7 Pantangan Kanker Nasofaring yang Wajib Dihindari

Penyakit kanker nasofaring mungkin jarang terdengar dibandingkan kanker tenggorokan, namun belakangan ini jumlah penderitanya terus meningkat. Hal ini dikarenakan kanker nasofaring lebih banyak disebabkan oleh asap rokok dan resiko tersebut bisa sama besarnya baik bagi perokok aktif maupun pasif. Kanker nasofaring yang terletak pada bagian di belakang hidung dapat menyebar dengan cepat sehingga perlu segera diobati agar bisa sembuh. Salah satu cara untuk menjaga agar penyakit tersebut tidak berkembang semakin cepat adalah dengan menghindari pantangan kanker nasofaring, seperti berikut ini.

Sponsors Link

Pantangan Kanker Nasofaring

1. Minuman Beralkohol

Penderita kanker nasofaring sangat dilarang untuk mengkonsumsi alkohol karena banyak sekali kandungan bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh di dalam minuman yang memabukkan tersebut. Minuman yang mengandung alkohol dapat merusak organ dalam tubuh manusia dan dapat memicu munculnya sel kanker, termasuk kanker nasofaring.

2. Asap Rokok

Merokok dapat meningkatkan resiko terkena kanker nasofaring hingga kanker paru-paru, dan akan membuat penyakit tersebut menjadi semakin parah. Karena itu penderita kanker nasofaring harus menjauhi asap rokok, jika ia seorang perokok maka kebiasaan tersebut harus segera dihentikan. Tidak terkecuali bagi perokok pasif, jika lingkungan sekitarnya dipenuhi asap rokok maka ia harus pindah dari tempat tersebut agar tidak terkena dampak negatif dari asap rokok tersebut.

3. Makanan yang Diawetkan

Makanan yang diawetkan tentu nilai gizinya telah menurun, justru bahan pengawet di dalam makanan tersebut dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Pengawet yang biasa diberikan dalam makanan kemasan atau kalengan akan mengganggu produksi hormon dan merusak sel sehingga dapat menjadi pemicu munculnya kanker nasofaring. Jadi makanan yang mengandung pengawet harus dihindari bagi penderita kanker nasofaring.

4. Ikan Asin

Kebanyakan orang menganggap ikan asin sebagai penggugah selera makan, namun makanan satu ini wajib dihindari oleh penderita kanker nasofaring. Kandungan nitrosamine, garam yang tinggi dan zat karsinogenik lainnya yang terdapat pada ikan asin menjadi pemicu sel-sel tubuh beraktivitas secara abnormal sehingga sel kanker mulai muncul akibat mutasi genetik.

5. Seafood dan Rumput Laut

Sebagai sumber makanan yang berasal dari laut seafood dan rumput laut tentu mengandung yodium yang cukup tinggi. Seafood yang dimaksud antara lain kepiting, kerang, udang, cumi-cumi dan lain sebagainya. Kandungan yodium pada makanan tersebut dapat menyebabkan ulserasi tumor, karena yodium tersebut dapat larut dengan mudah pada jaringan lunak. Akibatnya pengobatan pada penderita kanker nasofaring akan menjadi terhambat dan kurang efisien.

6. Penggunaan Dupa

Dalam penelitian ditemukan fakta bahwa kanker nasofaring lebih banyak ditemukan pada orang-orang Asia dibandingkan pada orang Eropa dan Amerika. Lebih spesifik lagi, orang Cina memiliki resiko yang lebih besar karena mereka menggunakan dupa untuk berdoa. Asap dari dupa dapat terhirup dan zat yang terkandung di dalamnya akan mengendap di saluran pernapasan termasuk nasofaring. Karena itu sebaiknya hindari asap dupa untuk memperkecil resiko terkena penyakit tersebut.

7. Makanan Pedas

Makanan pedas atau yang mengandung bumbu seperti cabai, bawang dan merica juga sebaiknya dihindari penderita kanker nasofaring. Karena sifat pedas dari bumbu tersebut akan membuat pembuluh darah menjadi lebar sehingga penyebaran suatu penyakit pun menjadi lebih mudah. Sebaiknya konsumsilah makanan sehat agar kita bisa tetap bugar meski usia terus berlanjut.

Itulah tujuh pantangan kanker nasofaring yang tidak terduga. Jika kita bisa menahan diri dan menghindarinya maka penyakit tersebut masih bisa untuk dicegah. Kita juga harus lebih banyak mengkonsumsi makanan sehari-hari pencegah kanker demi meningkatkan daya tahan tubuh.

, ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.