7 Efek Kanker Otak Pada Penderita

Efek Kanker OtakSebagian kita sudah sangat tidak asing dengan yang namanya kanker otak. Kanker Otak merupakan satu dari beberapa jenis kanker yang menghantui manusia, bahkan dapat menjadi pembunuh. Kanker menjadi momok menakutkan bagi masyarakat.

Sponsors Link

Apa itu kanker otak?

Kanker otak disebabkan karena tumbuhnya sel-sel pada jaringan otak yang secara tidak normal dan tidak terkendali.kanker yang menyerang bagian lain pada otak dan juga menyerang pada tulang belakang merupakan kanker otak yang ganas. Kanker otak terdiri atas dua, yaitu :

  • Kanker Otak Primer : Sel kanker yang tumbuh dan menyebar di otak
  • Kanker Otak Sekunder : Sel kanker yang berasal dari organ tubuh lainnya dan menyebar ke otak

Tidak semua orang mengetahui bagaimana efek kanker otak yang menyerang secara diam-diam dalam tubuh. Hal ini perlu disadari, untuk melakukan cara mencegah kanker otak ini tumbuh lebih ganas. Berikut ini diantaranya :

1. Pusing – Jika kamu sering merasakan pusing kepala yang berkepanjangan dan intensitasnya sangat lama, ini merupakan salah satu efek kanker otak. Mulai merasakan sakit kepala yang memburuk yaitu ketika terbangun dari tidur dan merasakan sakit kepala yang tidak tertahankan, seperti gejala kanker otak.

2. Terganggunya penglihatan dan pendengaran – Akan terjadinya penurunan tingkat pendengaran dan penglihatan, namun berbeda dengan penurunan tingkat pendengaran dan penglihatan karena penyebab kanker otak ini juga berpengaruh terhadap faktor usia. Semakin parahnya sel-sel kanker menyerang otak, maka akan semakin bertambah parah pula gangguan kedua indra ini.

Sponsors Link

3. Mual Hingga Muntah –  Rasa mual merupakan efek kanker otak pada penderita hingga menyebabkan muntah. Bukan karena faktor lingkungan ataupun konsumsi makanan yang salah.

4. Konsentrasi Berkurang – Konsentrasi pada penderita kanker otak akan berkurang, namun semakin lama penderita justru akan kehilangan konsentrasinya.

5. Mengalami Kejang – Seseorang yang tidak memiliki riwayat penyakit kejang, namun tiba-tiba kejang-kejang, mungkin teridentifikasi adanya pertumbuhan sel kanker otak.

6. Berkurangnya kemampuan Gerak Kaki dan Tangan – Kaki dan tangan cenderung akan menjadi pasif, hal ini diakibatkan karena pusat saraf yang berada pada otak sudah mulai terganggu.

7. Keseimbangan Terganggu – Keseimbangan pada tubuh yang dikendalikan otak akan terganggu seiring dengan bertambahnya stadium kanker otak, yang mulai menggerogoti otak.

Fakta Umum Penderita Kanker Otak

Kanker otak tidak membatasi penyerangan terhadap manusia karena umur. Namun, kanker otak lebih beresiko kepada mereka yang berumur 20-40 tahunan. Namun, bukan berarti baik usia diatas 40 tahunan maupun dibawah usia 20 tahun tidak terserang kanker otak. Efek kanker otak ini, cenderung lebih banyak menyerang pria daripada wanita. Setiap tahun diketahui penderita yang meninggal karena kanker otak semakin meningkat.

Sponsors Link


  • Gaya hidup yang tidak sehat – Pola makan yang terkadang berbahaya bagi kesehatan, justru membantu sel-sel kanker untuk berkembang
  • Riwayat keluarga – Faktor keturunan juga berpengaruh terhadap penginfeksian penyakit ini
  • Zat kimia – Mereka yang berkutat dengan zat-zat kimia berbahaya, seperti pestisida, pewarna ataupun formaldehida dll, yang berinteraksi di dalam jangka waktu yang sangat panjang dapat menimbulkan kanker otak.
  • Rokok – Pengkonsumsi rokok, memiliki tingkat resiko terhadap kanker telih tinggi. Karena kanker otak bukan hanya dari otak saja, tapi penderita kanker lainpun bisa menyebabkan sel kanker menyebar hingga ke otak.

Mungkin jika kita mulai merasakan salah satu dari gejala, lebih baik diperiksakan sedini mungkin, sehingga mampu meminimalisir pertumbuhan sel-sel kanker secara cepat. Penanganan dan pencegahan di awal lebih baik daripada telah terindikasi mengidap kanker mematikan ini.


  1. Kanker Otak Stadium I atau stadium awal – Belum ada perubahan, sel-sel pada otak masih seperti sel-sel normal dengan partumbuhan sel otak yang lambat dan masih tergolong jinak.
  2. Kanker Otak Stadium 2 – Sel-sel sudah mulai terlihat berbeda dari sel normal dan jaringan mulai ganas.
  3. Kanker Otak Stadium 3 – Sel-sel yang tidak normal terlihat sangat aktif berkembang dan sel ganas mulai membentuk jaringan kanker yang aktif.
  4. Kanker Otak Stadium 4 – Pertumbuhan sel-sel kanker yang sangat cepat dan memiliki sel jaringan yang nampak normal padahal sangat ganas.


Hasil pengobatan kanker otak ini dipengaruhi beberapa faktor seperti berikut :

  • Harus mengetahui tipe sel otak yang menjadi penyebab kanker
  • Memastikan letak kanker
  • Kondisi kesehatan pasien


, , , , ,
Post Date: Wednesday 18th, February 2015 / 04:47 Oleh :
Kategori : Kanker Otak