sel kanker hingga ke akarnya atau ke bagian otak yang sulit dijangkau dengan teknik operasi biasa.
  5. Hyperthermia. Metode pengobatan ini dilakukan dengan memanfaatkan energi panas yang diarahkan pada otak sehingga sel kanker akan mengalami kerusakan dan tidak dapat berkembang lagi.
  6. Imunoterapi. Terapi ini menggunakan teknologi untuk meningkatkan sistem imun penderita, dan membantunya mengenali sel kanker sehingga sel kanker dapat dilawan oleh tubuh secara alami. Metode ini lebih kecil memberikan efek samping, namun masih sedikit rumah sakit yang mampu menerapkan pengobatan tersebut.
  7. Pengobatan herbal. Pengobatan herbal tentunya dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang dipercaya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, dan memutuskan pembuluh darah penyuplai nutrisi ke sel kanker. Memang cara ini belum dapat dibuktikan secara ilmiah, namun banyak yang mencobanya karena relatif lebih terjangkau dari segi biaya.
Sponsors Link

Kanker otak memang bisa disembuhkan asalkan penderitanya terus berussaha untuk bisa sembuh. Semangat tentunya diperlukan agar sel kanker dapat dikalahkan, dan perang orang terdekat juga sangat penting sebagai pendukung agar penderita tidak putus asa dengan kondisi yang dialaminya. Sebaiknya lakukan pola hidup sehat dan lakukan pemeriksan kesehatan secara rutin agar penyakit seperti kanker dapat segera terdeteksi dan mempecepat proses pengobatan.

, , , , , ,