7 Makanan Penghancur Kanker Mulut yang Paling Ampuh

Kanker mulut merupakan jenis kanker yang menyerang bagian dalam mulut, termasuk lidah dan gusi. Kanker ini cukup berbahaya terlebih jika sudah menyebar ke jaringan yang lain. Gejala kanker mulut di gusi dapat lebih mudah terlihat dan terdeteksi, karena gusi berhubungan dengan gigi sehingga saat mengunyah kita akan segera merasakan ketidaknyamanan pada gusi. Ciri-ciri kanker gusi pun umumnya lebih mudah dikenali meskipun terkadang mirip dengan sakit biasa, seperti gusi yang membengkak. Kita harus selalu waspada jika merasakan kejanggalan di dalam mulut dan segera memeriksakannya ke dokter bila tidak ada perubahan setelah beberapa hari.

Sponsors Link

Pada stadium 1 terkadang kanker mulut tidak menimbulkan gejala yang berarti, namun gejala kanker mulut stadium 2 sudah mulai dapat dirasakan. Penyakit ini akan jauh lebih berbahaya jika terjadi pada anak, karena gejala kanker mulut pada anak dapat membuat anak menjadi malas makan. Akibatnya anak menjadi kekurangan nutrisi sehingga mempengaruhi tumbuh kembangnya. Tentunya ada makanan penyebab kanker mulut yang menjadi pemicu sel kanker berkembang dengan cepat. karena itu sebaiknya mulai sekarang biasakan menjalani pola makan sehat dan mengkonsumsi makanan pencegah kanker. Bila sampai terkena kanker mulut, makanan penghancur kanker mulut berikut ini perlu dikonsumsi agar penyakit tersebut lebih mudah untuk disembuhkan.

1. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau gelap seperti kubis-kubisan, brokoli, selada, kale, bayam dan sebagainya sangat kaya akan senyawa antioksidan. Sayuran tersebut juga mengandung senyawa karotenoid, asam folat dan juga kaya serat yang dapat mencegah dan mengatasi berbagai penyakit kanker yang berhubungan dengan organ pencernaan, termasuk kanker mulut. Jadi biasakan mengkonsumsi sayuran setipa hari dengan ebrbagai variasi jenis sayuran agar dapat terhindar dari kanker mulut.

2. Polong-polongan

Polong-polongan terutama kacang kedelai dipercaya dapat memerangi sel kanker sehingga sangat bagus dikonsumsi secara rutin baik sebagai tindakan maupun mengobati penyakit kanker mulut. Dalam polong-polongan terdapat berbagai senyawa fitokimia yang sangat aktif dalam mencegah munculnya sel kanker. Senyawa tersebut juga dapat menangkal senyawa radikal bebas dan mencegah terjadinya kerusakan tubuh akibat aktivitas sel kanker. Untuk mendapatkan manfaat ini kita bisa mengkonsumsi variasi jenis polong-polongan dalam berbagai menu, seperti misalnya dengan memakan kacang kedelai yang di rebus atau meminum sari kedelai.

3. Buah Beri

Berbagai jenis buah beri sangat bagus dikonsumsi untuk memelihara kesehatan, termasuk dalam mencegah dan mengatasi kanker mulut. Buah beri kaya akan antioksidan yang mampu memerangi senyawa radikal bebas penyebab kanker. Jenis buah beri pun cukup banyak, Anda bisa mencoba berbagai variasi setiap harinya seperti stroberi, blueberi, acaiberi. Senyawa fitokimia berupa asam elagik dalam buah tersebut akan menekan pertumbuhan sel kanker dan mencegahnya menyebar ke jaringan yang lain, termasuk memperlambat pertumbuhan sel kanker pada berbagai organ tubuh.

4. Rempah-rempah

Mungkin sedikit yang mengetahui kalau berbagai jenis rempah-rempah atau bumbu dapur juga memiliki khasiat yang sangat luar biasa dalam memerangi sel kanker di dalam tubuh. Cengkeh, kayu manis dan oregano mengandung banyak sekali antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab kanker. Selain itu kunyit juga mengandung senyawa kurkumin yang dipercaya dapat mengatasi penyakit kanker, mencegah pertumbuhan sel kanker dan memperlambat perkembangan sel kanker terutama kanker mulut. Karena itu sangat bagus jika setiap hari memasak dengan menggunakan rempah-rempah agar dapat terhindar dari penyakit kanker yang mematikan.

5. Tomat

Buah tomat yang kaya vitamin C dan senyawa likopen juga sangat ampuh dalam mencegah dan mengatasi penyakit kanker, termasuk kanker mulut. Meski tomat lebih efektif untuk mencegah kanker prostat, buah yang sering dijadikan penambah cita rasa masakan ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kanker mulut. Bahkan berbagai produk olahannya juga memiliki fungsi yang sama sehingga bagus dikonsumsi secara rutin.

6. Anggur

Sama seperti tomat, anggur juga kaya akan vitamin C sehingga bagus dikonsumsi jika ingin mengatasi atau mencegah penyakit kanker mulut. Anggur memang kaya manfaat, terutama yang berwarna merah dan ungu karena mengandung senyawa resveratol. Senyawa tersebut bersifat sebagai antioksidan dan antiinflamasi, jadi anggur cukup efektif dalam meningkatkan kesehatan dan mencegah berbagai penyakit termasuk penyakit kanker.

Sponsors Link

7. Teh hijau

Teh hijau merupakan jenis teh yang mengandung senyawa antioksidan yang paling tinggi, karena itu mengkonsumsi teh hijau setiap hari sangat bagus bagi kesehatan. Teh hijau juga dapat mencegah penyakit kanker dan mampu mengatasi kanker mulut yang berbahaya. Teh hijau bukan hanya mampu mengatasi kanker mulut, namun juga efektif dalam mengatasi berbagai jenis kanker di dalam tubuh karena kandungan antioksidannya yang luar biasa.

Itulah makanan penghancur kanker mulut yang sangat bagus dikonsumsi. Makanan di atas juga ampuh sebagai cara mencegah kanker mulut, sehingga bagus dikonsumsi untuk menghindari penyakit berbahaya tersebut.

, , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.