6 Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Kanker Nasofaring

Kanker nasofaring termasuk jenis kanker yang berbahaya dan kebanyakan yang terserang penyakit ini adalah pria. Orang Asia memiliki resiko lebih besar terkena kanker nasofaring terutama bagi mereka yang menggunakan dupa untuk sembahyang. Selain itu asap rokok turut memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap berkembangnya sel kanker pada nasofaring, karena itu penderita penyakit ini terus bertambah bahkan tak jarang menyerang kaum wanita.

Sponsors Link

Beberapa gejala yang mungkin dirasakan saat seseorang terkena kanker nasofaring yaitu terasa sesak napas, sulit menelan, mengalami pusing dan telinga sering berdengung. Pada tahap awal mungkin gejala tersebut tidak dapat dirasakan, atau hanya muncul sesekali. Namun saat kanker mulai menyebar barulah gejala tersebut mulai sering terjadi. Kebanyakan penderita kanker nasofaring tidak berhasil diselamatkan karena terlambat diketahui dan pengobatan sudah tidak memberikan banyak pengaruh.

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kanker Nasofaring

Penderita kanker nasofaring yang terdiagnosis pada tahap awal tentu masih memiliki harapan untuk sembuh, asalkan mau menjalani pengobatan sampai tuntas dan menghindari berbagai pantangannya. Salah satu pantangan  kanker nasofaring adalah makanan yang harus dihindari agar bisa segera sembuh atau mencegah penyakit tersebut menyerang tubuh. Adapun jenis makanan tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Ikan Asin

Ikan asin memang terasa nikmat bahkan terkadang menjadi penambah selera makan. Namun Anda harus berhati-hati mengkonsumsinya karena ikan asin mengandung zat karsinogen penyebab kanker. Zat tersebut muncul saat proses pengeringan dan pengasinan sehingga sebaiknya dihindari terutama bagi penderita kanker nasofaring.

2. Makanan Pedas

Makanan pedas juga dapat menambah selera makan, namun jangan sampai makanan yang dimakan terlalu pedas atau terlalu banyak mengandung cabai atau merica karena dapat memberikan dampak buruk terhadap kesehatan. Sensasi pedas dari makanan dapat memberikan efek panas bagi tubuh dan juga membuat pembuluh darah melebar. Akibatnya penyebaran penyakit seperti kanker juga menjadi lebih cepat dan hal tersebut dapat memperparah kondisi kanker nasofaring yang diderita.

3. Makanan Beryodium Tinggi

Yodium memang diperlukan tubuh untuk mencegah terjadinya penyakit gondok. Namun mengkonsumsi yodium secara berlebihan dapat menyebabkan keracunan hingga muncul penyakit kanker nasofaring, kanker tiroid dan jenis kanker lainnya. Karena itu makanan yang mengandung banyak yodium seperti udang, cumi-cumi, kepiting dan jenis seafood lainnya harus dihindari terutama bagi penderita kanker nasofaring.

4. Daging Unggas

Mungkin zaman dahulu daging unggas sangat aman dikonsumsi, namun sekarang ini unggas banyak yang diternak dengan menggunakan suntik hormon agar dapat tumbuh besar lebih cepat. Hormon tersebut dapat memberikan efek negatif terhadap tubuh jika kita sering mengkonsumsinya hingga dapat menyebabkan kanker. Jadi sebaiknya agar terhindar dari kanker nasofaring hindari mengkonsumsi daging unggas yang mengandung hormon pertumbuhan.

5. Makanan yang Mengandung Penguat Rasa

Sekarang ini hampir semua penjual makanan menggunakan penguat rasa seperti pepsin untuk menambah cita rasa masakannya. Padahal penguat rasa tersebut sangat tidak bagus untuk kesehatan. Penguat rasa seperti pepsin, MSG atau yang lainnya terbukti dapat menurunkan fungsi otak, meningkatkan produksi hormon hingga merusak sel sehingga resiko terkena kanker nasofaring juga semakin besar jika mengkonsumsinya.

6. Minuman Beralkohol

Minuman yang mengandung alkohol tentu tidak seharusnya dikonsumsi karena dapat merusak kesehatan. Minuman beralkohol mengandung zat berbahaya dan dapat mengiritasi mulut, kerongkongan hingga organ pencernaan. Bahkan alkohol juga turut menjadi penyebab munculnya kanker nasofaring karena itu minuman ini harus dijauhi.

Nah, itulah makanan yang harus dihindari penderita kanker nasofaring. Dengan menghindarinya kita sudah mencegah penyakit tersebut menyerang tubuh. Kalaupun memang sudah terserang kanker nasofaring, setidaknya penyakit tersebut tidak bertambah parah dan bisa lebih cepat sembuh. Selain menjauhi makanan tersebut, kita juga harus mengimbanginya dengan rutin mengkonsumsi makanan sehari-hari pencegah kanker agar tubuh selalu sehat.

, ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.