Apakah Kanker Mulut bisa Menular? Ini Tindakan Medis yang Dapat Dilakukan!

Penyakit kanker terus melonjak dan memiliki jumlah penderita yang terus bertambah setiap harinya. Semakin buruk pola hidup seseorang maka sangat besar resikonya untuk terkena penyakit kanker. Salah satu jenis kanker yang muncul akibat gaya hidup yang tidak sehat adalah kanker mulut. Kebanyakan kasus kanker mulut disebabkan karena kebiasaan minum minuman beralkohol, merokok atau mengkonsumsi tembakau. Penyebab kanker mulut tersebut membuat mulut terpapar senyawa kimia yang bersifat racun sehingga dapat merusak sel sehat di dalam rongga mulut. Sel sehat pun akhirnya mengalami mutasi genetik, dimana terjadi infeksi hingga muncul sel kanker yang cukup berbahaya. Selain alkohol dan rokok, kanker mulut juga sering disebabkan oleh virus dan makanan penyebab kanker mulut.

Sponsors Link

Kanker mulut termasuk jenis kanker yang menular, sehingga kita perlu berhati-hati jika melakukan kontak dengan penderita kanker mulut. Adapun sifat penularan tersebut tidak terjadi secara langsung, karena pada dasarnya sel kanker tidak dapat menular kepada siapapun. Jadi yang menular adalah virus penyebab kanker mulut, yang umumnya berpindah tempat saat melakukan oral seks. Virus HPV yang menyebabkan kutil kelamin dianggap sebagai virus yang sama dalam memicu kanker mulut. Karena itu keamanan dalam berhubungan seksual harus selalu diperhatikan agar tidak menyebabkan kerugian di kemudian hari.

Bisakah Kanker Mulut Disembuhkan?

Pertanyaan mengenai apakah kanker mulut bisa disembuhkan atau tidak tentunya muncul di benak penderita kanker mulut, mengingat kanker ini cukup berbahaya dan bisa menyebabkan kematian. Sebenarnya kanker ini masih bisa disembuhkan jika kita dapat mendeteksinya dengan cepat, karena itu sangat penting untuk mengenali ciri-ciri kanker mulut sejak stadium awal agar dapat segera diobati secepat mungkin. Pada stadium awal sel kanker masih berada di mulut saja sehingga pengobatannya pun lebih mudah dilakukan. Karena itu peluang kesembuhannya masih sangat besar. Lain halnya jika kanker terlambat dideteksi, maka harapan hidup juga semakin kecil karena sel kanker telah menyebar ke bagian tubuh yang lain.

Untuk mendiagnosis seseorang apakah terkena kanker atau tidak, dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan, selain pemeriksaan fisik dokter juga akan melakukan biopsi jaringan lunak di mulut untuk diuji di laboratorium. Jika memang terdignosis sel kanker maka pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk memastikan posisi sel kanker dan area jangkauannya serta tingkat keganasannya. Adapun metode pemeriksaan sel kanker mulut yaitu:

  • MRI
  • CT scan
  • PET scan
  • rontgen
  • USG
  • X-ray

Tindakan Medis untuk Mengatasi Kanker Mulut

Untuk mengobati penyakit kanker tidaklah mudah, apalagi jika kanker telah memasuki stadium lanjut karena sel kanker telah menyebar dan merusak banyak jaringan tubuh. Namun bukan berarti tidak ada upaya yang dapat dilakukan. Beberapa cara medis bisa dilakukan untuk mengatasi kanker mulut seperti berikut ini.

1. Pembedahan

Pembedahan dilakukan jika kanker masih stadium awal, dan jika beupa tumor ukurannya tidak sampai 2 cm. Untuk melakukan tindakan ini, harus dipastikan bahwa kanker belum menyebar ke jaringan tubuh yang lain dan kanker hanya terdapat pada satu sisi bagian mulut saja. Sel kanker akan diangkat dan kemungkinan sebagian kelenjar getah bening juga ikut diangkat agar tidak ada lagi sisa dari sel kanker yang tertinggal.

2. Kemoterapi

Kemoterapi kanker memang menjadi cara pengobatan yang paling lazim untuk mengatasi semua jenis kanker, temasuk kanker mulut. Kemoterapi menggunakan obat-obatan berbahan kimia khusus untuk menyerang dan membunuh sel kanker hingga tuntas. Cara ini lebih sering digunakan jika sel kanker telah jauh menyebar atau bermetastasis, dan tak jarang dikombinasikan dengan radioterapi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

3. Radioterapi

Radioterapi atau terapi radiasi dilakukan dengan menggunakan sinar berenergi khusus, yang juga dilakukan saat sel kanker telah menyebar. Tujuannya adalah untuk menghancurkan sel kanker, namun seperti halnya kemoterapi, radioterapi juga memiliki efek samping yang cukup menyiksa. Cara ini juga sering dikombinasikan dengan kemoterapi agar sel kanker benar-benar dapat dihancurkan hingga tidak tersisa.

Sponsors Link

Selain tindakan pengobatan, hal yang paling penting dalam menghadapi kanker mulut adalah dengan upaya pencegahan. Cara mencegah kanker mulut lebih mudah dan murah untuk dilakukan, jadi kita bisa menghindarinya sebelum terkena, salah satunya dengan menjalani pola hidup sehat. Hindari alkohol, asap rokok dan tembakau serta seks oral untuk menghindari penularannya. Kanker mulut yang dapat dideteksi dengan cepat lebih mudah disembuhkan daripada yang telah memasuki stadium lanjut. Karena itu jika menemukan kejanggalan yang terdapat dalam mulut dan tidak ada perubahan setelah 3 minggu sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Demikian informasi mengenai kanker mulut khususnya tentang penularannya dan kesempatannya untuk sembuh. Sebaiknya lakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi spesialis penyakit mulut minimal 6 bulan sekali, karena menjaga kebersihan mulut juga salah satu cara mudah untuk menghindari kanker mulut.

, , , , , ,