8 Akibat Tumor Otak yang Wajib Diwaspadai sejak Dini

Otak merupakan organ vital tubuh yang fungsinya sangat penting dalam mengatur seluruh aktivitas tubuh. Otak memberikan perintah, mengatur hormon dan mengatur kerja seluruh organ tubuh agar dapat berjalan lancar, karena itu otak harus selalu dijaga kesehatannya. Namun sayangnya otak seringkali mengalami gangguan kesehatan, salah satunya adalah tumor otak. Belakangan ini tumor otak semakin meningkat penderitanya, bahkan banyak anak-anak yang terserang tumor otak karena bahaya radiasi gadget. Tumor otak memang tidak seberbahaya kanker otak, namun keberadaannya sangat mengganggu bahkan juga membahayakan nyawa.

Sponsors Link

Tumor otak memang bukan jenis kanker, karena itu pengobatannya terkadang sedikit berbeda. Jika tumor jinak di kepala dapat disembuhkan, penderitanya akan dapat melakukan aktivitas lagi seperti kondisinya yang normal sebelumnya. Namun jika muncul penyebab tumor jinak menjadi ganas, maka hal ini sangat berbahaya. Gejala tumor kepala terutama gejala tumor otak stadium awal memang seringkali mirip dengan sakit kepala biasa. karena itu sangat penting mengenali gejala dan ciri-ciri kanker otak sejak dini agar bisa segera terdeteksi dan diobati sebelum menjadi parah. Adapun akibat tumor otak yang patut dikenali dan diwaspadai adalah sebagai berikut.

1. Fungsi Otak Terganggu

Tumor yang tumbuh di otak tentu akan menekan bagian otak hingga berbagai sistem saraf sehingga fungsi otak akan menjadi terganggu. Otak tidak mampu lagi mengirimkan sinyal respon terhadap anggota gerak tubuh maupun organ tubuh sehingga berpengaruh terhadap seluruh sistem yang terjadi di dalam tubuh. Adanya gangguan pada fungsi otak ini juga akan menimbulkan rasa sakit di kepala yang terjadi terus menerus sehingga dapat mengganggu aktivitas.

2. Penglihatan Menjadi Kabur

Tumor otak juga dapat menimbulkan bahaya seperti menurunnya penglihatan, dengan begitu mata menjadi kabur dan tidak dapat melihat dengan jelas. Menurunnya kemampuan mata yang terjadi secara tiba-tiba ini dikarenakan tumor yang semakin membesar menekan saraf mata yang terhubung ke otak sehingga fungsinya menjadi terganggu. Bahkan bila kondisi semakin parah, penderita dapat kehilangan penglihatannya secara permanen.

3. Pendengaran Terganggu

Tidak hanya fungsi mata saja yang mengalami gangguan, namun tumor mata juga dapat menurunkan kemampuan pendengaran sehingga sehingga dapat memicu ketulian. Menurunnya kemampuan pendengaran ini disebabkan desakan tumor di otak yang menekan beberapa organ dalam telinga dan hal ini bisa semakin parah jika tidak segera ditangani. Kondisi muncul karena kebiasaan penderita yang suka mengkonsumsi bahan makanan penyebab kanker dan menjalani gaya hidup penyebab kanker.

4. Menurunnya Daya Konsentrasi

Penderita tumor otak juga beresiko mengalami penurunan fungsi otak dalam hal memori, daya ingat, konsentrasi dan fokus terhadap suatu hal. Jadi tidak mengherankan bila mereka yang mengalami jenis-jenis tumor otak sulit untuk berpikir keras dan merasa sangat pusing jika diminta untuk mengingat sesuatu. Mereka akan mudah lupa dan tidak mampu memikirkan jawaban atas suatu masalah yang ada.

5. Mengalami Kejang

Contoh tumor otak juga bisa menyebabkan penderita mengalami kejang karena kekakuan otot dan rusaknya sel saraf. Semakin besar ukuran tumor maka akan semakin sering kejang terjadi dan menyebabkan kerusakan otak yang permanen. Jadi, meskipun tumor otak masih dapat disembuhkan, sebaiknya tidak ditunda pengobatannya untuk menghindari komplikasi yang jauh lebih membahayakan.

Sponsors Link

6. Mudah Pingsan

Penderita tumor otak sangat mudah mengalami pingsan mendadak, karena rasa sakit pada kepala dan terganggunya fungsi otak hingga menyebabkan kehilangan kesadaran. Pada awalnya pingsan hanya terjadi sesekali, namun semakin lama akan semakin sering diiringi rasa sakit yang juga semakin hebat. Tumor harus segera diatasi untuk mencegah kondisi pingsan semakin sering terjadi, karena kesehatan akan semakin buruk jika tumor tetap dibiarkan.

7. Sulit Bergerak dan Kurang Keseimbangan

Adanya tumor di otak membuat otak tidak dapat mengirimkan sinyal untuk menggerakkan anggota tubuh seperti tangan dan kaki. Akibatnya tubuh menjadi lebih kaku dan sulit untuk digerakkan. Bahkan koordinasi atau keseimbangan tubuh akan mulai terganggu. Penderita akan mudah terjatuh dan tidak dapat menyeimbangkan posisi tubuhnya karena otak sudah mengalami gangguan yang cukup serius.

8. Gangguan Pencernaan

Sistem saraf pada otak sangat erat hubungannya dengan organ pencernaan terutama lambung. Jadi saat tumor otak muncul, gangguan pencernaan seperti naiknya asam lambung, konstipasi, diare dan sebagainya akan sangat mudah terjadi. Kondisi ini akan semakin membuat penderita tumor otak lemah karena selain menahan rasa sakit di kepala juga harus menahan rasa sakit di perut yang semakin lama semakin parah.

Itulah akibat tumor otak yang wajib diwaspadai sejak dini. Efek kanker otak dan tumor otak memang dapat membahayakan nyawa. Karena itu jika mengalami gejala tumor otak segeralah periksakan diri ke dokter ahli lalu ikuti semua saran dokter termasuk pengobatan yang harus dijalani.

, , , , ,